Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Waktu Kerja di Kantor

Daftar Isi [Tampil]

 

Manajemen Waktu Kerja di Kantor

Manajemen Waktu Kerja di Kantor - Pekerjaan kita di kantor tidak pernah akan selesai, terkadang kita sering mengeluh dengan banyaknya pekerjaan kita di kantor, belum selesai pekerjaan satu datang lagi pekerjaan yang lain, sehingga kita tertindih dengan gunung pekerjaan yang menumpuk, itulah sebabnya tidak jarang acap kali kita harus memutuskan untuk lembur atau membawa pekerjaan kantor ke rumah. Ini semua terjadi mungkin dikarenakan kita belum dapat mengelola waktu secara efektif. Cara kita mengelola waktu adalah faktor yang sangat menentukan kesuksesan dalam pekerjaan.

Manajemen waktu yang efektif di sini adalah pengelolaan waktu yang berfokus pada tugas yang merupakan tanggung-jawab dalam pekerjaan. Jika kita dapat mengelola waktu secara efektif maka hidup kita akan terasa lebih santai dan terkendali serta kesuksesan pun dapat diraih.

Contoh Manajemen Waktu Kerja

Berikut adalah cara mengelola waktu efektif yang dapat diterapkan dalam tempat kerja:

1.      Memahami peran dan tanggung-jawab kita sendiri. Ini dapat membantu di saat kita melakukan tugas yang diberikan, sehingga kita dapat memprioritaskan pekerjaan yang memang merupakan tugas dan tanggung-jawab kita.

2.      Buatlah catatan tentang apa saja yang harus dikerjakan (to do list) sebagai panduan dalam kegiatan kita di tempat kerja. Dan terapkan pula skala prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan pastikan pekerjaan itu terselesaikan dengan baik.

1.      3.Buatlah juga daftar pekerjaan yang telah diselesaikan untuk mengetahui seberapa jauh pekerjaan yang telah kita selesaikan. Dengan begitu kita tidak perlu terus mengecek berulang-ulang, pekerjaan mana yang sudah dikerjakan dan mana yang belum dikerjakan.

2.      4.Hindari menunda-nunda pekerjaan, karena hal ini akan menghalangi kita untuk bisa memanfattkan waktu dengan baik. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum deadline. Karena nantinya kita akan merasa lebih tenang dan berkonsentrasi kepada pekerjaan yang lain.

3.      5.Hindari menyelesaikan pekerjaan secara multitasking, biasanya untuk mempersingkat waktu kita mengerjakan dua pekerjaan sekaligus. Menulis email sambil berbicara dengan client di telepon. Walaupun terlihat dapat mengefesiensikan waktu, justru  sebenarnya diperlukan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus dibandingkan dengan menyelesaikan pekerjaan yang sama satu persatu. Dan hasil dari multitasking juga menghasilkan kualitas yang kurang bagus, emailnya penuh kesalahan dan klien pun terganggu karena lawan bicaranya kurang konsentrasi.

4.      6.Jangan menganggap istirahat itu membuang waktu! Karena istirahat yang cukup akan memungkinkan kita untuk berpikir kreatif dan bekerja secara efektif sehingga akan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

5.      7.Jadwalkan tugas secara efektif. Setiap orang mempunyai ritme yang berbeda, yaitu waktu yang berbeda dimana kita merasa sangat luang, produktif dan energik.  Kita dapat memanfaatkan waktu terbaik ini dengan menjadwalkan pekerjaan yang agak rumit selama puncak waktu kita.

 

Salah satu hal yang penting untuk mencapai tujuan dan kesuksesan kita dalam bekerja adalah bagaimana kita dapat mengelola waktu secara efektif. Dengan begitu pun kita akan merasa lebih bahagia, tenang dan terhindar dari stres.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai manajemen waktu kerja di kantor. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Manajemen Waktu Kerja di Kantor"