Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat

Daftar Isi [Tampil]

 

Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat

Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat - Di kehidupan sehari-hari, mungkin Anda tidak sadar sedang melakukan kegiatan strategi pemasaran (marketing strategy). Misalnya Anda mulai menjual barang bekas yang sudah tak terpakai atau Anda memberikan jasa keahlian untuk membantu orang lain. Bahkan saat melakukan pendekatan dengan seseorang yang disukai pun itu secara tidak sadar Anda telah melakukan Marketing Strategy.

Marketing Strategy ini sebenarnya salah satu dari bagian rumus worksheet business. Sebuah tabel yang perlu diisi oleh siapa pun yang menjalankan bisnis, baik online maupun offline. Worksheet business ini penting kehadirannya sebagai peta dan petunjuk bagi pebisnis mana pun yang ingin sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Nah, sebenarnya startegi pemasaran ini hanyalah salah satu bagian dari strategi bisnis. Bila Anda ingin membangun bisnis agar sukses dan lebih besar lagi maka Anda wajib memahami bagaimana seorang pengusaha menerapkan startegi bisnisnya.

Langkah pertama, mari berkenalan dengan apa itu Bisnis Strategy, Brand Strategy, dan Marketing Strategy. Tiga point ini menjadi hal paling utama yang perlu pebisnis kenali dan tentukan apa saja isinya.

Apa Itu Bisnis Strategy?

Startegi bisnis merupakan hal dasar yang harus kita pahami terlebih dahulu sebelum memulai berbisnis. Di antaranya, Anda harus menganalisis terlebih dahulu terhadap produk yang hendak ditawarkan, apakah produk itu dibutuhkan calon pelanggan Anda, apakah mereka mampu membelinya, apakah harga yang Anda tawarkan nantinya masuk akal menurut mereka, menganalisis market secara luas, peka terhadap kompetitor lain, mengantispiasi hambatan yang mungkin terjadi, dan merencanakan keuntungan yang ingin diraih.

Kemudian baru dirancang sistem kerja manajemen bisnisnya. Perancangan sistem kerja haruslah sistematis, praktis, dan jelas. Mulai dari perencanaan produk berkualitas, yang memiliki keunggulan lebih dibandingkan produk lain. Cermat dalam mengetahui laju perkembangan market atau kompetitor lain. Juga, harus memiliki perencanaan terhadap target customers yang jelas dan sesuai. Agar bisa menghasilkan goal berupa income yang terus meningkat.

Apa Itu Brand Strategy?

Brand Strategy ini berfungsi untuk mempromosikan produk kepada market secara luas dan calon customers, melalui berbagai sosial media. Promosi produk di berbagai sosial media akan disesuaikan dengan target market atau calon customers yang dituju.

Dalam membangun strategi merek yang tepat harus memperhatikan karakteristik produk dan perusahaan, lalu bagaimana memilih cara mengkomunikasikan karakter itu kepada konsumen.

Selanjutnya, program promosi harus dilakukan untuk memasarkan produk tersebut. Anda bisa tentukan media yang sesuai, lalu berikan promosi (bisa berupa copywrite, foto, video, gambar, artwork). Hal ini harus dilakukan secara detail dan ‘matang’, agar ‘pesan’ promosi dapat dipahami oleh calon customers. 

Calon customers yang tertarik dan merespons produk tersebut, menunjukkan Brand Strategy dari bisnis anda berhasil. Bahwa, ‘pesan’ dari promosi produk tersebut berhasil dipahami dan direspon oleh calon costumers. Hal tersebut merupakan ‘citra’ yang dibangun untuk membuat persepsi dari costumers.

Apa Itu Marketing Strategy?

Marketing Strategy merupakan metode pemasaran produk dalam suatu bisnis. Anda bisa menentukan sosial media mana yang cocok dalam pemasaran produk. Bisa paid atau berbayar (ppc google, ppc facebook, pasang iklan di media, dll). Bisa juga free dari orang yang melakukan review/reblog/retweet/regram produk di (blog, twitter, instagram, dll) atau bisa free dari orang yang share produk di sosial medianya. Adapula own, Anda bisa memasarkan produk di website atau blog sendiri, tanpa harus mengeluarkan biaya. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan target market atau customers yang ingin dicapai.

Setelah itu, penentuan channel pemasaran produk di sosial media. Yakni menggunakan channel pemasaran melalui (search di google, email, SMS/BBM/Line, dll). Selanjutnya, strategi pemasaran produk melalui pendekatan kepada customers harus ditentukan.

Tentukan target customers terlebih dahulu, pilih sosial media dan channel pemasaran yang sesuai, lalu lakukan strategi promosi (bisa berupa copywrite, foto, video, gambar, artwork). Misalnya, customers anda remaja dan media promosi melalui facebook. Anda harus melakukan strategi promosi berupa copywrite dengan gaya bahasa ringan. Ditambah dengan foto, video, atau artwork yang menarik. Strategi tersebut akan membuat customers anda merespon dan tertarik.

Apakah kini sudah memutuskan apa saja yang menjadi Bisnis Strategy, Brand Strategy, dan Marketing Strategy sebagai langkah awal mendapatkan sukses dalam bisnis Anda?. Raih keuntungan dari marketing strategy dan dua langkah pertama lainnya ini semoga bisa menjadi panduan awal berbisnis Anda.

Demikianlah panduan awal membangun bisnis dengan strategi bisnis yang tepat. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Membangun Bisnis Dengan Strategi Bisnis yang Tepat"