Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Copywriting Bisnis Secara Baik dan Benar

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Membuat Copywriting Bisnis Secara Baik dan Benar




Salah satu bentuk digital Marketing yang sering di masukkan pebisnis online dalam konten promosi adalah Copywriting. Baik Usaha Mikro, menengah dan Makro banyak menggunakan cara ini untuk menjaring lebih banyak konsumen.


Copywriting sendiri merupakan sebuah bentuk tulisan yang mengandung sifat ajakan/Action kepada pembacanya. Ajakan nya paling banyak berupa ajakan pembeli, daftar hingga langganan produk/jasa.


Lalu seperti apa sih cara menulis Copywriting yang baik simak ulasan berikut ini:


Pahami Produck Knowledge


Untuk membuat tulisan Copywriting yang bagus dibutuhkan pengetahuan tentang produk secara mendalam, agar tulisan yang dibuat relevant, berbobot serta menarik untuk pembacanya. Product Knowledge adalah kunci pertama untuk menghasilkan Copywriting yang kena dalam emosi pembaca. Hal ini akan berbalik bila Copywriting ditulis tanpa pengetahuan yang cukup, tulisan Menjadi hambar dan membosankan.


Untuk mendalami soal " Product Knowledge" , penulis Copywriting harus tahu fitur dasar dari sebuah produk, Fitur Istimewa dan manfaat yang diberikan pada konsumen.


Baca juga: Pertimbangkan Hal Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Tanah Di Metaverse


Menentukan Audience


Langkah selanjutnya untuk membuat Copywriting yang Bagus adalah menentukan Audience. Audience harus paham tentang maksud yang ada dalam konten tulisan.


Ada 3 faktor penting untuk penentuan audience: 

 

  • Faktor lokasi


Lokasi memegang peranan penting untuk mengidentifikasi audience. Lokasi mempengaruhi daya beli dan karakter konsumen. 


  • Usia dan Jenis Kelamin


Usia dan jenis kelamin juga menentukan dalam pengelompokan Segmentasi pasar. Karena setiap umur dan kelamin Manusia memiliki kebutuhan yang berbeda


  • Minat dan Kebiasaan


Indentifikasi audience juga bisa dilakukan dengan mengamati minat yang dimiliki konsumen. Minat tersebut bisa dijadikan bahan untuk pembuatan Copywriting.


Tulis Headline yang memancing


Headline adalah pembuka sebuah Copywriting, headline bisa memancing pembaca untuk mengetahui lebih dalam soal produk bila menarik. Meskipun hanya sepatah, dua patah kata, headline harus dipikirkan secara matang. Anda bisa memasukkan sedikit kalimat bombastis dan ajakan untuk menggerakkan emosi pembaca.


Tentukan Gaya Bahasa


Gaya bahasa memiliki banyak jenis dan pertujuannya. Ada gaya bahasa formal, santai, untuk anak muda, Orang Tua dan sejenisnya. Gaya bahasa juga menjadi unsur dalam Copywriting dan manfaatnya akan powerful bila digunakan secara bijak.


Buatlah Gaya bahasa yang sesuai Segmentasi pasar yang diinginkan. Relevansi antara pembaca dan gaya bahasa, tentu akan meningkatkan dorongan untuk melakukan tindakan, yang anda inginkan. Misalnya penjualan, daftar dan lainnya.



Storytelling


Mempraktekkan Copywriting dalam digital marketing tidaklah membosankan, karena anda bisa menggunakan unsur story telling ke dalam tulisan. Anda bisa memasukkan cerita sehari-hari sebagai pancingan, dan hubungkan cerita tersebut dengan produk yang anda jual. Storytelling membuat tulisan lebih mengalir dan tidak terkesan seperti tulisan iklan belaka.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Copywriting Bisnis Secara Baik dan Benar"