Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif

Daftar Isi [Tampil]

 

Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif

Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif – Kemampuan melakukan kolaborasi, yaitu bekerja bersama untuk menghadapi tantangan yang kompleks adalah keterampilan utama yang dibutuhkan dalam berbagai profesi. Sebuah tim adalah unit dari dua orang atau lebih yang berbagi misi dan tanggung jawab untuk bekerja untuk mencapai tujuan mereka.

Di jaman serba digital ini tim tidak harus berasal dari tempat kerja yang sama, bisa jadi beberapa tim bertemu dan bekerja sama secara langsung, ada juga tim virtual, yang anggotanya bekerja di lokasi yang berbeda dan berinteraksi melalui satu atau lebih saluran digital.

Tim sering menjadi inti dari manajemen partisipatif, upaya untuk melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Beberapa perusahaan menampilkan tim swakelola yang tidak memiliki manajer, dan yang lain bahkan bereksperimen tanpa manajer tradisional sama sekali.

Dari sedikit uraian di atas Anda mungkin sudah menebak apa saja yang menjadi manfaat kerja tim, serta apa pula yang menjadi tantangannya. Apa saja manfaat atau keuntungan kerja tim ?

Manfaat Kerja Tim

Tim dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan atau organisasi maupun individu yang bekerja dalam sebuah tim, beberapa manfaat itu diantaranya adalah sebagai berikut:

·        Lebih banyak informasi dan pengetahuan. Dengan mengumpulkan pengalaman beberapa individu, sebuah tim memiliki akses ke lebih banyak terhadap informasi selama proses pengambilan keputusan.

·        Kesempatan belajar. Tim yang menyatukan orang-orang dengan berbagai spesialisasi pekerjaan memberikan setiap individu kesempatan untuk saling belajar satu sama lain.

·        Keberanian. Orang-orang yang mungkin ragu untuk mengambil risiko yang diperhitungkan sendiri mungkin lebih bersedia untuk mengambil langkah berani sebagai bagian dari tim.

·        Akuntabilitas. Kebanyakan orang ingin menghindari mengecewakan orang lain, dan berpartisipasi dalam tim menciptakan rasa tanggung jawab yang tertanam kepada orang lain.

·        Membangun kepercayaan. Bekerja sama dalam tim memungkinkan orang mengembangkan kepercayaan pada rekan kerja mereka, yang juga dapat bermanfaat di luar batas aktivitas tim.

·        Jangkauan sudut pandang yang lebih luas. Tim yang beragam khususnya dapat membawa berbagai perspektif yang meningkatkan pengambilan keputusan.

·        Dukungan untuk solusi yang dibuat oleh tim. Mereka yang berpartisipasi dalam membuat keputusan lebih mungkin untuk mendukungnya dan mendorong orang lain untuk menerimanya.

·        Peningkatan kinerja. Tim yang efektif bisa lebih baik daripada individu dengan kinerja terbaik dalam memecahkan masalah yang kompleks.

·        Rasa kebersamaan di saat-saat baik maupun buruk. Berada di tim membantu individu berbagi dalam kebahagiaan suatu keberhasilan dan memberikan dukungan emosional selama periode yang kurang baik.

 

 

Kelemahan Kerja Tim

Meskipun kerja tim memiliki banyak manfaat dan keuntungan, tim perlu menyadari dan berusaha untuk mengatasi potensi kelemahan-kelemahan kerja tim berikut ini :

·        Pemikiran kelompok atau Groupthink. Seperti struktur sosial lainnya, tim bisnis dapat menghasilkan tekanan yang luar biasa untuk menyesuaikan diri. Groupthink terjadi ketika tekanan teman sebaya menyebabkan anggota tim secara individu menahan pendapat yang bertentangan dan mengikuti keputusan yang tidak benar-benar mereka yakini. Konsekuensi dari groupthink biasanya adalah pekerjaan yang terasa hambar, tidak imajinatif hingga masalah langsung yang ada di lapangan.

·        Agenda tersembunyi. Beberapa anggota tim mungkin memiliki agenda tersembunyi, yaitu motif pribadi yang kontraproduktif, seperti keinginan untuk mengendalikan kelompok, melemahkan orang lain dalam tim, atau mengejar tujuan yang tidak sesuai dengan cita-cita bersama.

·        Biaya. Menyelaraskan jadwal, mengatur pertemuan, dan mengoordinasikan bagian-bagian individual dari suatu proyek dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

·        Kelebihan beban atau overload. Beberapa perusahaan ada yang menganut pendekatan kerja kolaboratif sedemikian rupa sehingga mereka membebani karyawan dengan tugas tim yang melampaui batas kemampuan individu secara normal. Kalaupun mampu hanya akan bersifat jangka pendek.

 

Karakteristik Tim Yang Efektif

Ada berbagai macam faktor dapat mempengaruhi keberhasilan tim, tetapi beberapa hal berikut ini adalah yang paling umum dan signifikan yang telah diidentifikasi oleh para peneliti hali :

1.      Memiliki kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama dan nilai-nilai yang kompatibel

2.      Adanya tujuan yang jelas (terukur) dan menantang

3.      Keyakinan akan nilai upaya tim

4.      Kontribusi yang seimbang dari orang-orang yang dapat memberikan wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan

5.      Norma perilaku positif yang mempromosikan keamanan psikologis, mendorong orang untuk berbagi informasi, mengusulkan ide yang belum terbukti, dan mengungkapkan kerentanan tanpa takut akan akibatnya

6.      Kesediaan untuk menempatkan kebutuhan tim di atas kebutuhan individu

7.      Komunikasi yang terbuka dan jujur Perhatikan bagaimana semua sifat ini bergantung pada komunikasi, baik dalam informasi yang dibagikan maupun cara orang berinteraksi satu sama lain.

 

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja manfaat kerja tim dan karakteristik tim yang efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di bahasan menarik lainnya (bisnisan.id).

 

 

Posting Komentar untuk "Manfaat Kerja Tim dan Karakteristik Tim Yang Efektif"