Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Konsumen Yang Tidak Menyenangkan

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Menghadapi Konsumen Yang Tidak Menyenangkan




Ada satu dari sekian banyak dari tipe Konsumen yang memerlukan kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Konsumen yang tidak menyenangkan memang sebuah hal yang tidak bisa dihindari, bila seseorang terjun dalam bisnis secara real. Tipe pelanggan ini identik dengan beragam keluhan yang harus cepat di tanggapi, bila permintaan tidak segera di indahkan mereka bisa melontarkan kritik yang pedas.


Meskipun dihadapkan dengan situasi tersebut, pengusaha tetap harus profesional dalam menyikapinya. Asalkan punya kesabaran, tipe Pelanggan yang tidak menyenangkan bisa menambah luluh.


Berikut ini adalah cara menghadapi pelanggan yang kurang menyenangkan:


Biasakan meminta maaf lebih dahulu


Kita harus berlatih menurun ego, terkadang meskipun kita tidak dalam posisi bersalah, tetap jangan sungkan untuk meminta maaf terlebih dahulu pada pelanggan. Langkah ini diperlukan untuk meredam situasi yang lebih panas. Kita harus sabar dengan komplain yang mereka lakukan dan bertindak sesuai SOP.


Baca juga: Tips Tidak Panik Saat Market Crypto Sedang Turun


Meminta Maaf nyatanya juga efektif untuk mengalihkan pembicaraan, yang awalnya ingin mengeluarkan emosi bisa terlupakan dengan pembicaraan yang lebih positif.


Jangan Menggunakan Nada Tinggi


Biasanya perasaan marah akan diikuti dengan naiknya nada suara, hal ini mungkin pernah anda temui pada tipe Konsumen yang tidak menyenangkan. Mereka kadang tidak sabar menunggu dan tidak mau mengerti situasi yang terjadi. Anda sebagai pelayan konsumen jangan ikut terpancing dengan mengeluarkan nada kemarahan yang sama.


Kuncinya adalah ketenangan, ketika pikiran jernih, kendali untuk menahan kemarahan akan muncul. Respon reaksi pelanggan dengan nada yang lembut untuk mendinginkan suasana.


Kontrol Gaya bicara


Senantiasa untuk bersikap profesional harus selalu dihayati saat berinteraksi dengan Pelanggan. Meskipun skenario buruknya bisa bertemu dengan pelanggan menjengkelkan, kita tetap bisa mengatasinya karena dari awal sudah menghayati makna " profesional".


Cerminan profesionalisme bisa kita perlihatkan dengan mengontrol gaya bahasa. Biasakan memberikan senyuman dan menyapa, karena kebiasaannya ini akan menimbulkan vibe positif dalam lingkungan kerja.


Mau mendengarkan konsumen


Dengarkan apa yang diinginkan pelanggan, bahkan untuk sesuatu yang berbau kritikan sekalipun, hal inilah yang harus dilakukan oleh pemilik usaha. Tetapi fokus untuk memberi pelayanan terbaik dengan mengkoreksi hal-hal yang memang masih perlu diperbaiki, jangan terpancing untuk melakukan sesuatu yang merugikan seperti membalas emosi pada konsumen.


Resiko munculnya konsumen menjengkelkan bisa dipersempit dengan meningkatkan mutu pelayanan. Kualitas akan membuat konsumen semakin puas dengan produk yang kita berikan.


Jangan ragu meminta saran


Bila dirasa berat menanggung beban akibat bertemu pelanggan kurang menyenangkan, kita bisa meminta bantuan teman kerja dan sejenisnya. Dukungan dari banyak orang bisa membuat kita lebih ringan mengahadapi masalah. Mereka juga memberi saran yang membantu kita lebih kuat menghadapi tuntutan konsumen.






Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Konsumen Yang Tidak Menyenangkan"