Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis - Dalam bisnis apa pun khususnya jasa maka kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan. Siapa yang akan menggunakan jasa mereka dalam jangka panjang kalau bukan pelanggan? Siapa yang akan membuat perusahaan tetap survive kalau bukan pelanggan?

Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis

Tetapi meskipun perusahaan menyadari bahwa pelanggan adalah aset dan bahwa pelanggan perlu dipuaskan kebutuhannya, dan berbagai strategi dilakukan, tidak akan berhasil dengan maksimal kalau tidak dilakukan dengan sepenuh hati.

Tentu anda dapat merasakan ketika dilayani oleh pelayan toko yang tersenyum seadanya dan terkesan dipaksakan, pasti anda merasa kurang senang karena tidak dilayani dengan tulus atau sepenuh hati.

 

Pelayanan Prima, Bukan Separuh Hati Tapi Sepenuh Hati

Separuh hati adalah keadaan dimana bagi si pelayan hatinya bercabang, antara melayani pelanggan dan ada hal-hal lain yang menjadi beban pikirannya. Sehingga ketika menyapa tidak bisa sepenuhnya, ketika menjelaskan produk atau layanan tidak bisa maksimal, ketika menangani komplain... apalagi.... tinggallah keketusan yang tersisa.

Pelayanan sepenuh hati bukan saja memfokuskan kepada kebutuhan pelanggan namun melakukannya dengan kesungguhan dan tanggung jawab bahkan dengan hati senang. Apakah yang mendasarinya? Empati! Sebuah kemauan untuk memahami kondisi, keinginan, kepentingan serta harapan pelanggan.

Seperti halnya dalam menangani keluhan pelanggan maka pelayanan harus diberikan dengan penuh kesabaran dan mau memahami apa yang menjadi permasalahan dari pelanggan tersebut. Dimulai dari kesediaan untuk mendengarkan sepenuhnya apa yang dikeluhkan, tanpa memberikan pendapat apalagi membela diri, sehingga akhirnya dapat memberikan solusi  dari permasalahan yang dihadapi. Jadi kemampuan untuk bertindak dengan cepat, tepat dan dapat mendahulukan kepentingan bersama sangat diperlukan.

Sebagai contoh di dunia perbankan ketika ada nasabah datang dengan maksud membuka rekening maka seorang Customer Service meskipun dalam keadaan capek karena banyak sekali nasabah yang harus dilayani pada hari itu, tetap wajib untuk melayani dengan sepenuh hati, dengan penuh kesabaran menjelaskan produk atau fasilitas yang diperlukan untuk diketahui oleh calon nasabah   dari bank tersebut dan mampu untuk membuat si calon nasabah memahaminya.

Kelemah-lembutan adalah salah satu bagian dari pelayanan dengan sepenuh hati, sehingga calon nasabah akan merasakan penghargaan terhadap dirinya. Keterampilan seperti ini diperlukan untuk menghadapi calon nasabah atau nasabah dengan multi character persons dan terkadang sulit ditebak apa maunya.

Ketika akhirnya calon nasabah / customer tertarik terhadap produk yang ditawarkan oleh customer service dan pada akhirnya menjadi nasabah setia di bank tersebut, maka artinya pelayanan yang diberikan sepenuh hati ini memang merupakan modal yang penting sebagai salah satu kunci sukses bisnis, apa pun jenis bisnisnya.

Mulailah mengawali hari dengan mental pelayan yang siap melayani (bukan kemauan untuk dilayani atau dihargai atau dianggap penting) dan mengingat kembali bahwa tanpa pelanggan atau nasabah perusahaan dan kita tidak bisa hidup. Dengan pengertian seperti ini maka ketika pelanggan datang, apa pun lagak gayanya, Anda akan lebih siap melayani dengan sepenuh hati.

 

Salam Service!, selamat melayani dengan sepenuh hati maka Anda sudah memegang salah satu kunci sukses bisnis Anda. Selamat berkarya (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pelayanan Sepenuh Hati, Salah Satu Kunci Sukses Bisnis"