Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Usaha Di Website ? Lengkapi dengan Membuat Website Untuk Penjualan Maksimal

Daftar Isi [Tampil]

 Punya Usaha Di Website ? Lengkapi dengan Membuat Website Untuk Penjualan Maksimal




Sejak tahun 2020 tercatat lebih dari 300.000 UMKM Indonesia merambah dunia online dan salah satu media yang banyak diekspansi adalah marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Alasannya karena pelaku Usaha mendapatkan berbagai kemudahan untuk mencari pelanggan hingga meningkatkan penjualan. 


Marketplace sering diibaratkan sebagai supermarketnya platform marketing Digital karena pelaku usaha tinggal menyediakan barang saja. Namun strategi ini memiliki kekurangan seperti, tidak 100 % kontrolnya dimiliki oleh pengguna. Namun jangan khawatir karena masalah ini bisa diatasi, dengan menggunakan platform Website.


Untuk lebih detailnya Mengenai manfaat Website untuk usaha yang terdaftar di marketplace, Simak Ulasan berikut ini:


Produk tidak akan disandingkan dengan produk kompetitor


Ketika anda membuat website anda bebas melakukan konfigurasi apa saja untuk meningkatkan engagement produk, termasuk membangun etalase online yang hanya berisi produk anda. Keleluasaan seperti ini tidak akan diketemukan bila hanya menggunakan platform marketplace saja.


Baca juga: Apa itu USP (Unique Selling Proposition) ?


Marketplace tidak bisa melarang kompetitor untuk berjualan pada platform mereka, karena akan mempersempit pasar. Makanya dari pemakaian website tetap diperlukan, agar pebisnis bisa maksimal mempromosikan produknya.


Punya Kendali Penuh


Memang marketplace memiliki segudang fitur yang tetap bagus untuk penjual online. Disana terdapat fitur pemberian diskon, Free Ongkir hingga sistem keamanan pembayaran. Masalahnya bila penjual ingin fitur yang lebih leluasa seperti merubah tema interface, mengganti lay out toko hal ini tidak diberikan oleh platform marketplace.


Solusinya adalah Menggunakan website, platform website builder seperti wordpress menyediakan fitur tersebut untuk penggunanya. Bahkan tersedia plug-in untuk menambah menu-menu tertentu.


Lebih dekat berinteraksi dengan konsumen


Fitur interaksi antara pembeli dan penjual dalam marketplace sangat terbatas, kebanyakan platform hanya menyediakan fitur chat yang berisikan tulisan saja. Tentunya hal tersebut akan menghambat proses pendekatan antara kedua belah pihak. Bila anda ingin fitur interaksi yang lebih lengkap tentunya bisa didapatkan melalui website.


Website menawarkan fitur-fitur seperti live chat yang muncul otomatis di muka website, menu newsletter yang memungkinkan pelanggan mendapat berita update sebuah usaha dan menu " Link Medsos " yang bisa diisi link FB, Instagram, Twitter Usaha anda 


Bebas Menentukan Biaya Transaksi


Biaya transaksi dalam marketplace sudah tersistem otomatis dan tidak bisa diubah. Meliputi biaya kirim, asuransi, hingga administrasi. Masalah terjadi ketika biaya tersebut tidak sesuai harapan konsumen, alhasil mereka tidak jadi melakukan pembelian. Untuk menghindari resiko ini, anda perlu membuat sebuah website toko online.


Keunggulannya jelas anda bisa mengatur biaya transaksi sendiri. Misalnya bila ingin ongkir yang sama ke berbagai tempat, anda bisa melakukannya dengan website. Anda juga bisa meniadakan biaya administrasi agar konsumen mendapatkan harga yang lebih murah.

Posting Komentar untuk "Punya Usaha Di Website ? Lengkapi dengan Membuat Website Untuk Penjualan Maksimal"