Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Virus Marketing Cikal Bakal Viral Marketing

Daftar Isi [Tampil]

 

Trik Virus Marketing Cikal Bakal Viral Marketing

Trik Virus Marketing - Mungkin Anda pernah mendengar dan melihat cara-cara marketing menawarkan suatu produk dengan menggunakan hadiah-hadiah menarik? Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya ketika sedang berbelanja ke sebuah pusat perbelanjaan. Kemudian Anda membeli suatu produk tertentu karena tergiur dengan adanya penawaran hadiah yang menarik, misalnya “Beli 2 , Gratis 1”.

Menurut saya, memberikan hadiah atau sesuatu yang gratis itu merupakan salah satu ide ”brilliant” dalam melakukan pemasaran dengan tujuan untuk menarik minat para konsumen, yang bisa menyebar seperti virus dari satu customer kepada customer lain. Maksud gagasan ini dapat mendorong seorang customer melakukan suatu tindakan bagaikan virus penyebarannya, dimana biasanya ada unsur promosi yang disampaikan secara spontanitas.

Pemasaran merupakan ujung tombak suatu aktivitas penjualan apa pun produk yang diproduksi atau ditawarkan, baik menjual jasa maupun retail.

Jadi perlu sekali memiliki konsep pemasaran, itu menjadi langkah awal sebelum menawarkan suatu produk kepada konsumen. Apabila produk yang ditawarkan memiliki merek yang branded dan mudah dikenal, maka itu juga dapat menciptakan virus yang mudah tersebar, terutama jika pemasarannya dilakukan secara online akan lebih cepat penyebarannya.

Sebab itu perlu dipikirkan dahulu secara matang strategi yang tepat untuk membuat customer tertarik dan akan menyebarkannya kembali kepada customer lainnya. Jangan terburu-buru menamai suatu produk bila ingin merajai pemasaran online. Seperti yang anda kenal Formula Bisnis, di satu sisi biarpun produknya biasa tetapi kalau mereknya friendly atau mudah dikenali, maka tidak akan sulit untuk memasarkannya dan penyebarannya pun bisa seperti virus.

Kemudian, " Merek" menjadi kata kunci pemasaran dikarenakan bisa menciptakan ”kuman virus”. Hal inilah yang akan berjalan secara cepat dan berkesinambungan dalam memasarkan suatu produk yang ”bermerek”. Konsumen pun akan memperoleh benefit sebagai afiliasi. Mereka mendapat keuntungan menjadi Pemasar (reseller) kepada konsumen yang lainnya, dan seterusnya atau dengan kata lain “sebagai afiliasi” mereka mendapatkan persentase keuntungan dari reseller produk yang terjual.

Salah satu trik virus marketing yang sekarang sedang nge-trend adalah penyebaran “racun”. Misalnya racun belanja di salah satu market place digital.

Metode ini adalah siklus yang berkelanjutan yang memberikan suatu rangsangan untuk dapat mendistribusikan sebuah produk supaya cepat bergerak atau laku terjual. Mata rantai inilah yang perlu diciptakan dalam memasarkan produk.

Lalu tingkatan berikutnya, yang perlu dipertimbangkan adalah memuaskan pelanggan dengan produk anda. Hal ini tergantung pada bagaimana anda melayani dan apa manfaatnya produk anda tersebut bagi konsumen. Before Sale and after sales. Ada banyak jalan untuk menambahkan, menghargai atau untuk membuat keinginan orang - bersedia membeli produk anda.

Caranya adalah berikan informasi yang bermanfaat kepada suatu kelompok yang ditargetkan dan mereka akan merasakan manfaat serta merasakan kepuasan. Setelah customer merasakan dua hal itu, yakinlah mereka akan share atau berbagi pengalaman kepada yang lain, kemudian hal itu menyebar juga bagai virus kepada lebih banyak orang lagi.

Selanjutnya - Hadiah atau bonus adalah sebagai perangsang. Nah, kata kunci berikutnya yang kita bahas adalah perangsang. Bagaimana kita bisa memberikan perangsang yang sesuai dengan produk yang kita jual? Jangan sampai perangsang tadi useless untuk customer ( tidak membawa manfaat apa pun), jangan sampai demikian. Untuk bisa mendistribusikan sistem marketing seperti virus, bonus pun harus yang bermanfaat.

So, Pelanggan juga merasakan manfaatnya dan terciptalah image produk anda ke para pelanggan, maka kuman virus juga bisa terjangkit dengan pesat dan ”menular” kepada pelanggan yang lainnya. Kondisi demikian harus bisa Anda ciptakan di dalam mengembangkan pemasaran produk Anda.

Nah, di era digital sekarang strategi ini sangat berpotensi menjadi viral marketing. Sudah banyak contoh-contoh viral marketing yang bermula dari virus marketing ini.

Cara berikutnya, adalah pelayanan dan keramah-tamahan. Hal ini menjadi sangat penting apabila anda ingin menggerakkan virus tersebut agar selalu aktif dan berkembang sehingga bisa membantu dalam memasarkan produk Anda. Sebaik apa pun produk anda, kalau tidak ada pelayanan dan keramah-tamahan yang baik yakinlah tidak akan berhasil untuk meledakkan omset penjualan anda.

Itulah beberapa trik virus marketing yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain bahasan (bisnisan.id).

 


Posting Komentar untuk "Trik Virus Marketing Cikal Bakal Viral Marketing"