Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Atasan yang Disegani Bawahan

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Menjadi Atasan yang Disegani Bawahan

Cara Menjadi Atasan yang Disegani Bawahan - Sebagai seorang atasan atau Manager ini saatnya anda mengetahui apakah anda adalah atasan yang dicintai bawahan atau ditakuti. Apakah kehadiran anda di kantor dibutuhkan atau bawahan anda berharap anda jangan masuk hari itu. Inilah saatnya anda untuk bercermin.

Mulailah memperhatikan ucapan anda kepada bawahan anda, apakah anda juga adalah orang yang mempertanggungjawabkan perkataan anda kepada bawahan atau orang lain, atau anda seorang yang suka berdalih atas statement yang pernah anda keluarkan sendiri. Jika anda melihat bawahan anda kurang respek pada anda, atau instruksi anda sering kali diabaikan, instrospeksi diri anda bisa saja itu bukan seluruhnya kesalahan bawahan anda.

Bisa jadi anda sering menimbulkan ketidaknyamanan bawahan anda. Misalnya saja anda mengharapkan bawahan anda kreatif seharusnya yang dilakukan adalah menggali potensi yang ada padanya daripada memaki atas kekurang-inisiatifannya sehingga membuat bawahan itu menjadi frustasi. Jagalah perasaan bawahan anda sehingga mereka tetap memiliki antusias untuk bekerja.

Jika anda berharap bawahan anda mampu mengemukakan ide-idenya berikan penghargaan ketika ia memberikan ide sekalipun kurang tepat daripada anda mencela ide yang disampaikannya. Bagaimana mau kreatif jika salah memberikan pendapat langsung dicela. Berikan reward bagi ide yang mampu meningkatkan penjualan.

Kepemimpinan merupakan unsur yang penting di dalam sebuah perusahaan. Setiap pemimpin pasti memiliki gayanya masing-masing tetapi terlepas dari itu perhatikan kepentingan bawahan anda. Salah satu cara menjadi atasan yang disegani bawahan adalah dengan memahami perbedaan.

Setiap karyawan berbeda sehingga berbeda juga cara penanganannya, karyawan wanita bisa jadi tidak dapat ditegur dengan keras seperti karyawan pria. Atau berbeda juga cara menangani karyawan yang usianya telah paruh baya bahkan mungkin sudah lebih tua dari anda. Pastinya ketika menegur karyawan lebih tua harus ada sopan santun dalam bertata bahasa sehingga bawahan anda tidak sakit hati dan merasa diperlakukan sewenang-wenang.

Menjadi atasan bukan hanya mengharapkan tugas yang diberikan kepada karyawan dapat selesai dengan benar dan tepat waktu tetapi perhatikan hubungan kerja sama yang baik sehingga dapat meningkatkan gairah kerja. Penyelesaian tugas bukan segala-galanya, sehingga supaya tugas selesai anda menjadi pengawas bagi bawahan anda bahkan telah siap dengan segala hukuman jika terjadi pelanggaran, selalu under estimate terhadap bawahan, bahwa mereka malas atau bersantai-santai dalam bekerja.

Kenalilah bawahan anda dan berikan support dan motivasi sehingga mereka merasa dihargai dan bekerja keras dengan sukarela  maka dapatkanlah "cinta" dari mereka. Prestasi anda tidak luput dari andil bawahan anda, tanpa mereka anda bukan apa-apa.

Demikianlah ulasan sederhana mengenai bagaimana cara menjadi atasan yang disegani bawahan dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Atasan yang Disegani Bawahan"