Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Salah Resep Hingga Jadi Brand Kopi Terkemuka, Beginilah Cerita Dibalik Kopi Kenangan

Daftar Isi [Tampil]

 Dari Salah Resep Hingga Jadi Brand Kopi Terkemuka, Beginilah Cerita Dibalik Kopi Kenangan




Salah satu bukti bahwa produk lokal bisa menjadi raja di negeri sendiri adalah brand kopi kenangan. Bagi para kawula muda pecinta kopi mungkin sudah akrab, bahkan menjadi penyeduh setia Kopi ini. Dengan ekstensinya yang sudah memiliki cabang 642 buah di seluruh Indonesia, kopi kenangan kini menjadi perusahaan unicorn.


CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata, mengaku prestasi yang diraih brandnya diraih dengan tidak mudah " Persaingan di dunia kopi itu ketat, saingannya berderet. Apalagi kami start dengan modal yang terbilang kecil, untuk itulah kami menerapkan taktik grab dan go .


" Awal Kopi Kenangan terbentuk kami modalnya terbatas, riset kopi, cari alat dan yang nggak kalah mahal itu nyewa tempat buat dijadiin kafe. Makanya kami putar otak dan menjalankan bisnis dengan strategi grab dan go .


Alasan kenapa diberi nama kopi kenangan


Jika kita mengamati nama-nama brand kopi, kebanyakan sekarang itu memakai nama yang unik dan berbau istilah romansa, termasuk dengan brand " Kopi Kenangan", selain agar terlihat nyentrik nama tersebut memiliki latar belakang sendiri.


Edward Tirtanata mengatakan bahwa nama brandnya terinspirasi dari sang mantan kekasih yang juga pernah berkecimpung di dunia kopi. Sang mantan diceritakan handal dalam meracik kopi dan berperan dalam lahirnya brand Kopi Kenangan.


Edward tidak merubah resep yang sudah jadi trademark brand yaitu kombinasi kopi dan susu.


" Di setiap kedai kopi kenangan resepnya itu sama, kami nggak merubah rasa yang sudah jadi identitas sejak awal kami terbangun, agar menjadi kenangan yang membekas untuk penikmat kopi kami"


Rahasia Dibalik Resep Kopi Kenangan


Tidak gampang bagi brand Kopi untuk menciptakan resepnya sendiri, ia bersam rekan bahkan melakukan ujicoba sampai ratusan kali untuk mendapatkan rasa yang orisinil. Uniknya resep dari kopi kenangan baru ditemukan, sehari sebelum kopi tersebut diperkenalkan.


" Nemu resep itu susah, kami perlu bereksperimen berulangkali. Resep kopi kenangan baru ketemu h-1 sebelum perilisan. Saat peluncuran juga ada beberapa masalah, namun semua itu bisa dilewati"


Resmi !!! Kopi kenangan jadi Unicorn


Kopi kenangan menjadi level baru setelah resmi menjadi Unicorn dengan valuasi mencapai 1 Milliar Dollar AS. Investor berdatangan untuk menggelontorkan dana untuk kopi kenangan, bahkan dari company luar negeri seperti Tybourne Capital Management, Horizons Ventures, Kunlun, dan Falcon Edge Capitals.


Prestasi tersebut membuat Kopi Kenangan menjadi perusahaan Food & Baverages Asia Tenggara pertama yang menjadi Unicorn.


Banyak pihak menjadi investor kopi kenangan ini menjadi bukti bahwa brand lokal Indonesia tidak kalah dengan brand asing, mereka membuktikan eksistensinya tersebut dengan mampu bersaing dalam industri kopi ready to drink, dengan menyajikan 40 Juta Botol kopi pertahunnya.

Posting Komentar untuk "Dari Salah Resep Hingga Jadi Brand Kopi Terkemuka, Beginilah Cerita Dibalik Kopi Kenangan"