Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

 

Peluang Usaha Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Anak Muda - Tidak hanya bidang fashion saja yang selalu mengalami peningkatan animo setiap tahunnya. Bidang ekonomi terutama dalam bisnis dan usaha pun mengalami konsistensi animo dan juga prospek yang menjanjikan.

Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa pun mulai tertarik dengan perkembangan bisnis di masa kini. Karenanya, sangat masuk akal apabila ketika saat ini banyak bermunculan animo bisnis yang unik dan menarik terutama produk yang disukai para generasi milenial.

Walaupun sebagian besar usaha yang dijalankan oleh anak-anak muda jaman sekarang dimulai dengan modal yang kecil, namun omzet yang ditawarkan masih sangat menjanjikan, sehingga sangat besar kemungkinan untuk terus tumbuh secara gradual. Dengan demikian sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jumlah pengusaha muda di negeri ini.

Para pengusaha muda tersebut hadir dengan membawa warna baru sehingga bisa membuat kreativitas yang sanggup diterima oleh para generasi milenial. Namun, bukan berarti pula jalan mereka selalu “mulus”, tetap saja setiap orang yang berwirausaha mengalami persaingan yang memang harus dihadapi.

Para pakar ekonomi pun menilai, animo bisnis di kalangan anak muda ini semakin deras dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Bagi Anda yang memang yang ini segera terjun di dunia bisnis dan sedang mencari gagasan untuk mengembangkan bisnis yang bisa dijalankan sekaligus bisa diterima oleh anak muda berikut ini akan kami ulas secara singkat.

Lalu, apa saja contoh bidang usaha yang bisa dijalankan dan diminati oleh anak muda tersebut? Berikut ulasannya! 

Macam-Macam Trend Bisnis yang Diminati Anak Muda Jaman Sekarang

1. Bisnis Jasa Internet Marketing

Maraknya perkembangan bisnis online di Indonesia menjadi peluang bisnis tersendiri bagi seseorang yang mahir di bidang internet marketing. Pasalnya, saat ini bisnis online tengah menjadi trend bisnis tersendiri di kalangan anak muda. Banyak bermunculan para pengusaha baru yang memang dimulai dari mengembangkan informasi lewat sosial media.

Rupanya, bisnis yang menggunakan sosial media sebagai saluran komunikasi digital marketing tidak cukup dijalankan secara asal-asalan. Pebisnis wajib tahu bagaimana membuat konten yang benar serta menarik, baik itu tulisan, audio, maupun visual.

Tidak berhenti di situ, pebisnis juga harus paham apa itu online marketing, setidaknya memahami SEO dan SEM. Jadi sering kali para pengusaha atau pelaku bisnis lainnya membutuhkan tim-tim khusus untuk bisa melejitkan bisnisnya melalui digital marketing.

Contohnya saja, dibutuhkan seorang content creator untuk mengonsep akun media sosial, visual designer, copywriter, dan juga seseorang yang bisa melejitkan akun bisnis lewat instagram atau facebook ads.

Ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk anak-anak muda. Posisi tersebut tidak semua orang bisa melakukannya. Oleh lantaran itu, jikalau Anda seseorang yang andal dalam hal melejitkan media umum maka peluang di atas bisa dijadikan lahan bisnis.

Biasanya klien yang membutuhkan jasa internet marketing tersebut yaitu perusahaan untuk mempromosikan produknya atau public figure supaya bisa dikenal masyarakat luas.

2. Bisnis Tour dan Travel

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan atau traveling pun bisa dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Pasalnya tour dan travel ini sedang menjadi animo tersendiri di kalangan anak muda. Banyaknya turis manca negara maupun domestik, yang pasti membutuhkan bantuan dari para pegiat bisnis tour and travel ini membantu mereka mewujudkan impiannya untuk berkunjung ke tempat yang mereka sukai.

Mengapa mereka butuh bantuan dari jasa tour and travel? Jelas banyak alasannya, mulai dari kemudahan yang ditawarkan, keinginan untuk menikmati perjalanan dan wisata tanpa harus ribet mengatur ini itu, apalagi bila bersama rombongan, sampai pada fasilitas yang sering tidak bisa dinikmati dengan pengaturan sendiri.

Untuk membuka bisnis ini, tentunya harus mempunyai jaringan yang cukup kuat mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi wisata, kuliner, dan lain sebagainya. Untuk lebih gampang mengatakan paket wisata dengan kapasitas banyak, Anda bisa memulainya dengan mendatangi sekolah, perusahaan, atau instansi yang biasanya memerlukan jasa dari bisnis tour and travel ini.

Tentu saja bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh anak muda. Selain karena jiwa petualang anak muda masih tinggi-tingginya, mobilitas kaum muda jelas lebih enerjik, cepat, dan luas.

3. Bisnis Coffe Shop

Anak muda jaman dahulu sampai kini niscaya mempunyai tempat nongkrong untuk bisa bertemu dengan teman-temannya. Biasanya mereka lebih menentukan warung kopi yang memang produk yang dijual tidak terlalu mahal. Ya, karena kondisi finansial kaum muda kebanyakan memang belum matang.

Seiring dengan berjalannya waktu, warung kopi tersebut bertransformasi menjadi coffe shop yang menarik dan juga nyaman. Biasanya yang membedakan tersebut yaitu dari tempat, penyajian kopi, dan juga fasilitas.

Oleh lantaran itulah, coffe shop tersebut menjadi animo bisnis jaman kini yang memang sangat menjanjikan. Selain bisa dipakai untuk tempat nongkrong, di coffe shop tersebut biasanya terdapat wifi untuk bisa terkoneksi dengan internet. Selain wifi, tempat coffe shop pun sering didesain dengan semenarik mungkin dengan tema-tema tertentu sehingga para pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

4. Bisnis Kuliner

Bisnis masakan atau kuliner pun menjadi sebuah bisnis yang masih memiliki peminat yang besar di jaman sekarang. Banyak anak-anak muda kini yang memang berkreasi dengan kuliner sehingga membuat orang-orang penasaran.

Uniknya, kuliner yang menjadi minat kaum muda tersebut merupakan perpaduan kuliner zaman dahulu yang dikemas lebih menarik dan gambaran rasa kekinian. Contohnya saja, kuliner keripik singkong yang beberapa tahun ke belakang melejit dikarenakan varian rasa pedasnya membuat orang penasaran.

Selain memunculkan kembali kuliner terdahulu, bisnis masakan tersebut menjadi animo dikarenakan pemberian namanya yang unik. Contohnya menyerupai mie setan, mie merapi, steak ranjang, dan lain sebagainya. Juga minuman kekinian yang semakin banyak variannya.

Untuk bisa memasarkan kuliner tersebut sangatlah gampang lantaran bisa memakai media sosial. Selain media umum pemasaran masakan ketika ini sangat unik dengan mengunakan food truck.

Food truck merupakan kendaraan beroda empat truck yang dimodifikasi untuk bisa memasarkan kuliner. Sehingga tempat yang dituju pun bisa berubah-ubah tergantung sebuah event atau usul dari para penggemar kuliner tersebut.

Trend bisnis masakan ini diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan kreatifitas anak muda di jaman sekarang.

5. Software Developer

Bagi Anda yang mempunyai talenta dalam ilmu programming berbahagialah lantaran hal tersebut bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang masih terus berkembang sekaligus masih belum jenuh persaingannya. Banyaknya perusahaan dan instansi yang memerlukan jasa para developer untuk pembuatan website, aplikasi digital, dan programming lainnya membuat peluang bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha yang sangat cocok dijalankan oleh anak muda.

Bisnis ini tergolong baru lantaran memang diubahsuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Terutama pemrograman berbasis AI yang memang masih belum begitu sesak dalam persaingan, sehingga para pelaku dari bisnis tersebut yaitu anak muda punya kans yang sangat besar untuk mengisinya.

Untuk memulai bisnis tersebut, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu dengan menampilkan keahlian dan juga karya yang pernah Anda lakukan. Bisa pula dengan mempromosikan diri lewat sosial media sehingga besar kemungkinan untuk bisa dikenal ke seluruh Indonesia maupun dunia.

6. Desain Grafis

Bagi Anda yang hobi membuat desain terutama desain grafis, berbahagialah lantaran era saat ini sedang menjadi trend bisnis di kalangan anak muda. Bisnis ini merupakan jenis bisnis yang mengandalkan kreativitas.

Banyak perusahaan ataupun instansi yang memerlukan jasa seorang desain grafis untuk membantu memvisualkan produk yang akan diluncurkannya. Juga banyak komunikasi pemasaran yang mengandalkan jasa desain grafis ini.

Hasil desain tersebut biasanya dipakai untuk promosi sehingga bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain itu, seorang desain grafis juga diharapkan untuk membuat sebuah logo ataupun ikon dari sebuah perusahaan. Bisnis ini tentunya sangat menjanjikan seiring dengan berkembangnya teknologi di zaman modern ini.

7. Wedding Organizer

Beberapa bulan lalu, sebuah media umum di Indonesia viral dengan hastag #antiweekendclub. Rupanya hastag tersebut dipakai oleh para team yang tergabung dalam wedding organizer.

Seperti yang diketahui bersama, hari sabtu dan juga ahad selain diisi dengan kegiatan liburan banyak orang yang melaksanakan kegiatan untuk menghadiri undangan pernikahan. Tentunya seseorang yang menikah memerlukan team untuk mengatur segala keperluannya dari mulai acara, konsumsi, tamu undangan, sampai perlengkapan untuk pengantin itu sendiri.

Biasanya team yang dimaksud tersebut berada dalam management wedding organizer. Nah, WO tersebut saat ini tengah menjadi salah satu trend bisnis yang masih menjanjikan, terutama konsep baru yang mampu mengkomposisikan dunia digital dengan budaya lokal.

Modal utama untuk bisa membuka Wedding organizer tersebut yaitu jaringan atau networking. Hal tersebut bisa dipakai untuk membantu calon pengantin menemukan vendor-vendor terbaik untuk pesat pesta perkawinan impiannya.

Jadi sebenarnya membangun bisnis ini tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Kendala permodalan bisa disiasati dengan kerja sama yang kuat dan saling menguntungkan. Selain itu, Anda pun harus mempunyai tam sendiri yang solid supaya bisa menjadi wedding organizer yang terpercaya.

8. Bisnis Fashion

Bisnis fashion pun sekarang tengah menjadi trend. Baik fashion untuk anak-anak, wanita, dan juga pria, bisnis ini masih sangat diminati. Apalagi adanya market place online, turut meningkatkan gairah bisnis fashion ini.

Hal tersebut masuk akal mengingat fashion sendiri yaitu sebuah kebutuhan utama dari seseorang layaknya menyerupai bisnis kuliner. Jika Anda ingin terjun dalam bisnis ini maka sebelum memulai tentukan terlebih dahulu sasaran marketnya. Mengingat bisnis fashion ini bermacam-macam dan supaya bisa lebih fokus.

Contohnya saja, bila sasaran Anda seorang perempuan berhijab maka barang yang dijual bisa yang berkaitan dengan fashion hijab menyerupai baju gamis, pashmina, kerudung panjang, tunik, dan lain sebagainya.

Walaupun Anda membuka bisnis fashion, tetap saja harus selalu update terhadap model baju yang sedang trendy setiap tahunnya. Trend bisnis fashion ini tentunya akan terus meningkat dan beragam, namun tetap menjadi bisnis paling menjanjikan. Untuk pemasarannya pun bisa memakai media sosial, aktif di market place online, atau mengikuti pameran yang dikhususkan untuk fashion.

9. Bisnis PPOB

Payment Point Online Bank atau yang lebih dikenal dengan PPOB merupakan bisnis yang melayani banyak sekali transaksi virtual. Contohnya menyerupai pembayaran cicilan motor, isi saldo gopay, pembayaran listrik, pulsa, pembelian tiket pesawat atau kereta, pengisian voucher game, dan lain sebagainya.

Bisnis ini menjadi kebutuhan masyarakat umum serta di kalangan anak muda sangat realistis untuk dijalankan, lantaran tidak memerlukan modal yang cukup besar. Modal yang diharapkan cukup mempunyai smartphone android, Anda sudah bisa membuka bisnis ini.

Jika bisnis ini sudah maju dan dikenal masyarakat luas, Anda pun bisa memakai laptop beserta printer untuk mempercepat aktivitas transaksi. Uniknya, bisnis ini pun bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Sehingga tak perlu menyewa toko atau ruko untuk membuka usaha ini. Bisnis ini ada seiring dengan banyaknya orang yang ingin bertransaksi dengan mudah, cepat, dan tidak ribet.

10. Bisnis Pelatihan Online

Pelatihan online kini tengah menjadi  trend baru bisnis di kalangan anak muda. Terlebih setelah pandemic Covid-19 muncul. Hal ini disebabkan lantaran meningkatnya pengguna teknologi di zaman modern.

Di tengah kesibukannya, masih banyak kalangan yang mencari ilmu secara online daripada harus tiba ke sebuah jadwal tersebut. Biasanya training online ini mencakup training online menulis, berbisnis, marketing, dan lain sebagainya. Biasanya “ruang” akomodasi online ini memakai media sosial menyerupai whats app, facebook grup, webinar, dan lain sebagainya.

Karena bersifat online, para peserta training atau calon konsumen potensialnya bisa berasal dari banyak sekali macam tempat di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Para peserta akan mendapat video, e-book, dan bahan lainnya dalam bentuk pdf ataupun World serta sesekali tatap maya secara online.

Maraknya bisnis training online, menjadi animo tersendiri di jaman kini sehingga masuk ke dalam bisnis yang menjanjikan.

 

Mengapa Harus Membangun Bisnis di Usia Muda?

Usia muda memang selalu identik dengan bersenang-senang. Karena itulah, pengusaha dengan usia yang tergolong muda tersebut sangat jarang ditemui. Anak muda dikenal sebagai seseorang yang memilihi kreativitas dan semangat yang tinggi untuk melaksanakan apapun. Teringat sebuah pesan dari Mantan menteri BUMN yaitu Dahlan Iskan yang berkata “Habiskan Jatah Gagalmu di Usia Muda”.

Ungkapan di atas bila direnungkan sangatlah elok untuk para anak muda lantaran memang anak muda memang tak perlu takut akan kegagalan yang dihadapi. Bila gagal Anda bisa mencoba dan mencobanya kembali sampai kegagalan bosan mengikuti Anda.

Adapun alasan lain mengapa Anda harus membangun bisnis di usia muda yaitu sebagai berikut:

1. Bisa Memahami dan Memanfaatkan Teknologi yang Ada

Seperti yang diketahui bersama, teknologi ketika ini sudah menjadi kebutuhan utama seseorang. Biasanya orang yang peduli atau melek akan teknologi ini yaitu anak muda yang memang bisa memahami dan memanfaatkannya.

Selagi masih muda dan fisik masih prima manfaatkan hal tersebut untuk bisa membangun bisnis. Dan pada kenyataannya, menyerupai itulah anak muda bekerja untuk membangun bisnisnya. Banyak bisnis baru bermunculan lantaran kreativitas anak muda tersebut.

2. Mengetahui Trend yang Sedang Digandrungi

Trend dari banyak sekali bidang ini setiap waktunya akan terus berubah. Tentunya yang bisa peka terhadap hal tersebut yaitu anak muda. Karena mereka lebih ingin mencari tahu ihwal segala hal.

Biasanya dari animo inilah, gagasan mereka muncul dan bisa menghasilkan bisnis yang kreatif serta inovatif. Tentunya bisnis mereka akan gampang diterima oleh kalangan anak muda sendiri. Selain itu bisa pula menularkan hal yang positif bagi sesama anak muda.

3. Bisa Menciptakan Lapangan Kerja

Baik pengusaha yang sudah senior maupun muda pastinya sama0sama bisa membuat lapangan kerja. Namun, bila hal tersebut dilakukan oleh pengusaha muda tentunya akan terasa berbeda. Mereka yaitu generasi penerus bangsa yang memang bisa diandalkan lantaran hasil kerja kerasnya.

Semua orang akan mengacungi jempol kepada pengusaha muda tersebut lantaran bisa memperdayakan orang-orang yang ada di sekitarnya. Bila sangat, maka pertumbuhan pengusaha di Indonesia pun akan semakin meningkat.

4. Bisa Membangun Jaringan Bisnis yang Lebih Luas

Semakin sering Anda mengikuti training bisnis atau bertemu dengan klien, maka sejatinya Anda tengah membangun sebuah jaringan bisnis yang lebih luas. Jaringan yang Anda miliki tersebut yaitu aset yang berharga untuk bisa membangun bisnis Anda ke depannya. Dan bila dilakukan di usia muda, maka jaringan bisnis yang Anda punya bisa lebih banyak lagi.

5. Bisa Memiliki Kesempatan untuk Belajar dari Kegagalan

Kesuksesan dan kegagalan memang tidak bisa diukur dari umur. Namun, bila bisnis dijalankan selagi Anda muda, maka gairah untuk mencari ilmu pun akan selalu ada.

Seperti yang telah dibahas di awal masa muda memang masanya Anda untuk gagal. Tetapi kegagalan tersebut bisa dijadikan semangat untuk terus mencari ilmu dan meraih kesuksesan yang sebenarnya. Maka, Selagi ada kesempatan untuk berbisnis janganlah ragu. Terus mencar ilmu dan cari mentor bisnis terbaik berdasarkan Anda. Karena dengan sangat, Anda bisa mengikuti apa yan pernah dilakukannya untuk bisa sukses menyerupai mereka.

6. Berkesempatan Memiliki Banyak Bisnis

Membangun bisnis memang perlu fokus di bidangnya, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mempunyai banyak bisnis yang memang Anda sanggupi untuk mengelolanya. Tentunya keinginan untuk bisa mempunyai banyak bisnis tersebut bisa dilakukan dari usia muda.

 

Penutup

Para pebisnis yang sudah sukses aat ini tentunya mereka harus melewati segala rintangan dan tantangan di usia muda. Namun, berkat tekadnya yang kuat, buah manis bisa mereka rasakan ketika usia sudah mendekati senja.

Dengan demikian tuntaslah bahasan kami mengenai peluang usaha anak muda dengan modal kecil yang menjanjikan ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan "