Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pentingnya Penghargaan Bagi Karyawan

Daftar Isi [Tampil]

 

Manfaat Pentingnya Penghargaan Bagi Karyawan

Manfaat Pentingnya Penghargaan Bagi Karyawan - Perlu kita sadari bahwa yang menjadi kebutuhan dasar dari manusia salah satunya adalah ingin dihargai dan itu sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Seperti yang ada dalam teori Abraham Maslow berpendapat bahwa semua manusia mempunyai kebutuhan dasar umum yang terdiri dari beberapa tingkatan :

1.      Kebutuhan fisik, kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup seperti : Makanan, tidur, cairan dll.

2.      Kebutuhan rasa aman, kondisi dimana seseorang merasa aman.

3.      Kebutuhan mencintai, kebutuhan akan rasa cinta, sayang dan memiliki.

4.      Kebutuhan harga diri, kondisi dimana orang merasa puas akan dirinya, bangga dan merasa dihargai.

5.      Kebutuhan perwujudan diri, kebutuhan untuk berkembang dan berubah, dan memiliki masa depan.

 

Tentu di dalam perusahaan ada suatu target/tujuan yang hendak dicapai. Untuk mendorong akan motivasi karyawan maka perusahaan menyiapkan suatu reward atau penghargaan kepada karyawan yang mencapai target yang telah ditetapkan.

Banyak cara yang dilakukan : untuk hal yang sederhana adalah seorang atasan dapat memberikan suatu pujian kepada bawahannya yang telah bekerja dengan maksimal dan mencapai akan target pekerjaannya. Cara yang kedua adalah dengan memberikan penghargaan (reward) berupa barang, dan yang ketiga pemberian reward berupa uang atau sering kali disebut dengan Insentif.

Tetapi tidak semua pemberian insentif ini memiliki dampak yang positif, tetapi ada di beberapa perusahaan yang dapat mengakibatkan kegagalan/tidak berhasil karena memang pemberian insentif itu kurang terencana dengan baik, fungsi dari atasan/pimpinan dalam pemberian instruksi atau arahan salah/kurang tepat sasaran dan juga apabila karyawan bekerja hanya untuk insentif saja, itu dapat mengakibatkan karyawan tidak bekerja dengan maksimal.

Ada cerita yang pernah terjadi di salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang property. Dimana karyawan bekerja berdasarkan apa yang dia dapat sehingga ketika dia tahu untuk menghandle katakanlah sebuah proyek/pekerjaan maka selalu orientasinya kepada uang.

Memang insentif semata-mata dilakukan agar dapat mendorong karyawan agar dapat bekerja dengan maksimal, memang sebenarnya  bukan itu yang menjadi patokan untuk pencapaian sebuah target tetapi cara ini merupakan hal yang efektif sekali untuk meningkatkan motivasi karyawan. Karena memang sudah terbukti di banyak perusahaan.


Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat pentingnya penghargaan / reward bagi karyawan. Semoga bermanfaat dan salam sukses (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Manfaat Pentingnya Penghargaan Bagi Karyawan"