Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Keuntungan Investasi Saham ? Investor Wajib Tahu !

Daftar Isi [Tampil]

 

Apa Keuntungan Investasi Saham ? Investor Wajib Tahu !

Apa Keuntungan Investasi Saham ? Investasi pasar modal bagi masyarakat Indonesia memang belum dikenal luas. Meski demikian, dari tahun ke tahun perkembangannya dinilai terus mengalami perbaikan.

Pertanyaan mendasar bagi masyarakat umum adalah bagaimana dan apa saja keuntungan berinvestasi saham di pasar modal?

Ada sejumlah keuntungan bagi masyarakat yang memiliki portofolio saham. Yang jelas setiap Anda berhak mendapatkan dividen. Selain dividen, Anda juga berhak mendapat capital gain. Sementara terakhir adalah hak mengikuti rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam forum ini, Anda bisa mengeluarkan pendapat sehingga bisa dipertimbangkan jajaran direksi dalam mengambil keputusan.

Untuk bisa memperoleh tiga kentungan tersebut ada baiknya Anda memahami dulu definisinya. Dividen adalah uang yang keluarkan perusahaan untuk dibagikan kepada para pemegang saham.

Berasal dari mana sumber pendanaan tersebut? Seluruh  perusahaan selalu memiliki tujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan. Tentu keuntungan tersebut ditujukan untuk pemegang sahamnya.

Nah bila keuntungan tersebut tidak dipakai perusahaan untuk menambah investasi, maka dana hasil keuntungan tersebut dapat dibagikan dalam bentuk dividen.

Dividen ini sangat ditunggu oleh investor jangka panjang karena sifatnya seperti bunga deposito. Dividen ini dibagikan berdasarkan kesepakatan di RUPS (rapat umum pemegang saham).

Secara umum dividen terbagi menjadi dua macam yaitu cash devidend berupa uang tunai serta stock devidend berupa saham sehingga menambah jumlah saham Anda.

Sementara capital gain adalah selisih antar harga beli dan harga jual. Contohnya Anda membeli saham di harga Rp1.000 dan kemudian Anda menjual di harga Rp1.200. Dengan selisih tersebut, maka capital gain Anda adalah Rp200.

Capital gain bisa disebut keuntungan utama yang dikejar oleh para trader atau investor jangka pendek. Sedang dividen cenderung diharapkan oleh para investor jangka panjang.

Adapun RUPS merupakan sebuah rapat bagi pemegang saham. Hanya pemilik saham yang boleh menghadiri rapat ini dan mendapat hak untuk mengeluarkan pendapat. Dalam rapat itu, manajemen menyampaikan laporan dan rencana kerja ke depan.

Dalam RUPS juga diputuskan apakah laporan manajemen dan rencana ke depan perusahaan akan diterima atau tidak. Hal lain yang tak kalah penting dalam forum RUPS adalah putusan pembagian deviden.

 

Nah, itu tadi apa apa saja yang keuntungan investasi saham. Semoga bermanfaat, salam tumbuh dan berkembang dengan berinvestasi sejak dini (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Apa Keuntungan Investasi Saham ? Investor Wajib Tahu !"