Trik Virus Marketing Cikal Bakal Viral Marketing
Trik Virus Marketing - Mungkin Anda pernah mendengar dan melihat cara-cara marketing
menawarkan suatu produk dengan menggunakan hadiah-hadiah menarik? Atau mungkin
Anda sendiri pernah mengalaminya ketika sedang berbelanja ke sebuah pusat
perbelanjaan. Kemudian Anda membeli suatu produk tertentu karena tergiur dengan
adanya penawaran hadiah yang menarik, misalnya “Beli 2 , Gratis 1”.
Menurut saya, memberikan hadiah atau sesuatu
yang gratis itu merupakan salah satu ide ”brilliant” dalam melakukan
pemasaran dengan tujuan untuk menarik minat para konsumen, yang bisa menyebar
seperti virus dari satu customer kepada customer lain.
Maksud gagasan ini dapat mendorong seorang customer melakukan
suatu tindakan bagaikan virus penyebarannya, dimana biasanya ada unsur promosi
yang disampaikan secara spontanitas.
Pemasaran merupakan ujung tombak suatu aktivitas
penjualan apa pun produk yang diproduksi atau ditawarkan, baik menjual jasa maupun
retail.
Jadi perlu sekali memiliki konsep pemasaran,
itu menjadi langkah awal sebelum menawarkan suatu produk kepada konsumen.
Apabila produk yang ditawarkan memiliki merek yang branded dan mudah dikenal,
maka itu juga dapat menciptakan virus yang mudah tersebar, terutama jika
pemasarannya dilakukan secara online akan lebih cepat penyebarannya.
Sebab itu perlu dipikirkan dahulu secara
matang strategi yang tepat untuk membuat customer tertarik
dan akan menyebarkannya kembali kepada customer lainnya.
Jangan terburu-buru menamai suatu produk bila ingin merajai pemasaran online.
Seperti yang anda kenal Formula Bisnis, di satu sisi biarpun
produknya biasa tetapi kalau mereknya friendly atau mudah dikenali, maka tidak
akan sulit untuk memasarkannya dan penyebarannya pun bisa seperti virus.
Kemudian, " Merek" menjadi
kata kunci pemasaran dikarenakan bisa menciptakan ”kuman virus”. Hal
inilah yang akan berjalan secara cepat dan berkesinambungan dalam memasarkan
suatu produk yang ”bermerek”. Konsumen pun akan memperoleh benefit
sebagai afiliasi. Mereka mendapat keuntungan menjadi Pemasar (reseller) kepada
konsumen yang lainnya, dan seterusnya atau dengan kata lain “sebagai
afiliasi” mereka mendapatkan persentase keuntungan dari reseller produk yang terjual.
Salah satu trik virus marketing yang sekarang
sedang nge-trend adalah penyebaran “racun”. Misalnya racun belanja di salah
satu market place digital.
Metode ini adalah siklus yang berkelanjutan
yang memberikan suatu rangsangan untuk dapat mendistribusikan sebuah produk
supaya cepat bergerak atau laku terjual. Mata rantai inilah yang perlu
diciptakan dalam memasarkan produk.
Lalu tingkatan berikutnya, yang perlu
dipertimbangkan adalah memuaskan pelanggan dengan produk anda. Hal ini
tergantung pada bagaimana anda melayani dan apa manfaatnya produk anda tersebut
bagi konsumen. Before Sale and after sales. Ada banyak jalan untuk menambahkan,
menghargai atau untuk membuat keinginan orang - bersedia membeli produk anda.
Caranya adalah berikan informasi yang
bermanfaat kepada suatu kelompok yang ditargetkan dan mereka akan merasakan
manfaat serta merasakan kepuasan. Setelah customer merasakan dua hal itu,
yakinlah mereka akan share atau berbagi pengalaman kepada yang lain, kemudian
hal itu menyebar juga bagai virus kepada lebih banyak orang lagi.
Selanjutnya - Hadiah atau bonus adalah sebagai
perangsang. Nah, kata kunci berikutnya yang kita bahas adalah perangsang.
Bagaimana kita bisa memberikan perangsang yang sesuai dengan produk yang kita
jual? Jangan sampai perangsang tadi useless untuk customer ( tidak membawa
manfaat apa pun), jangan sampai demikian. Untuk bisa mendistribusikan sistem
marketing seperti virus, bonus pun harus yang bermanfaat.
So, Pelanggan juga merasakan manfaatnya dan
terciptalah image produk anda ke para pelanggan, maka kuman virus juga bisa
terjangkit dengan pesat dan ”menular” kepada pelanggan yang
lainnya. Kondisi demikian harus bisa Anda ciptakan di dalam mengembangkan
pemasaran produk Anda.
Nah, di era
digital sekarang strategi ini sangat berpotensi menjadi viral marketing. Sudah
banyak contoh-contoh viral marketing yang bermula dari virus marketing ini.
Cara berikutnya, adalah pelayanan dan keramah-tamahan. Hal
ini menjadi sangat penting apabila anda ingin menggerakkan virus tersebut agar
selalu aktif dan berkembang sehingga bisa membantu dalam memasarkan produk
Anda. Sebaik apa pun produk anda, kalau tidak ada pelayanan dan keramah-tamahan yang
baik yakinlah tidak akan berhasil untuk meledakkan omset penjualan anda.
Itulah beberapa trik virus marketing yang bisa
kami berikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain bahasan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Trik Virus Marketing Cikal Bakal Viral Marketing"