Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing

Daftar Isi [Tampil]

 

Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing

Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing - Event marketing memegang peranan kunci dalam strategi pemasaran, sebab kemasan event bisa mendekatkan konsumen dengan produsen dalam satu ruang dan waktu. Event marketing juga menjadi strategi jitu yang akhir-akhir ini dilakukan hampir oleh semua brand mapan.

Para pemilik merek sangat menyadari bahwa sangat penting mengajak customer dan potential customer dalam event. Event marketing yang diselenggarakan harus memiliki pengaruh (impact) serta memberikan kesan mendalam kepada setiap orang yang hadir. Tujuannya agar customer maupun potential customer bisa cukup lama mengingat pengalaman yang menyenangkan tersebut.

Banyak alasan mengapa event marketing dinilai efektif bagi marketing manager untuk memasarkan produknya. Banyak perusahaan mengungkapkan bahwa event marketing dinilai efektif untuk meningkatkan awareness.

Event marketing juga efektif untuk meningkatkan product image & meningkatkan sales, berkomunikasi dengan target market, menambah jumlah pelanggan baru. Event marketing menunjang keberhasilan media promosi, memperkenalkan produk, lebih dekat dengan konsumen. “Event marketing” efektif untuk launching new product, oleh perusahaan non direct selling, dan efisien dalam menggunakan tenaga kerja.

Apa Peran dan Fungsi Event Marketing

Peranan Event memiliki pengaruh yang besar karena keterlibatan customer di dalamnya. Event atau brand activation memiliki peranan yang cukup besar dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Sebelumnya event dianggap sebagai pelengkap kegiatan komunikasi lainnya karena perusahaan masih banyak mengandalkan kegiatan above the line atau pemasangan iklan pada media massa.

Saat ini pemilik merek  lebih memilih event marketing daripada advertising untuk membangun brand-nya di mata publik. Perusahaan lebih mengunggulkan event marketing karena diyakini dapat membangkitkan emosi target audience. Dan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada merek, sehingga dapat menciptakan brand loyalty.

Fungsi Utama Event Marketing

Fungsi Utama Event Marketing adalah memperkenalkan suatu merk produk tertentu, menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkenalkan keunggulan suatu produk,terjadinya penjualan saat event.

Event Marketing juga dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkenalkan keunggulan suatu produk , untuk mendorong penjualan saat event dan fungsi lainnya seperti mencari konsumen baru, membuat paket jualan, mereferensikan produk ke orang lain, menambah user website, mendapatkan input dari customer serta mendekatkan perusahaan dengan target yang dituju.

Inti dari kegiatan event marketing adalah konsepnya. Konsep acara menjadi hal yang sangat krusial, karena tanpa konsep perusahaan tidak dapat meraih tujuan yang ingin dicapai. Penentuan tema perlu memperhatikan juga isu yang berkembang di masyarakat, perusahaan dapat mengangkat tema yang relevan dengan isu tersebut.

Komunikasi pemasaran menjadi faktor penting kedua setelah konsep acara. Dengan komunikasi pemasaran yang baik, informasi tentang adanya suatu event dapat sampai ke target yang dituju. Dengan demikian, event dapat dihadiri oleh audience yang tepat.

Selain itu kemampuan SDM, hubungan baik dengan Event Organzer (EO), dan besarnya budget juga menentukan keberhasilan sebuah event marketing. Penggunaan EO muncul sebagai pilihan bagi perusahaan ketika menyelenggarakan sebuah event. Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan dapat terorganisir secara profesional dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Namun perusahaan harus pintar dalam memilih serta menilai reputasi sebuah EO karena event yang akan diselenggarakan membawa nama perusahaan. Selain itu perlu adanya pitching dan briefing untuk menyesuaikan antara konsep yang dengan tujuan yang ingin dicapai.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai Peran dan Fungsi Event Marketing Semoga bermanfaat, salam sukses selalu (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing"