Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) dalam Perencanaan Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) - Komunikasi merupakan sesuatu yang berkembang terus menerus dan bahkan mengalami perkembangan sangat pesat bersamaan dengan perkembangan teknologi. Banyak orang mungkin berpikir apa sih pentingnya komunikasi ? Apa iya komunikasi itu dapat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis, organisasi atau perusahaan ?

Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) dalam Perencanaan Bisnis

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu dari scope yang kecil dan sederhana. Semua tentu masih ingat ketika pertama kali ingin bekerja dimana kita masuk dalam tahapan interview. Dalam tahapan ini, pasti kita berusaha menonjolkan kemampuan di bidang masing2 sebagai nilai jual supaya kita di terima di perusahaan yang kita tuju.

Kemampuan teknis ini beraneka ragam jenisnya, ada orang yang ahli di bidang akuntansi, ada yang pintar jualan/berbakat jadi sales, ada yang jago manajemen keuangan, ada yang canggih di bidang perkreditan, ada yang pintar di bidang komputer dll.

Namun berjalannya waktu, ketika kita sudah masuk dalam dunia bisnis dan pekerjaan, dimana terjadi banyak interaksi dengan orang lain maka keahlian teknis tersebut ternyata bukanlah segala-galanya. Keahlian tersebut harus ditambahkan dengan kemampuan berkomunikasi, apalagi kalau kita ada dalam sebuah organisasi menengah dan besar, sangat dibutuhkan koordinasi antar bagian untuk tercapainya suatu tujuan.

Komunikasi ini tentu tidak terjadi begitu saja, perlu adanya strategi yang pas dan tepat yang harus di bangun dan di organisir, dimana peranan seorang pemimpin sangatlah diperlukan.  Strategi komunikasi yang baik memungkinkan kita  menjalankan kontrol yang lebih baik atas pekerjaan dan dengan cepat dapat mengidentifikasikan sebuah masalah sehingga tidak terjadi ”bottle neck”. 

Dengan kata lain semua organisasi memerlukan strategi komunikasi yang dinamis. Bahkan banyak yang menginvestasikan triliunan setiap tahun untuk sebuah iklan, dan media komunikasi untuk mencapai suatu target/tujuan dari bisnis atau perusahaan.

Pengertian Strategi Komunikasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Strategi Komunikasi ?

Kalau kita melihat ke sekeliling maka kita akan dengan mudah melihat dan mendapatkan billboard, jingle radio, logo2 di hampir semua perusahaan, toko, dll, slogan-slogan dan iklan yang marak di seluruh web/internet, surat kabar dan TV.

Strategi Komunikasi adalah : Mengartikulasikan, menjelaskan dan mempromosikan visi dan satu set tujuan yang di definisikan dengan baik, dimana hal ini harus di lakukan secara konsisten dengan beberapa elemen penting.

 

Elemen Elemen Strategi Komunikasi

Elemen Elemen penting untuk merancang sebuah komunikasi yang diambil dari Communication Toolkit sbb :

1. Review

Bagaimana kita telah berkomunikasi di masa lalu? Seberapa efektif komunikasi yang sudah ada ? Bagaimana orang lain menilai atau memandang kita ?

2. Objectives/Tujuan

Apa yang ingin kita capai dari komunikasi ini? Apakah tujuan SMART?

3. Audiance/Pendengar

Siapa kira2 yang akan menjadi pendengar kita? Apakah kita memiliki audiens yang primer dan sekunder? Informasi apa yang mereka butuhkan untuk bertindak atas pesan yang kita akan sampaikan ?

4. Message/ Pesan

Apa pesan kita? Apakah kita memiliki satu pesan atau beberapa pesan untuk khalayak banyak?

5. Basket/Wadah

Apa jenis komunikasi "produk" terbaik yang dapat di terima / sampai dengan baik ?

6. Channel/Saluran

Channel apa yang akan kita gunakan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan produk ?

7. Source/Sumber

Berapa besar budget yang kita miliki untuk project ini ? Apakah akan ada perubahan untuk waktu ke depan ? Kemampuan komunikasi apa yang sudah kita miliki ?

8. Timing/Waktu

Apa yang menjadi batasan waktu kita? Apakah strategi bertahap menjadi yang paling tepat? Apakah ada event2 khusus/spesial atau kesempatan2 yang mungkin akan muncul ?

9. Brand/Merek

Apakah semua produk komunikasi "di merek"? Bagaimana kita dapat memastikan
bahwa yang kita sampaikan sudah benar dan sesuai dengan tujuan kita ?

10. Feedback

Bagaimana kita tahu kapan komunikasi strategi kami adalah 100% sukses? Apa yang akan berubah?

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai penerapan strategi komunikasi (communication strategy) dalam perencanaan bisnis atau proyek. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Penerapan Strategi Komunikasi (Communication Strategy) dalam Perencanaan Bisnis "