Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing
Fungsi Event
Marketing dalam Komunikasi Marketing - Event marketing
memegang peranan kunci dalam strategi pemasaran, sebab kemasan event bisa
mendekatkan konsumen dengan produsen dalam satu ruang dan waktu. Event
marketing juga menjadi strategi jitu yang akhir-akhir ini dilakukan hampir oleh
semua brand mapan.
Para pemilik merek sangat menyadari bahwa
sangat penting mengajak customer dan potential customer dalam event. Event
marketing yang diselenggarakan harus memiliki pengaruh (impact) serta
memberikan kesan mendalam kepada setiap orang yang hadir. Tujuannya agar
customer maupun potential customer bisa cukup lama mengingat pengalaman
yang menyenangkan tersebut.
Banyak alasan mengapa event
marketing dinilai efektif bagi marketing manager untuk memasarkan
produknya. Banyak perusahaan mengungkapkan bahwa event marketing dinilai
efektif untuk meningkatkan awareness.
Event marketing juga efektif untuk
meningkatkan product image & meningkatkan sales, berkomunikasi dengan
target market, menambah jumlah pelanggan baru. Event marketing menunjang
keberhasilan media promosi, memperkenalkan produk, lebih dekat dengan
konsumen. “Event marketing” efektif untuk launching new product, oleh
perusahaan non direct selling, dan efisien dalam menggunakan tenaga kerja.
Apa Peran dan Fungsi Event Marketing
Peranan Event memiliki pengaruh yang besar
karena keterlibatan customer di dalamnya. Event atau brand activation memiliki
peranan yang cukup besar dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Sebelumnya event
dianggap sebagai pelengkap kegiatan komunikasi lainnya karena perusahaan masih
banyak mengandalkan kegiatan above the line atau pemasangan iklan pada media
massa.
Saat ini pemilik merek lebih memilih
event marketing daripada advertising untuk membangun brand-nya di mata publik.
Perusahaan lebih mengunggulkan event marketing karena diyakini dapat
membangkitkan emosi target audience. Dan memberikan kesan yang lebih mendalam
kepada merek, sehingga dapat menciptakan brand loyalty.
Fungsi Utama Event Marketing
Fungsi Utama Event Marketing adalah
memperkenalkan suatu merk produk tertentu, menjaga dan meningkatkan loyalitas
pelanggan, memperkenalkan keunggulan suatu produk,terjadinya penjualan saat
event.
Event Marketing juga dapat dilakukan untuk
menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkenalkan keunggulan suatu
produk , untuk mendorong penjualan saat event dan fungsi lainnya seperti
mencari konsumen baru, membuat paket jualan, mereferensikan produk ke orang
lain, menambah user website, mendapatkan input dari customer serta mendekatkan
perusahaan dengan target yang dituju.
Inti dari kegiatan event marketing adalah konsepnya. Konsep acara
menjadi hal yang sangat krusial, karena tanpa konsep perusahaan tidak dapat
meraih tujuan yang ingin dicapai. Penentuan tema perlu memperhatikan juga isu
yang berkembang di masyarakat, perusahaan dapat mengangkat tema yang relevan
dengan isu tersebut.
Komunikasi pemasaran menjadi faktor penting
kedua setelah konsep acara. Dengan komunikasi pemasaran yang baik, informasi
tentang adanya suatu event dapat sampai ke target yang dituju. Dengan demikian,
event dapat dihadiri oleh audience yang tepat.
Selain itu kemampuan SDM, hubungan baik dengan
Event Organzer (EO), dan besarnya budget juga menentukan keberhasilan sebuah
event marketing. Penggunaan EO muncul sebagai pilihan bagi perusahaan ketika
menyelenggarakan sebuah event. Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan dapat
terorganisir secara profesional dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan
perusahaan.
Namun perusahaan harus pintar dalam memilih
serta menilai reputasi sebuah EO karena event yang akan diselenggarakan membawa
nama perusahaan. Selain itu perlu adanya pitching dan briefing untuk
menyesuaikan antara konsep yang dengan tujuan yang ingin dicapai.
Demikianlah
apa yang bisa kami sampaikan mengenai Peran dan Fungsi Event Marketing Semoga
bermanfaat, salam sukses selalu (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Fungsi Event Marketing dalam Komunikasi Marketing"