Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Produk Secara Online

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Promosi Produk Secara Online

Cara Promosi Produk Secara Online - Anda baru saja memulai bisnis Anda sendiri semisal bisnis kue, fotografi, atau fashion? Saatnya untuk Anda mempelajari segala sesuatu mengenai promosi.

Di era informasi teknologi seperti ini, ditambah lagi dengan Indonesia yang termasuk lima besar negara dengan penetrasi internet paling tinggi, cobalah untuk mempromosikan bisnis dengan memasang iklan secara online, karena di situlah klien terbesar Anda.

Nah, berikut ini tujuh cara efektif mempromosikan bisnis dan produk Anda secara online:

1. Mulai lewat Facebook Anda sendiri

Cara terbaik untuk membangun komunitas di sekitar bisnis Anda. Sebagai permulaan, cobalah untuk meng-upload foto menarik tentang produk Anda. Tambahkan juga logo dan penjelasan sedikit mengenai bisnis Anda. Share halaman Facebook Anda dan buat orang menyukainya. Awali lewat teman dan keluarga untuk mulai membantu menyebarkan bisnis Anda di Facebook.

2. Tetap aktif di situs media sosial

Membuat akun di Facebook atau Twitter saja tidak cukup. Anda harus menjalankannya secara aktif. Coba untuk posting pendapat, foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan bisnis Anda dan coba perhatikan juga komunitas Anda. Jika Anda bisa memancing orang untuk berkomentar, suka dan berbagi, produk/ bisnis Anda akan terdorong secara bertahap.

3. Buat blog

Ceritakan tentang bisnis atau produk Anda. Ini merupakan cara promosi produk secara online yang murah namun punya dampak jangka panjang yang bagus. Tanggapan awal mungkin biasa saja, tetapi setelah Anda menulis posting-an terbaru yang Anda masukan lewat Facebook dan Twitter, bahkan mengirimkan link blog Anda ke teman-teman lewat email, maka blog Anda akan mulai dikenal banyak orang.

4. Jalin koneksi dengan orang yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda

Hal ini bukan berarti Anda perlu berteman dengan kompetitor Anda. Hanya saja, cobalah bergaul dengan orang yang memiliki minat yang sama. Misalnya, jika Anda berbisnis kue, cobalah untuk bergaul dengan beberapa koki lewat Facebook atau Linkedln.

Berbagi pekerjaan Anda dengan mereka akan membantu Anda mendapatkan wawasan lebih tentang bagaimana menjalankan bisnis. Anda juga dapat meminta mereka untuk mempromosikan produk/ jasa Anda melalui blog/ website mereka.

5. Selalu dapat diakses

Anda sudah berhasil menarik perhatian orang banyak. Pastikan untuk memberikan alamat email atau nomor telepon bagi orang untuk menghubungi Anda. Siapa tahu mereka tertarik dengan bisnis, ataupun produk Anda.

6. Membangun website sendiri

Meskipun Anda berpikir, Facebook, IG, Twitter dan situs media sosial sudah cukup untuk mendapatkan perhatian, memiliki website sendiri merupakan hal yang paling efisien. Cobalah minta bantuan teman Anda yang profesional untuk membuatkan satu website bagi Anda.

7. Cetak alamat website pada kartu nama Anda

Cukup sulit memang untuk meyakinkan orang melihat-lihat produk atau bisnis Anda. Cukup berikan kartu nama Anda, diikuti detail alamat website atau blog Anda, serta minta mereka untuk memeriksanya.

Oh ya, jangan lupa untuk menggunakan top level domain (TLD) ya. Jangan domain yang gratisan, itu menandakan bahwa bisnis Anda belum profesional.

 

Nah, demikianlah 7 cara promosi produk dan jasa Anda secara online agar kehadiran produk Anda semakin dirasakan oleh konsumen potensial Anda. Selamat mencoba dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Produk Secara Online"