Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Metode Pembayaran Cashless Terpopuler Di Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

 5 Metode Pembayaran Cashless Terpopuler Di Indonesia




Fenomena transaksi pembayaran tanpa uang fisik mulai lazim diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat, terlebih dengan munculnya pandemi wabah Corona 2019 yang membuat aktivitas kontak langsung menjadi sangat dibatasi. Pembayaran Cashless menjadi pilihan karena dinilai lebih aman dari resiko penularan virus.


Faktor kemudahan serta efesiensi juga menjadi faktor naiknya keinginan masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran via Cashless. Masyarakat tidak perlu repot-repot menyiapkan uang kertas.


Berikut ini adalah 5 Metode Pembayaran Cashless paling populer di Indonesia:


Kartu Debit


Metode pembayaran Cashless yang sudah lama adalah kartu debit. Kartu ini bisa didapatkan jika seseorang membuat No Rekening Di Bank. Kartu ini berfungsi sebagai alat pembayaran yang nominalnya sesuai dengan jumlah uang yang tersimpan di No Rekening. Jika digunakan Kartu debit akan memotong uang yang di rekening bank tersebut.


Untuk bertransaksi memakai kartu debit, pengguna perlu mengunjungi mesin EDC. Cara kerjanya, kartu dimasukkan dalam mesin dan ikuti instruksi yang ada. 


Uang Elektronik Prabayar


Metode pembayaran Cashless yang sering digunakan kedua adalah Uang Elektronik Prabayar. Bedanya dengan Kartu debit adalah sistem kepemilikannya. Jika kartu debit hanya dimiliki seseorang yang mempunyai Rekening Bank, sementara Uang Elektronik Prabayar bisa didapatkan oleh siapa saja. Contoh penerapan Uang Elektronik Prabayar adalah pembiayaan tiket transportasi bus/Kereta.


Uang Elektronik Prabayar memiliki saldo yang fungsinya bisa menggantikan uang fisik. Cara penggunaannya juga simpel, biasanya cukup ditempelkan pada mesin scanner. Otomatis uang akan berkurang sebagai pembiayaan.


E- Wallet


Di Indonesia sendiri ada jenis alternatif pembiayaan Cashless yang mulai populer yaitu E-Wallet. Dalam bahasa Indonesia disebut Dompet digital karena prinsip kerjanya mirip dengan Dompet fisik. E-Wallet biasanya berbentuk aplikasi yang bisa diakses melalui Smartphone. E-Wallet bisa digunakan untuk pembayaran seperti membayar barang, pulsa, token game, token listrik dan masih banyak lagi.


E-WALLET diminati karena pengguna tidak perlu repot membawa uang fisik dan secara keamanan juga lebih kuat, karena pengguna dibekali dengan password. Pengguna juga tidak perlu bersentuhan fisik saat bertransaksi.


Qris


Metode pembayaran tanpa uang kertas juga dikembangkan pemerintah melalui Bank Indonesia, Namau adalah Qris yang mereka singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.


Qris sendiri sudah diterapkan di beberapa tempat perbelanjaan strategis. Pengguna cukup memindai barcode yang diberikan toko untuk melakukan aktivitas belanja.


Virtual Account


Cara membayar Cashless yang terakhir adalah menggunakan Virtual Account. VA diluncurkan oleh bank seperti Bank Mandiri, OCBC NISP, BNI dan masih banyak lagi. Virtual Account berisi saldo yang bervariasi tergantung kebutuhan pengguna, antara puluhan ribu hingga maksimal jutaan rupiah. Virtual Account tentu bisa dijadikan alat pembayaran.




Posting Komentar untuk " 5 Metode Pembayaran Cashless Terpopuler Di Indonesia"