Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Rahasia Bangun Coffe Shop Hingga Sukses

Daftar Isi [Tampil]

 3 Tips Rahasia Bangun Coffe Shop Hingga Sukses




Indonesia adalah zamrud khatulistiwa, kesuburan tanahnya bisa dibuktikan dengan salah satu fakta bahwa negara kepulauan ini menjadi produsen kopi terbesar Nomor 4 Dunia, bersaing dengan Kolumbia, Brazil, dan Vietnam. Hal tersebut juga didukung data yang diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekenomian yang menyatakan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, produksi kopi meningkatkan hingga 250 %.


Melimpahnya Kopi, membuat banyak pelaku bisnis untuk membuka Coffe Shop. Brand-brand seperti Janji Jiwa, Chat time, dan Starbucks menjadi pemimpin pada bidang usaha F&B ini. Persaingan ketat jelas terjadi. Pertanyaannya apakah pebisnis Coffe Shop baru masih mempunyai peluang ?


Tentu saja masih, berikut ini kami sajikan 3 Tips Rahasia Membangun Coffe Shop:


Perkuat Branding


Kiat sebuah kedai kopi agar bisa survive dalam kompetisi ketat adalah memperkuat Branding. Bagaimana membuat kedai kopi memiliki nama yang kuat, sehingga membuat orang merasa aware untuk membeli produk. Kunci kenapa kedai kopi ternama bisa bertahan adalah Branding. Meskipun produk yang dihasilkan sama, Branding bisa membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen.


Memperkuat Branding bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menonjolkan pembuatan kopi, menjaga originalitas kopi, atau mengangkat kopi khas Indonesia yang didapatkan dari petani lokal. Membuat nama, konsep dan indentitas juga diperlukan untuk memperkuat Branding.


Jalani dengan passion


Segala sesuatu yang dikerjakan dengan senang, akan membuahkan hasil yang lebih bagus, termasuk dalam berbisnis Coffe shop. Apalagi bila sudah memiliki konsep yang unik, kita hanya perlu fokus mengembangkan bisnis kopi hingga mencapai tujuan. Jangan terpengaruh dengan kompetitor, selama pelayanan yang kita berikan adalah sesuatu yang tulus, akan selalu ada market yang tepat untuk bisnis Coffe shop.


Passion adalah senjata yang membawa kita untuk terus berada dalam koridor tujuan yang tepat. Suka duka bisnis pasti ada, misalnya jualan kopi belum laku, tapi selama kita berhenti, kesempatan untuk sukses pun masih terbuka.


Mau beradaptasi dan ciptakan inovasi


Meskipun kita memiliki pengetahuan kopi yang cukup, jangan bersikap untuk menutup diri pada hal-hal baru. Industri kopi selalu berkembang setiap waktunya, setiap generasi memiliki kopi favoritnya masing-masing. Untuk itulah pelaku bisnis Coffe shop dituntut untuk cepat beradaptasi. 


Jika ingin membuka Coffe shop semakin kuat, kita harus berani mendobrak pasar. Jangan sekedar ikut-ikutan, tapi juga berani mencipta inovasi kopi. Misalnya membuat variasi kopi dipadukan ornamen kuliner daerah contohnya es kopi dawet dan semacamnya. Masyarakat tentunya ingin merasakan produk kopi yang tidak ada di menu kompetitor.


Posting Komentar untuk "3 Tips Rahasia Bangun Coffe Shop Hingga Sukses"