Apa Manfaat Media Sosial Untuk UMKM ?
Apa Manfaat Media Sosial Untuk UMKM ? Di abad digital seperti sekarang, internet sudah menjadi kebutuhan
hidup primer yang hampir menyamai kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Hampir
tidak ada aspek kehidupan yang luput dari invasi dunia maya. Orang-orang dari
segala usia, kalangan, strata sosial menggunakannya.
Dampak dunia maya terhadap kehidupan semakin
terasa dengan kemunculan layanan jejaring sosial yang sering dikambinghitamkan
karena dianggap menjadikan penggunanya tidak peka lingkungan dan kecanduan.
Dunia entrepreneurship dan UMKM (usaha mikro kecil dan
menengah) juga tidak terkecuali terkena dampaknya. Pola
komunikasi manusia modern yang berubah menjadikan entrepreneur juga harus
mengadakan penyesuaian mengenai bagaimana ia harus berkomunikasi dengan klien,
mitra bisnis, atau pelanggan agar perusahaannya lebih dikenal dan produk atau
jasanya bisa diketahui sebanyak mungkin orang.
Dan karena kemunculan jejaring sosial juga
telah mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan, kebutuhan sebuah bisnis
untuk terjun dalam dunia jejaring sosial adalah sesuatu yang mutlak agar tidak
tertinggal dari kemajuan jaman.
Manfaat Media Sosial Untuk UMKM
Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa
sepertiga pengguna internet merasa putus asa saat mereka harus menemukan
informasi mengenai usaha kecil dan menengah di dunia maya. Hal ini
diperparah dengan fakta bahwa sebagian informasi yang beredar di dunia maya
sebenarnya tidak mencerminkan kondisi dan situasi bisnis kecil dan menengah
yang sebenarnya. Informasi tersebut bisa bersifat menyesatkan atau
membingungkan.
Hasil studi lain memberikan sebuah kesimpulan
bahwa 7 dari 10 orang konsumen lebih berpeluang untuk memilih menggunakan
sebuah usaha kecil dan menengah jika usaha tersebut memiliki informasi yang
tersedia di internet (teristimewa dalam situs layanan jejaring sosial) yang
bisa diakses kapan saja dan di mana saja.
Studi tahunan yang disebut “Local Search Usage
Study: Bridging the Caps, from Search to Sales” merupakan sebuah usaha gabungan
comScore dan TMP Directional Marketing (sebuah perusahaan pemasaran pencarian
lokal). Studi ini meliputi sebuah survei online yang melibatkan sekitar 4000
orang konsumen, ditambah data yang diringkas dari pengamatan terhadap satu juta
konsumen yang telah setuju untuk diamati kegiatan online-nya secara anonim.
Memiliki sebuah laman Facebook merupakan
langkah awal tetapi bukan sebuah usaha yang instan: 81% konsumen yang
menggunakan jejaring sosial mengatakan bahwa penting bagi usaha kecil dan
menengah untuk merespons pertanyaan dan keluhan. Ini salah satu bukti bahwa media sosial sangat penting untuk UMKM.
Dan yang patut diperhatikan ialah bahwa
pemilik usaha kecil dan menengah harus merasa waspada dengan ulasan dan rating
- 78% mengatakan bahwa ulasan dan rating sangat berarti saat harus menentukan
hal mana yang harus diprioritaskan untuk dibeli.
Hal lain apakah yang harus dilakukan dengan
jejaring sosial? Hampir 4 dari 5 (78 %) pengguna menginginkan tawaran khusus,
promosi, dan informasi mengenai produk, dan 72% menghendaki posting mengenai
perusahaan itu sendiri (Tidak ada salahnya memublikasikan foto-foto acara
perusahaan karena ternyata 2/3 responden menyatakan bahwa mereka ingin
melihatnya).
Informasi online itu penting!
Mungkin sebagian orang menyepelekan sumber
informasi yang tersedia dan dapat diakses secara gratis di internet. Namun,
tidak kalah banyak juga orang yang mengunjungi dunia maya dengan harapan bahwa
ia akan menemukan informasi yang faktual dan validitasnya terjamin.
Untuk itulah pemilik usaha kecil dan menengah
harus mulai sekarang memperhatikan lebih intensif mengenai informasi apa saja
tentang perusahaannya yang dapat ditemukan di internet. Di sini sekali lagi membuktikan bahwa manfaat
media sosial untuk UMKM cukup signifikan.
Cara yang paling mudah tentu saja dengan
menjelajah dunia maya. Gunakan mesin pencari dan jejaring sosial seperti
Google, Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Di situs-situs tersebut, akan ada
begitu banyak pelanggan potensial yang bisa ditemukan.
Berita yang menggembirakan ialah bahwa para pengguna jejaring
sosial ternyata 67% lebih berpeluang untuk menghabiskan uangnya untuk membeli
sesuatu barang di internet jika dibandingkan dengan mereka yang bukan pengguna
aktif jejaring sosial.
Akan tetapi 1/6 dari jumlah pengguna Internet
yang mencari informasi merasa kecewa karena ketiadaan atau kurangnya informasi
tentang usaha kecil dan menengah yang ia cari. Sementara itu, 1/3 pencari
menghentikan pencariannya saat merasa tidak menemukan informasi yang
dibutuhkan.
Berdasarkan temuan itu, tentu para pemilik
usaha kecil dan menengah di Indonesia tidak bisa tinggal diam dan membiarkan
diri dan menjadi tertinggal. Gunakan dunia maya sebagai alat untuk mendukung
perkembangan usaha agar jauh lebih maju.
Nah, itu
tadi bahasan sederhana kami mengenai manfaat media sosial
untuk UMKM. Selamat
berbisnis dan berwirausaha.
Salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Media Sosial Untuk UMKM ? "