Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawannya ?

Daftar Isi [Tampil]

 

Mengapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawannya ?

Mengapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawannya ? - Sering kali para manager atau manajemen bertanya mengapa karyawannya kehilangan motivasi. Sebetulnya sederhana saja jawabannya, manusia pada dasarnya tidak pernah merasa puas atas segala sesuatu dalam hidupnya sampai pada tingkat tertentu.

Ada tingkatan kebutuhan yang ingin dipenuhinya seperti penjabaran Teori Motivasi Maslow. Namun apabila ia menemukan atau mendapatkan apa yang diinginkannya minimal secara bertahap dan ia memiliki keyakinan bahwa keinginannya itu dapat diperolehnya di perusahaannya, ia pasti akan “stay” dengan semangat kerja yang tinggi, namun sebaliknya jika tidak, cepat atau lambat karyawan akan pergi juga.   

Sebetulnya perusahaan tidak perlu terlalu kuatir kehilangan karyawan, sejauh kita telah membangun budaya kerja kekeluargaan, menetapkan standar dan jenjang karier yang jelas maka kita sudah memiliki modal untuk mempertahankan karyawan yang berpotensi untuk tetap memiliki motivasi yang kuat. Juga sejauh turn over masih di bawah 2 % sebetulnya ini masih dalam kondisi aman/wajar. Namun jika terlalu banyak dan sering karyawan keluar masuk, barulah harus diwaspadai dan dianalisa penyebabnya, khususnya karyawan yang sangat penting bagi perusahaan.

Penyebab Karyawan Kehilangan Motivasi Kerja

Menurut survey umum yang pernah saya lakukan melalui proses interview, rata-rata alasan mereka kehilangan motivasi dan memilih meninggalkan perusahaannya adalah dikarenakan:

1.         Suasana kerja yang tidak kondusif -> dari berbagai faktor/alasan misalnya: permainan politik, korupsi, dan lainnya

2.         Ketidak-cocokan: dengan atasan, sesama karyawan, jajaran direksi, dan lainnya

3.         Tidak ada jenjang karier yang jelas ke depannya

4.         Tingkat pendapatan dan fasilitas lainnya

5.         Kebijakan perusahaan yang berubah-ubah dan tidak jelas tujuan dari perubahan itu sendiri

6.         Tidak ada lagi tantangan yang berarti.

Cara Agar Karyawan Tidak Pindah

Berikut saya bagikan hal-hal yang harus dipersiapkan perusahaan untuk mempertahankan karyawannya:

1.         Ciptakan suasana yang akrab dengan membangun budaya yang saling mendukung

2.         Tetapkan standar gaji dan fasilitas yang jelas dan adil

3.         Jenjang karier yang tepat dan dilaksanakan

4.         Reward dan punishment program yang konsisten dilakukan

5.         Berikan kepercayaan kepada setiap individu dalam perusahaan

 

Inisiatif untuk membangkitkan motivasi karyawan seharusnya timbul dari pihak manajemen perusahaan terlebih dahulu dan mendidik karyawannya untuk bisa mandiri dan menjaga konsistensi semangat kerjanya untuk memastikan kontribusi yang diberikan maksimal.

Itulah mengapa sebuah perusahaan perlu untuk mempertahankan karyawannya, terutama karyawan potensial mereka. Beberapa poin penting di atas perlu dipertimbangkan manajer agar tidak kehilangan aset pentingnya. Salam sukses! (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Mengapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawannya ?"