Contoh Sukses Perusahaan Yang Melakukan Strategi Merek Dalam Pemasaran
Contoh Sukses Perusahaan Yang
Melakukan Strategi Merek – Kali ini
kita akan menggunakan contoh keberhasilan strategi merek terkenal. Merek-merek terkenal merupakan tambang uang yang luar biasa
besar.
Merek besar sukses lantaran berhasil
membangun kepercayaan di hati konsumennya. Mereka tidak hanya melakukan branding tanpa isi, tapi branding dengan karakter. Ada sesuatu
yang merek-merek itu berikan kepada pelanggannya sehingga memberi nilai tambah
dalam relasi antara merek dengan pelanggannya.
Situs Entrepreneur.com bekerjas ama dengan Values
Institutes mengkaji rahasia-rahasia di balik kesuksesan merek-merek itu
membangun kepercayaan konsumen. Studi dilakukan pada ranah relasi merek dengan
konsumennya.
Contoh Sukses Strategi Merek Terkenal Dalam Pemasaran
Berikut adalah 10 rahasia yang ditemukan di
balik kesuksesan merek
terkenal dalam membangun kepercayaan konsumen.
Sentuhan Personal Ala Amazon
Salah satu contoh merek yang sukses dalam
melakukan personalisasi adalah Amazon. Amazon dikenal
sebagai situs belanja yang piawai melakukan kustomisasi terhadap kebutuhan
pelanggan. Setiap pelanggan yang terdaftar di Amazon akan diperlakukan sesuai
dengan kebutuhan dan karakternya.
Langkah memberikan rekomendasi produk tertentu
kepada pelanggan dengan kebutuhan tertentu dilakukan oleh Amazon. Dengan
personalisasi dan kustomisasi ini, pelanggan merasa diperlakukan dengan baik
dan intim. Dan, strategi ini pun mampu mendorong terjadinya pembelian. Masa
depan bisnis web adalah personalisasi.
Menjual Kebahagiaan Cara Coca-cola
Coca-Cola menjadi merek yang dikenal jago
dalam “menjual” kegembiraan dalam hidup. Beberapa iklannya menampilkan
sportivitas, keriangan, kesegaran, dan sebagainya.
Sebut saja tema “Ice-Cold Sunshine, the Pause
That Refreshes, Life Tastes Good,” dan sebagainya. “Segala hal yang mereka
lakukan selalu dilandasi dengan ide bagaimana melakukan promosi dengan
membangun dan menciptakan kebahagiaan,” kata pengarang Stengel.
Penuhi Janji kepada Konsumen Model FedEx
Kunci kesuksesan FedEx adalah kepercayaan.
Kepercayaan di sini tak lain ketika perusahaan logistik ini mampu memenuhi
janji-janjinya kepada konsumen. Pengiriman dengan ketepatan waktu, keamanan
barang, dan layanan antar yang memuaskan menjadi janji-janji yang wajib
dipenuhi perusahaan itu. Kepercayaan menjadi penting mengingat pelanggan bukan
sekadar angka, tapi manusia yang bisa menagih janji.
Jaga Agar Tetap Elegan dan Fun seperti Apple
Sukses menjalankan
strategi merek dalam pemasaran, Apple menjadi contoh pas
dalam hal ini. Dari sisi ritel, Apple dikenal dengan layanan yang cool dan
empatik. Apple merekrut orang-orang yang memiliki empati tinggi yang bisa
bekerja sama dan membangun transparansi di depan pelanggannya.
Apple selalu mengusung ritel dengan konsep
untuk “menunjukkan” (show), dan bukan sekadar “mengatakan” (tell).
Itulah filosofi ritel dari merek besutan mendiang Steve Jobs tersebut.
Beri Pengalaman Konsumen
Mungkin sangat melupakan Target sebagai sebuah
merek ritel diskon. Tapi, pengalaman yang mereka “jual” bakal tidak terlupakan.
Target dikenal sebagai ritel yang jago dalam memberi sentuhan pengalaman dari
setiap produk, layanan, maupun gerainya.
“Target membuat upaya nyata untuk memberikan
pengalaman menyenangkan bagi para pembelanja. Sementara, ia juga memberikan
kualitas dan harga produk yang memikat,” kata konsultan merek Rob Frankael.
Konsisten Ala Ford
Di tengah dunia yang serba berubah cepat,
produsen mobil kelas dunia Ford senantiasa mengandalkan proses branding yang
konsisten. Banyak orang mengagumi Ford karena konsistensinya, baik dalam
strategi merek, strategi produk, maupun eksekusi pemasarannya. Ford juga
senantiasa mendengarkan dan melakukan apa yang menjadi kebutuhan dari
pelanggannya.
Pesan Aspirasional Nike
Di situs webnya, Nike mendeklarasikan misinya
untuk membawa inspirasi dan inovasi kepada setiap atlet di seluruh dunia. “Bila
Anda memiliki tubuh, Anda adalah seorang atlet” demikian pesan tandas Nike.
Salah satu kekuatan Nike adalah pesan aspirasionalnya.
Pesan motivasional ini cukup berdampak pada
emosional penggunanya. “Nike senantiasa fokus pada konsumennya. Pesan
pemberdayaan sangat kuat, termasuk pesan Just Do It yang fenomenal itu,” kata
Kevin Lane Keller, Profesor Pemasaran di Tuck School of Business di Darmouth
College.
Membangun Koneksi Akrab Model Starbuck
Konsumen sekarang memiliki kebutuhan untuk
saling terhubung dengan konsumen lainnya. Kebutuhan akan interaksi inilah yang
ditangkap oleh produsen kopi Starbucks. Starbucks berupaya memenuhi kebutuhan
akan interaksi tersebut. Misalnya, Starbucks memberikan jaringan Internet
gratis di setiap gerainya.
Starbucks juga membangun gerai yang lebih
besar untuk memenuhi kebutuhan akan ruang pertemuan, diskusi, maupun
berjejaring di antara para pelanggannya. “Pergilah ke gerai Starbucks. Dan, di
sana bisnis terjadi dan orang-orang saling berbagi. Setiap hal di sana adalah
perkara koneksi, penemuan, inspirasi, dan kreasi,” kata penulis Stengel.
Melayani Secara Unik Seperti Southwest Airlines
Layanan unik akan menjadi daya tarik
tersendiri bagi konsumen. Southwest Airlines, misalnya, memiliki layanan selama
penerbangan yang unik untuk menciptakan pengalaman konsumen. “Southwest menjadi
merek dalam industri penerbangan yang independen yang mendobrak norma-norma
dalam industri tersebut,” kata Tim Calkins dari Northwestern University’s
Kellog School of Management.
Fokus pada Konsumen ala Nordstrom
Fokus pada konsumen menjadi salah satu faktor
sebuah layanan dan produk akan kuat. Nordstrom menjadi salah satu merek ritel
yang cukup getol dalam melakukan hal tersebut. Dalam sebuah survei, Nordstrom
menempati posisi teratas sebagai perusahaan yang peduli pada konsumennya.
Dengan 230 gerai, Nordstrom aktif melakukan layanan memikat.
Demikianlah
beberapa contoh sukses perusahaan yang melakukan strategi
merek dalam pemasaran.
Merek-merek tersebut adalah merek besar yang sudah eksis lama, dan sampai saat ini
sebagian bsear dari mereka masih menjadi leader. Semoga bermanfaat, sampai
jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Contoh Sukses Perusahaan Yang Melakukan Strategi Merek Dalam Pemasaran"