Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis
Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis - Dalam bisnis apa pun khususnya jasa maka kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan. Siapa yang akan menggunakan jasa mereka dalam jangka panjang kalau bukan pelanggan? Siapa yang akan membuat perusahaan tetap survive kalau bukan pelanggan?
Tetapi meskipun perusahaan menyadari bahwa
pelanggan adalah aset dan bahwa pelanggan perlu dipuaskan kebutuhannya, dan
berbagai strategi dilakukan, tidak akan berhasil dengan maksimal kalau tidak
dilakukan dengan sepenuh hati.
Tentu anda dapat merasakan ketika dilayani
oleh pelayan toko yang tersenyum seadanya dan terkesan dipaksakan, pasti anda
merasa kurang senang karena tidak dilayani dengan tulus atau sepenuh hati.
Pelayanan Prima, Bukan Separuh Hati Tapi Sepenuh Hati
Separuh hati adalah keadaan dimana bagi si
pelayan hatinya bercabang, antara melayani pelanggan dan ada hal-hal lain yang
menjadi beban pikirannya. Sehingga ketika menyapa tidak bisa sepenuhnya, ketika
menjelaskan produk atau layanan tidak bisa maksimal, ketika menangani komplain... apalagi.... tinggallah keketusan
yang tersisa.
Pelayanan sepenuh hati bukan saja memfokuskan
kepada kebutuhan pelanggan namun melakukannya dengan kesungguhan dan tanggung
jawab bahkan dengan hati senang. Apakah yang mendasarinya? Empati! Sebuah
kemauan untuk memahami kondisi, keinginan, kepentingan serta harapan pelanggan.
Seperti halnya dalam menangani keluhan pelanggan
maka pelayanan harus diberikan dengan penuh kesabaran dan mau memahami apa yang
menjadi permasalahan dari pelanggan tersebut. Dimulai dari kesediaan untuk
mendengarkan sepenuhnya apa yang dikeluhkan, tanpa memberikan pendapat apalagi
membela diri, sehingga akhirnya dapat memberikan solusi dari permasalahan
yang dihadapi. Jadi kemampuan untuk bertindak dengan cepat, tepat dan dapat
mendahulukan kepentingan bersama sangat diperlukan.
Sebagai contoh di dunia perbankan ketika ada
nasabah datang dengan maksud membuka rekening maka seorang Customer Service
meskipun dalam keadaan capek karena banyak sekali nasabah yang harus dilayani
pada hari itu, tetap wajib untuk melayani dengan sepenuh hati, dengan penuh
kesabaran menjelaskan produk atau fasilitas yang diperlukan untuk diketahui
oleh calon nasabah dari bank tersebut dan mampu untuk membuat si
calon nasabah memahaminya.
Kelemah-lembutan adalah salah
satu bagian dari pelayanan dengan sepenuh hati, sehingga calon nasabah akan
merasakan penghargaan terhadap dirinya. Keterampilan seperti ini diperlukan
untuk menghadapi calon nasabah atau nasabah dengan multi character persons
dan terkadang sulit ditebak apa maunya.
Ketika akhirnya calon nasabah / customer tertarik
terhadap produk yang ditawarkan oleh customer service dan pada akhirnya menjadi
nasabah setia di bank tersebut, maka artinya pelayanan yang diberikan
sepenuh hati ini memang merupakan modal yang penting sebagai salah satu kunci sukses bisnis, apa
pun jenis bisnisnya.
Mulailah mengawali hari dengan mental pelayan
yang siap melayani (bukan kemauan untuk dilayani atau dihargai atau dianggap
penting) dan mengingat kembali bahwa tanpa pelanggan atau nasabah perusahaan
dan kita tidak bisa hidup. Dengan pengertian seperti ini maka ketika pelanggan
datang, apa pun lagak gayanya, Anda akan lebih siap melayani dengan sepenuh hati.
Salam Service!, selamat melayani dengan sepenuh hati maka Anda
sudah memegang salah satu kunci sukses bisnis Anda. Selamat berkarya (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis"