Beberapa Pertimbangan Untuk Memilih Tempat Usaha
Beberapa Pertimbangan Untuk Memilih Tempat
Usaha - Untuk sebagian orang yang sudah lama menekuni
usaha ritel, pemilihan lokasi mungkin bukan hal yang terlalu sulit. Namun buat
yang baru mau terjun pertama kali membuka toko biasanya pemilihan lokasi akan
dilakukan dengan sangat hati-hati dan penuh pertimbangan.
Bagaimana sebaiknya memilih lokasi toko,
faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi toko? Inilah beberapa faktor pertimbangan yang perlu diperhatikan
untuk memilih tempat usaha :
1. Dekat dengan target market
Pastikan siapa target pasar produk Anda,
apakah untuk kalangan tertentu, umur tertentu, atau mungkin lebih
spesifik lagi. Satu nilai tambah untuk toko Anda, bisa menjangkau market lebih
dekat, sehingga pelanggan lebih mudah untuk mengunjungi, lebih hemat waktu serta
biaya bagi pelanggan.
2. Gampang terlihat
Bisnis ritel, apalagi distro fesyen, lokasi
yang strategis dan gampang dilihat, akan sangat memudahkan menarik pelanggan
dan meminimalisir biaya promosi. Apalagi ditambah dengan papan nama yang
mencolok, unik sekaligus eye catching.
3. Lalu Lintas
Arus lalu lalang orang atau kendaraan. Untuk
konsep toko atau distro yang menganut konsep independent store (berdiri sendiri
di luar kompleks pertokoan, pusat perbelanjaan, mal),kepadatan arus akan berpengaruh
terhadap jumlah pengunjung toko.
4. Akses
Penting juga di perhatikan arus lalu lintas
apakah satu arah atau dua arah, apakah letak toko kita ada pada sisi arah orang
pulang beraktivitas atau arah berangkat. Bagaimana pelanggan mudah mengakses menuju
toko kita, apakah ada median jalan sehingga perlu memutar balik apabila
menggunakan kendaraan.
5. Sharing area atau monopoli area
Pertimbangan pemilihan lokasi seperti ini,
sama-sama mempunyai risiko. Sharing area adalah lokasi yang kita pilih dengan alasan di
lokasi tersebut sudah ada toko sejenis atau kompetitor. Otomatis risiko memilih
lokasi seperti ini berarti kita sudah siap untuk berkompetisi dalam segala hal.
Keuntungan kita masuk di area jenis ini adalah
sudah pasti ada market, tidak perlu
mensurvei lagi, selain itu kita tidak perlu mengedukasi pasar lagi.
Sedangkan Monopoli area adalah lokasi yang
benar2 belum ada pesaing dengan risiko kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk
mempromosikan toko kita, perlu usaha, waktu dan biaya. Akan tetapi karena kita
sendiri ada di area tersebut, maka kita akan lebih leluasa untuk menetapkan
harga, menikmati margin karena relatif tidak ada kompetitor.
6. Biaya sewa
Lokasi toko yang strategis otomatis mempunyai
harga sewa yang tinggi. Bagaimana kalau selisih harganya dengan lokasi lain
yang kurang strategis cukup besar? Sepanjang selisih harganya masih tertutupi
dengan potensi yang akan didapat, lebih baik memang memilih tempat yang
strategis walaupun harga akuisisinya lebih mahal.
7. Legalitas
Aspek legal wajib diperhatikan. Jangan sampai
mengabaikan hal ini karena akan terlalu berisiko apabila kita sudah
memutuskan memilih lokasi tetapi di kemudian hari bermasalah dalam hal
perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan sekitar.
8. Lingkungan sekitar
Jenis usaha di kanan-kiri toko kita akan
sedikit berpengaruh terhadap imej dan tidak langsung mempengaruhi minat
kunjungan pelanggan. Contoh: distro akan lebih cocok di deretan usaha warnet,
game, cafe terlalu memaksakan diri apabila samping distro ada bengkel motor,
toko bangunan.
Terlepas dari hal hal tersebut di atas, faktor
insting bisnis sedikit banyak akan sangat berpengaruh dalam hal memilih lokasi
tempat usaha/toko. Semakin kita sering menjalaninya akan semakin mudah kita
untuk memilih lokasi mana yang paling cocok, sehingga meminimalisir kerugian
investasi di kemudian hari.
Demikianlah
analisis faktor-faktor dan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk memilih tempat usaha yang baik dan tepat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain
kesempatan. Salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Beberapa Pertimbangan Untuk Memilih Tempat Usaha"