Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Menciptakan Pelanggan Loyal Di Instagram

Daftar Isi [Tampil]

 Strategi Menciptakan Pelanggan Loyal Di Instagram




Jangan ragukan lagi soal ke " powerfullan" Instagram untuk keperluan bisnis, dengan jumlah pengguna mencapai 191 Juta di Indonesia, membuat Instagram menjadi lahan subur untuk menjaring konsumen. Namun pelaku usaha perlu ingat bahwa semakin ramai suatu tempat, maka banyak industri yang akan mencebur disana. Kompetisi merebut pasar menjadi sesuatu yang tidak dihindarkan.


PR yang harus diselesaikan dalam strategi marketing Instagram tidak terbatas dengan menambahkan konsumen-konsumen baru tapi juga menerapkan kebijakan yang membuat pelanggan lama menjadi loyal. Karena pelanggan loyal adalah kunci sebuah usaha bisa bertahan lama.


Lalu bagaimana caranya ? Silakan simak artikel berikut ini:


Tingkatkan Nilai Manfaat Produk


Produk apapun itu selama dia memiliki nilai guna akan selalu ada pasar yang selalu menerimanya. Bagaimana industri bisa mensyiarkan hal tersebut adalah sesuatu yang harus dipikirkan pada saat berpromosi di Instagram.


Kompetisi semakin ketat banyak kompetitor dengan produk serupa, hanya yang terlihat Terbaik,  terinovatif dan terunik lah yang bisa menjadi pemenang. Jelaskan apa fungsi utama dari produk anda, apa yang menjadi keunggulannya sertai dengan foto, video yang proporsional karena Instagram adalah media sosial dengan basis utama konten visual.


Perbaiki Konten


Seperti yang dijelaskan di awal bahwa Instagram adalah media sosial visual. Pebisnis harus menyadari itu dengan melakukan promosi seperti membuat foto dengan kualitas yang jelas, upload konten video yang menceritakan seluk-beluk produk, tutorial pemakaian, hingga tips and trik. 


Misalnya anda penjual barang fashion, buatlah foto yang mencantumkan produk tersebut. Pakai kamera DSLR/Smartphone beresolusi kamera tinggi untuk menghasilkan gambar yang jelas. Aspek visual menjadi penilaian ketika seseorang menstalking barang di Instagram.


Tingkatkan Kepercayaan 


Pelanggan loyal akan datang dengan sendirinya bila bisnis anda mendapat kepercayaan. Prosesnya memang tidak instans, terutama untuk usaha yang baru berjalan. Meningkatkan kepercayaan bisa dimulai dengan memberikan pelayanan terbaik. Tunjukkan bahwa usaha yang anda miliki dibangun secara serius. Tunjukkan hal tersebut melalui kualitas produk, jadilah nomor 1 di segmentasi pasar yang sedang ditargetkan.


Perbaiki pelayanan, selalu berikan update mengenai perkembangan produk, lakukan respon secara cepat bila ada konsumen membutuhkan pertolongan dan jadikan kritik/saran sebagai bahan development produk 


Sering Melakukan Event


Manfaat Instagram untuk mengupdate event-event yang sedang diselenggarakan, libatkan konsumen dalam acara tersebut. Bila bisnis anda adalah skincare, mungkin anda bisa membuat acara talk show " Cara membuat kulit glowing" dengan menghadirkan narasumber dan undang pelanggan setia untuk mengikuti kegiatan tersebut.


Strategi ini efektif untuk meningkatkan ikatan emosional antara perusahaan dan konsumennya. Ikatan emosional yang dekat akan menambah citra positif yang berdampak pada bertambahnya Pelanggan Loyal.



Posting Komentar untuk "Strategi Menciptakan Pelanggan Loyal Di Instagram"