Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Sales dan Marketing Yang Perlu Diketahui

Daftar Isi [Tampil]

 Perbedaan Antara Sales dan Marketing Yang Perlu Diketahui





Sering disebut dalam dunia bisnis, Istilah " Sales " dan " Marketing" memang seperti memiliki arti yang sama, terlebih secara tujuan keduanya berkorelasi tentang promosi suatu produk. Meskipun demikian, kedua istilah tersebut sebenarnya memiliki perbedaan, dan penting kiranya untuk pengusaha mengerti.


Memiliki pengetahuan lebih dalam tentang " Sales" dan " Marketing" adalah hal yang wajib dipelajari pengusaha sebagai modal memajukan bisnis.


Untuk itu kami jabarkan perbedaan antara Sales dan Marketing, Yang bisa dijadikan pembelajaran:


Segi pengertian


Sales adalah: kegiatan menjual produk kepada konsumen yang memang masuk target pasar. Sales berbicara soal penjualan dalam lingkungan kecil


Sementara,


Marketing adalah: aktivitas memasarkan sebuah produk, dengan lingkup yang lebih luas karena harus melakukan riset produk, pembuatan produk, menentukan harga, distribusi dan lain sebagainya.


Tujuan


Jika pengertian di atas dijadikan rujukan bisa diambil kesimpulan bahwa Sales tujuan utamanya adalah penjualan. Ada sebuah angka penjualan yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu ( Minggu, Bulan, dll).


Baca juga: 5 Sikap Yang Diperlukan Saat Usaha Merugi


Seorang salesman adalah orang yang diberikan wewenang melakukan penjualan, mereka harus memastikan barang terjual sesuai target waktu yang diberikan,


Sementara Marketing, memiliki ruang lingkup luas bukan hanya soal penjualan tapi juga mengupayakan sebuah produk memiliki reputasi yang baik dimasyarakat.


Proses Kerja


Sales memiliki cara kerja yang bersifat langsung, karena orang yang melakukannya harus berhadapan dengan konsumen baik berupa pertemuan fisik, telepon hingga aplikasi chatting. Sales harus bisa menawarkan produknya dalam kegiatan ini.


Hal ini berbeda dengan Marketing Yang proses kerjanya banyak dilakukan dibelakang layar. Orang yang melakukannya tidak bertemu konsumen secara langsung. Mereka lebih bertugas sebagai periset produk, mencari Segmentasi pasar, hingga membuat branding.


Hubungan dengan pelanggan


Sales hanya berhubungan dengan pelanggan dalam jangka pendek, interaksi yang terjadi akan selesai saat target penjualan sudah terpenuhi. Sales tidak diberikan wewenang untuk merespon saran/kritik konsumen, karena tugas utama mereka hanyalah menjual.


Hal ini berbeda dengan Marketing, dimana hubungan dengan pelanggan adalah sesuatu yang penting untuk dijaga, karena berhubungan dengan bisnis dalam jangka panjang. Seorang marketing perlu membuat cara menjaga republik perusahaan.


Ruang Lingkup Kerja


Sales tidak memiliki space kerja yang luas, hal ini berhubungan dengan utama mereka yang harus berjualan. Selama bisa meyakinkan pelanggan, proses transaksi pembelian akan berlangsung cepat juga. Sales juga dikejar target angka penjualan, itulah yang membuat pekerjaan ini memiliki durasi kerja relatif singkat.


Beda dengan Marketing, ruang lingkup pekerjaannya lebih banyak Sehingga butuh durasi pengerjaan yang panjang. Mereka harus melakukan riset produk, memetakan pasar, menentukan strategi promosi dan lain-lain.





Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Sales dan Marketing Yang Perlu Diketahui"