Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingkah Pengembangan Sumber Daya Manusia ?

Daftar Isi [Tampil]

 

Pentingkah Pengembangan Sumber Daya Manusia ?

Pentingkah Pengembangan Sumber Daya Manusia ? - Ketika sebuah proses rekrutmen dilakukan, tujuannya pastinya adalah calon-calon karyawan yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang ditetapkan perusahaan tersebut.

Banyaknya para pelamar tidak menjamin calon-calon diharapkan akan mudah diperoleh. Mengapa hal ini terjadi dan apa alasannya ? Banyaknya kualifikasi yang ditetapkan untuk calon pelamar tidaklah mudah dipenuhi. Masih banyak mereka yang datang untuk melamar pekerjaan sebenarnya tidak memiliki kualifikasi yang ditentukan tapi mereka tetap datang dengan harapan siapa tahu nasib baik berpihak pada mereka.

Mengacu pada kondisi tersebut, kualitas sumber daya manusia menjadi satu poin yang patut diperhatikan. Mengembangkan SDM yang ada sudah menjadi kebutuhan jikalau perusahaan yang bersangkutan aware bahwa kualitas SDM menjadi hal krusial yang harus dimiliki. Jika tidak, sulit bagi perusahaan tersebut bersaing dan maksimal tercapai tujuan perusahaan.

Kita tentunya tidak lupa jika menginginkan ada kualitas, ada kepuasan. Hal ini berbanding lurus sehingga jangan pernah kita bermimpi meraih satu tujuan/kepuasan jika kualitas SDM-nya tidak mumpuni.

Adanya pengembangan sumber daya manusia berarti ada perubahan pada SDM yang bersangkutan yaitu perubahan kualitas. Apakah hal ini tidak diinginkan oleh sebuah perusahaan ? Jika kualitas SDM meningkat, keuntungan bagi perusahaan juga tentunya. Perusahaan jangan hanya mau mengeluh saja tapi tidak ada effort untuk mengatasi kualitas SDM-nya yang masih minim misalnya.

Pengembangan SDM merupakan suatu proses jangka panjang yang artinya perusahaan tidak bisa ambil jalan pintas untuk langsung menikmati hasilnya. Meningkatkan potensi dan efektivitas seseorang membutuhkan waktu untuk mematangkan dan menjadikan SDM yg berkualitas yg dapat diandalkan. SDM yang berkualitas itulah yang akan dapat berperan dan hanya merekalah yang dapat memberikan kontribusi positif dengan melakukan perubahan-perubahan yang akan membawa satu perusahaan semakin maju dan mendekat pada tujuan.

Dengan demikian, pada kebijakan-kebijakan perusahaan, janganlah dilupakan kebijakan untuk mengembangkan SDM yang ada dan atau menambah SDM yang berkualitas dengan cara memberikan kesempatan bagi SDM untuk mengikuti pelatihan-pelatihan sebagai bekal memberikan kontribusi bagi perusahaan.

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai pentingkah pengembangan sumber daya manusia (SDM) ?. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi…. (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Pentingkah Pengembangan Sumber Daya Manusia ?"