Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) dalam Perencanaan Bisnis
Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) - Komunikasi merupakan sesuatu yang berkembang terus menerus dan bahkan mengalami perkembangan sangat pesat bersamaan dengan perkembangan teknologi. Banyak orang mungkin berpikir apa sih pentingnya komunikasi ? Apa iya komunikasi itu dapat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis, organisasi atau perusahaan ?
Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita
bahas terlebih dahulu dari scope yang kecil dan sederhana. Semua tentu masih
ingat ketika pertama kali ingin bekerja dimana kita masuk dalam tahapan
interview. Dalam tahapan ini, pasti kita berusaha menonjolkan kemampuan di
bidang masing2 sebagai nilai jual supaya kita di terima di perusahaan yang kita
tuju.
Kemampuan teknis ini beraneka ragam jenisnya,
ada orang yang ahli di bidang akuntansi, ada yang pintar jualan/berbakat jadi
sales, ada yang jago manajemen keuangan, ada yang canggih di bidang
perkreditan, ada yang pintar di bidang komputer dll.
Namun berjalannya waktu, ketika kita sudah
masuk dalam dunia bisnis dan pekerjaan, dimana terjadi banyak interaksi dengan
orang lain maka keahlian teknis tersebut ternyata bukanlah segala-galanya.
Keahlian tersebut harus ditambahkan dengan kemampuan berkomunikasi, apalagi
kalau kita ada dalam sebuah organisasi menengah dan besar, sangat dibutuhkan
koordinasi antar bagian untuk tercapainya suatu tujuan.
Komunikasi ini tentu tidak terjadi begitu
saja, perlu adanya strategi yang pas dan tepat yang harus di bangun dan di
organisir, dimana peranan seorang pemimpin sangatlah diperlukan. Strategi
komunikasi yang baik memungkinkan kita menjalankan kontrol yang lebih baik
atas pekerjaan dan dengan cepat dapat mengidentifikasikan sebuah masalah
sehingga tidak terjadi ”bottle neck”.
Dengan kata lain semua organisasi memerlukan
strategi komunikasi yang dinamis. Bahkan banyak yang menginvestasikan triliunan
setiap tahun untuk sebuah iklan, dan media komunikasi untuk mencapai suatu
target/tujuan dari bisnis atau perusahaan.
Pengertian Strategi Komunikasi
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Strategi
Komunikasi ?
Kalau kita melihat ke sekeliling maka kita
akan dengan mudah melihat dan mendapatkan billboard, jingle radio, logo2 di
hampir semua perusahaan, toko, dll, slogan-slogan dan iklan yang marak di
seluruh web/internet, surat kabar dan TV.
Strategi Komunikasi adalah :
Mengartikulasikan, menjelaskan dan mempromosikan visi dan satu set tujuan yang
di definisikan dengan baik, dimana hal ini harus di lakukan secara konsisten
dengan beberapa elemen penting.
Elemen Elemen Strategi Komunikasi
Elemen Elemen penting untuk merancang sebuah
komunikasi yang diambil dari Communication Toolkit sbb :
1. Review
Bagaimana kita telah berkomunikasi di masa
lalu? Seberapa efektif komunikasi yang sudah ada ? Bagaimana orang lain menilai atau
memandang kita ?
2. Objectives/Tujuan
Apa yang ingin kita capai dari komunikasi ini?
Apakah tujuan SMART?
3. Audiance/Pendengar
Siapa kira2 yang akan menjadi pendengar kita?
Apakah kita memiliki audiens yang primer dan sekunder? Informasi apa yang
mereka butuhkan untuk bertindak atas pesan yang kita akan sampaikan ?
4. Message/ Pesan
Apa pesan kita? Apakah kita memiliki satu
pesan atau beberapa pesan untuk khalayak banyak?
5. Basket/Wadah
Apa jenis komunikasi "produk"
terbaik yang dapat di terima / sampai dengan baik ?
6. Channel/Saluran
Channel apa yang akan kita gunakan untuk
mempromosikan dan menyebarluaskan produk ?
7. Source/Sumber
Berapa besar budget yang kita miliki untuk
project ini ? Apakah akan ada perubahan untuk waktu ke depan ? Kemampuan
komunikasi apa yang sudah kita miliki ?
8. Timing/Waktu
Apa yang menjadi batasan waktu kita? Apakah
strategi bertahap menjadi yang paling tepat? Apakah ada event2 khusus/spesial
atau kesempatan2 yang mungkin akan muncul ?
9. Brand/Merek
Apakah semua produk komunikasi "di
merek"? Bagaimana kita dapat memastikan
bahwa yang kita sampaikan sudah benar dan sesuai dengan tujuan kita ?
10. Feedback
Bagaimana kita tahu kapan komunikasi strategi
kami adalah 100% sukses? Apa yang akan berubah?
Demikianlah
apa yang bisa kami sampaikan mengenai penerapan strategi
komunikasi (communication strategy) dalam perencanaan bisnis atau proyek. Semoga bermanfaat dan
sampai jumpa lagi di lain bahasan. Salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) dalam Perencanaan Bisnis "