Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat
Membangun
Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat - Di kehidupan
sehari-hari, mungkin Anda tidak sadar sedang melakukan kegiatan strategi pemasaran (marketing strategy). Misalnya Anda mulai menjual barang bekas yang
sudah tak terpakai atau Anda memberikan jasa keahlian untuk membantu orang
lain. Bahkan saat melakukan pendekatan dengan seseorang yang disukai pun itu
secara tidak sadar Anda telah melakukan Marketing Strategy.
Marketing Strategy ini sebenarnya salah satu
dari bagian rumus worksheet business. Sebuah tabel yang perlu
diisi oleh siapa pun yang menjalankan bisnis, baik online maupun offline. Worksheet
business ini penting kehadirannya sebagai peta dan petunjuk bagi
pebisnis mana pun yang ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya.
Nah,
sebenarnya startegi pemasaran ini hanyalah salah satu bagian dari strategi
bisnis. Bila Anda ingin membangun bisnis agar sukses dan lebih besar lagi maka
Anda wajib memahami bagaimana seorang pengusaha menerapkan startegi bisnisnya.
Langkah pertama, mari berkenalan dengan apa
itu Bisnis Strategy, Brand Strategy, dan Marketing Strategy. Tiga point ini
menjadi hal paling utama yang perlu pebisnis kenali dan tentukan apa saja
isinya.
Apa Itu Bisnis Strategy?
Startegi
bisnis merupakan hal dasar yang harus kita pahami terlebih
dahulu sebelum memulai berbisnis. Di antaranya, Anda harus menganalisis
terlebih dahulu terhadap produk yang hendak ditawarkan, apakah produk itu dibutuhkan calon pelanggan
Anda, apakah mereka mampu membelinya, apakah harga yang Anda tawarkan nantinya
masuk akal menurut mereka, menganalisis market secara
luas, peka terhadap kompetitor lain, mengantispiasi hambatan yang mungkin
terjadi, dan merencanakan keuntungan yang ingin diraih.
Kemudian baru dirancang sistem kerja manajemen
bisnisnya. Perancangan sistem kerja haruslah sistematis, praktis, dan jelas.
Mulai dari perencanaan produk berkualitas, yang memiliki keunggulan lebih
dibandingkan produk lain. Cermat dalam mengetahui laju perkembangan market atau
kompetitor lain. Juga, harus memiliki perencanaan terhadap target customers yang jelas dan sesuai. Agar bisa menghasilkan goal berupa income yang
terus meningkat.
Apa Itu Brand Strategy?
Brand Strategy ini berfungsi untuk
mempromosikan produk kepada market secara luas dan calon customers, melalui berbagai sosial media. Promosi produk di berbagai sosial
media akan disesuaikan dengan target market atau calon customers yang dituju.
Dalam membangun
strategi merek
yang tepat harus memperhatikan karakteristik produk dan perusahaan, lalu
bagaimana memilih cara mengkomunikasikan karakter itu kepada konsumen.
Selanjutnya, program promosi harus dilakukan
untuk memasarkan produk tersebut. Anda bisa tentukan media yang sesuai, lalu
berikan promosi (bisa berupa copywrite, foto, video,
gambar, artwork). Hal ini harus dilakukan secara detail dan
‘matang’, agar ‘pesan’ promosi dapat dipahami oleh calon customers.
Calon customers yang tertarik dan merespons produk tersebut,
menunjukkan Brand Strategy dari bisnis anda berhasil. Bahwa, ‘pesan’ dari
promosi produk tersebut berhasil dipahami dan direspon oleh calon costumers. Hal
tersebut merupakan ‘citra’ yang dibangun untuk membuat persepsi dari costumers.
Apa Itu Marketing Strategy?
Marketing Strategy merupakan metode pemasaran
produk dalam suatu bisnis. Anda bisa menentukan sosial media mana yang cocok
dalam pemasaran produk. Bisa paid atau berbayar (ppc google,
ppc facebook, pasang iklan di media, dll). Bisa juga free dari
orang yang melakukan review/reblog/retweet/regram produk di
(blog, twitter, instagram, dll) atau bisa free dari orang yang
share produk di sosial medianya. Adapula own, Anda bisa
memasarkan produk di website atau blog sendiri, tanpa harus mengeluarkan biaya.
Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan target market atau customers yang
ingin dicapai.
Setelah itu, penentuan channel pemasaran
produk di sosial media. Yakni menggunakan channel pemasaran melalui (search di google, email,
SMS/BBM/Line, dll). Selanjutnya, strategi pemasaran produk melalui pendekatan
kepada customers harus ditentukan.
Tentukan target customers terlebih
dahulu, pilih sosial media dan channel pemasaran yang sesuai, lalu lakukan
strategi promosi (bisa berupa copywrite, foto, video,
gambar, artwork). Misalnya, customers anda remaja dan
media promosi melalui facebook. Anda harus melakukan strategi promosi
berupa copywrite dengan gaya bahasa ringan. Ditambah dengan
foto, video, atau artwork yang menarik. Strategi tersebut akan
membuat customers anda merespon dan tertarik.
Apakah kini sudah memutuskan apa saja yang menjadi
Bisnis Strategy, Brand Strategy, dan Marketing Strategy sebagai langkah awal
mendapatkan sukses dalam bisnis Anda?. Raih keuntungan dari marketing strategy dan dua
langkah pertama lainnya ini semoga bisa menjadi panduan awal berbisnis Anda.
Demikianlah
panduan awal membangun bisnis dengan strategi bisnis yang tepat. Semoga
bermanfaat (bisnisan.id).


Posting Komentar untuk "Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat"