Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Cara Mempengaruhi Orang Lain, Pemimpin Wajib Tahu !

Daftar Isi [Tampil]

 

Kunci Cara Mempengaruhi Orang Lain, Pemimpin Wajib Tahu !

Kunci Cara Mempengaruhi Orang Lain - Banyak orang mempertanyakan bagaimana dapat mempengaruhi orang lain, contohnya ketika seseorang baru masuk ke sebuah perusahaan dan telah melihat banyak hal yang perlu diperbaiki. Namun ketika mencoba menyampaikan ide maka tidak ada yang terpengaruh.

Bagaimana saya bisa menggunakan pengaruh saya lebih efektif. Beberapa tahun yang lalu, J. Oswald Sanders mendefinisikan kepemimpinan dengan satu kata. Kata itu adalah "pengaruh." Hal ini benar. Kepemimpinan adalah pengaruh.

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa kita mempengaruhi tangan dari banyak orang setiap hari. Mungkin sesederhana mempengaruhi seseorang di tempat kerja untuk pergi makan siang di restoran xyz atau sama pentingnya dengan mempengaruhi putri remaja Anda tidak mendapatkan obat-obatan. Karena pengaruh kepemimpinan maka bagaimana kita melakukannya?

Kunci kepemimpinan dapat disimpulkan melalui perkataan Presiden Dwight D. Eisenhower yang menggambarkan kepemimpinan sebagai "seni mendapatkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukan karena dia ingin melakukannya."  Bagaimana mempengaruhi seseorang untuk melakukan seperti ini?  Kuncinya untuk mempengaruhi orang lain adalah: motivasi.

Banyak yang mengatakan bahwa  kita harus logis meyakinkan seseorang akan sesuatu jika kita mempengaruhi mereka.  Ada dua langkah untuk memotivasi seseorang. Hal pertama adalah orang dimotivasi oleh emosi mereka, bukan logika mereka. Untuk benar-benar mempengaruhi, Anda harus dapat membuat  orang bergairah tentang apa yang Anda bicarakan atau arah yang Anda ingin mereka pergi.

Pikirkan sejenak. Apakah Anda pernah berjalan ke sebuah supermarket? Lalu ada sebuah benda yang paling menarik perhatian Anda, katakanlah itu adalah sebuah televisi 50 inch yang anda idamkan, Anda sangat menginginkannya! Gairah Anda (bukan logika) yang akan  memimpin motivasi Anda untuk bertindak.

Namun hal yang kedua adalah logika. Bila Anda bersemangat menginginkan sesuatu, maka Anda harus meyakinkan pikiran Anda  sendiri bahwa Anda membutuhkannya dan perlu mengambil tindakan. Hal ini merupakan peran penting dari logika.   Orang-orang pertama dipengaruhi emosi, kedua logika.

Selanjutnya maka Anda perlu untuk memimpin individu atau kelompok dalam suatu arah tertentu, berpikir terlebih dahulu tentang bagaimana Anda secara emosional dapat terhubung dengan mereka, kemudian kembali ke atas dengan logika. Contoh sederhana adalah meyakinkan keluarga Anda untuk menyetujui membeli televisi idaman Anda. Ketika Anda melakukan ini, pengaruh kita tumbuh dan memperkuat kepemimpinan kita.

Kepemimpinan bergerak melampaui posisi, hal ini  mendefinisikan pemimpin, untuk melihat kemampuan pemimpin untuk mempengaruhi orang lain - baik mereka yang menganggap diri pengikut maupun orang-orang di luar lingkar internal. Kemampuan mempengaruhi ini  juga membangun karakter kepemimpinan walaupun secara tidak langsung, melalui mempertahankan integritas dan kepercayaan (Real Trust).

Judith Germain dengan gaya kepemimpinannya yang keras menyatakan bahwa membangun dan meningkatkan reputasi adalah komponen kunci dalam model kepemimpinan. Semua karakteristik kepemimpinan  dipengaruhi oleh komponen ini. Judith selalu berpikir kepemimpinan sebagai pengaruh terpercaya dan kunci untuk kepemimpinan yang nyata adalah untuk memastikan bahwa Anda berpegang pada  kepercayaan  dan tanggung jawab dan Anda menggunakan pengaruh Anda pada pengikut Anda agar mereka memberi Anda kesempatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang transparan dan memiliki integritas.

Reputasi dan kredibilitas adalah sifat-sifat penting untuk kepemimpinan. Kepercayaan inilah yang mendorong kita dalam pekerjaan yang kita lakukan.  Keahlian pemimpin berfokus pada kemampuan berorganisasi untuk memanfaatkan kreativitas dan ketegangan yang mereka ciptakan. Organisasi harus mendorong karyawan untuk menunjukkan ada sifat-sifat positif maverick, untuk menantang status quo untuk kepentingan perusahaan.

Untuk mengumpulkan pengaruh secara terus menerus, individu perlu memiliki kredibilitas, reputasi, sebuah Kecerdasan Sosial yang tinggi dan kecerdasan Emotional Intelligence, fleksibilitas dan integritas. Mereka perlu memahami dan bekerja melalui model Kepemimpinan.

Mengembangkan bakat kepemimpinan adalah sebuah konsep yang kompleks. Definisi kita tentang kepemimpinan adalah - itu sama dengan PENGARUH, dimana semua adalah tentang dipercaya, reputasi dan keahlian.

Nah, itulah kunci dalam mempengaruhi orang lain. Seorang pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi orang lain sehingga mampu mengendalikan organisasi secara lebih efektif dan efisien dalam mencapai visi dan misinya. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Kunci Cara Mempengaruhi Orang Lain, Pemimpin Wajib Tahu !"