Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang perlu dilakukan Freelancer Saat Paypal Diblokir

Daftar Isi [Tampil]

 Hal yang perlu dilakukan Freelancer Saat Paypal Diblokir




Sejak tanggal 30 Juli 2022 lalu pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika melakukan pemblokiran terhadap beberapa layanan internet termasuk Paypal. Hal ini dilakukan karena Paypal belum mendaftar pada Sistem Elektronik Indonesia. Bukannya mendapat respon positif, kebijakan ini malah menuai kritikan karena berdampak pada aktivitas transaksi pekerja internet seperti Streamer, Desainer Grafis dan Influencer. Mereka selama ini menyimpan pembayarannya pada platform Paypal.


Menyikapi kondisi Paypal yang masih Diblokir, ada beberapa hal perlu dipertimbangkan pengguna agar uang aktivitas digital yang dilakukan tetap berjalan lancar:



Gunakan platform penyimpanan uang digital lain


Selama masalah antara Menkominfo dan Paypal belum clear, pengguna bisa mencari platform alternatif lain untuk menyimpan uangnya. Anda jangan khawatir karena ada banyak sekali platformnya yang tentunya memiliki fungsi yang sama dengan paypal.


Alternatif pengganti Paypal seperti xendit yang bisa dipakai untuk mengirimkan/menerima uang dalam lingkungan internasional. Atau bisa juga menggunakan TransferWise yang legalitasnya diakui bank Indonesia.


Segera pindahkan dari Paypal


Setelah mengetahui platform alternatif penyimpanan uang digital, selanjutnya adalah segera memindahkan uang dari Paypal pada platform tujuan. Untuk tenggat waktu yang diumumkan Menkominfo adalah 5 Hari, jadi anda masih punya waktu untuk memindahkan uang.


Pastikan alamat penerima uang sudah benar, karena salah 1 angka/kode saja bisa berakibat pengiriman batal. Uang dari Paypal juga bisa dikirim ke rekening Bank yang ada di Indonesia.


Hindari Memakai VPN Gratis


Sudah menjadi rahasia umum ada beberapa pengguna internet memakai VPN agar bisa membuka Paypal meski Diblokir. Namun apakah anda Tahu bahwa penggunaan VPN Gratis bisa berbahaya. Bisa dalam VPN terdapat Malware yang bisa merusak data pribadi, VPN Gratis biasanya juga memiliki sistem keamanan yang rendah yang memungkinkan data pengguna disalahkan gunakan.


Dan dampak terparahnya bisa berakibat pada akun Paypal yang disuspen karena pihak Paypal bisa curiga terhadap No IP yang berubah secara cepat.


Pakai DNS Google


Jangan khawatir bila takut menggunakan VPN gratis untuk membuka Paypal. Para pekerja digital Masih bisa menggunakan DNS Google.


Hal ini juga disarankan oleh pakar keamanan cyber, Alfons tanujaya. Ia menyarankan agar browser menggunakan DNS Google dengan kode ( 8.8.8.8) atau cloudfare ( 1.1.1.1). Agar lebih aman selalu aktifkan autentikasi 2 faktor dan yang terakhir pilihlah VPN Berbayar karena sudah terjamin keamanannya.


Dengan cara sudah dijelaskan diatas, dana yang disimpan pada Paypal akan lebih aman dari segala tindak kriminalitas cyber.



Posting Komentar untuk "Hal yang perlu dilakukan Freelancer Saat Paypal Diblokir"