Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Tempat Kerja
Meningkatkan
Produktivitas Kerja Karyawan - Setiap kegiatan di dalamnya ada sebuah
proses dimana pada akhirnya akan menghasilkan sebuah output, dan diharapkan
output yang baik/sesuai dengan harapan. Pada kesempatan kita akan membahas
tentang produktivitas. Produktivitas di sini adalah bicara mengenai produktivitas kerja
karyawan.
Produktivitas kerja adalah kemampuan
menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang telah
umum (The
Liang Gie, 1981). Dari pengertian produktivitas kerja ini maka kita bisa melihat ada
sesuatu yang lebih yang diberikan oleh karyawan.
Kondisi sekarang banyak terjadi katakan
disalah satu perusahaan yang saya tahu dimana jam kerja pukul 09:00 – 18:00 Wib
dimana karyawan datang pada waktu mendekati dan pulang beberapa menit mendekati
pukul 6 sore tersebut maka sudah siap-siap akan pulang. Jika ada hal yang
pending belum terselesaikan maka akan dikerjakan esok harinya.
Dan seringkali juga banyak karyawan yang hanya
bekerja sesuai dengan job descnya saja dan puas ketika semua sudah dijalankan.
Apakah hal seperti ini yang dapat dikatakan produktivitas kerja ?
Bicara mengenai meningkatkan produktivitas
kerja karyawan berarti adanya kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak
dari ukuran biasa, itu juga bicara mengenai multi tasking dimana karyawan bisa
memegang pekerjaan lebih dari 1 pekerjaan.
Sering kali banyak juga yang bicara bahwa hal ini bisa
mengakibatkan tidak fokus, tetapi kalau kita lihat bersama jika ingin mencapai produktivitas
maka harus kita dapat mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan. Apa saja yang bisa
meningkat ?
Pertama kita akan mempunyai waktu atau jam kerja yang lebih termanage
dengan adanya time management sehingga waktu kerja kita bisa handle pekerjaan
tersebut. Adanya pola pikir dan wawasan yang semakin meluas, membentuk mental
dari karyawan tersebut semakin memiliki ketahanan dan dapat berpikir
secara praktis.
Jadi memang sangat bagus sekali jika setiap
karyawan dapat berproduktivitas selain dari pengembangan yang disebutkan ini
maka tentunya adanya reward baik berupa pengakuan baik dari atasan atau rekan
sejawat dan juga dapat bentuk bonus atau kenaikan gaji karena oleh perusahaan
kita dianggap kapabel.
Karena dianggap kapabel (mampu) maka
tentunya semakin banyak kepercayaan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada
anda. Semua pekerjaan dapat selesai dengan baik bahkan bukan sekedar selesai
tetapi adanya pengembangan yang anda berikan di dalamnya.
Demikianlah
apa yang dapat kami sampaikan mengenai cara meningkatkan
produktivitas kerja karyawan di tempat kerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Tempat Kerja"