Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Manajemen dalam Bisnis, Setiap Pebisnis Wajib Tahu

Daftar Isi [Tampil]
Pentingnya Manajemen dalam Bisnis - Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi, dan penjualan berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas.

Dalam topik permasalahan ini, artikel ini akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek penting yang harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur dalam menghindari risiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis yang dijalani. Maka dari itu ilmu manajemen merupakan pokok yang penting dalam berbisnis sebab sedikit kesalahan dalam manajemen akan berakibat fatal ke depannya.

Pentingnya Manajemen dalam Bisnis, Setiap Pebisnis Wajib Tahu

 

Pengertian Manajemen

Sebelum membahas bagaimana pentingnya manajemen dalam bisnis, ada baiknya kita kupas dulu bagaimana pengertian manajemen. Menurut James A.F Stoner, Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan terhadap sumberdaya organisasi lainnya supaya tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang ditetapkan. Sedangkan bisnis memiliki definisi sebagai satu kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk-produk dalam bentuk barang maupun jasa.

Dari pengertian manajemen dan pengertian bisnis di atas dapat simpulkan bahwa manajemen bisnis adalah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk berupa barang atau jasa yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya pada pelaku usaha/bisnis-nya.

 

Fungsi Manajemen

Manajemen baik itu organisasi non profit ataupun organisasi profit, tidak terlepas dari fungsi dari manajamen itu sendiri, Terdapat 4 fungsi manajemen diantaranya :

 

1. Perencanaan (Planning)

Pengertian perencanaan adalah suatu proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.Perencanaan merupakan awal yang wajib dilakukan sebelum fungsi manajeman lain dilakukan. Tanpa fungsi perencanaan maka fungsi menajeman yang lain tersebut seperti fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, fungsi pengontrolan tidak akan dapat berjalan.

Perencanaan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan usaha. Mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, agar dalam proses perjalanannya sesuai dengan arah yang dirumuskan dalam perencanaan. Kegiatan dalam perencanaan umumnya menyusun langkah-langkah dan pengambilan keputusan untuk menentukan tujuan dan sasaran usaha. 

Perencanaan terdiri dari dua elemen penting, yaitu sasaran (goals) dan rencana (plan) :

a. Sasaran (goals)

Sasaran adalah hal yang ingin dicapai oleh individu, grup, atau seluruh organisasi. Sasaran sering pula disebut tujuan. Sasaran memandu manajemen membuat keputusan dan membuat kriteria untuk mengukur suatu pekerjaan.

b. Rencana (plan)

Rencana atau plan  adalah dokumen yang digunakan sebagai skema untuk mencapai tujuan. Rencana biasanya mencakup alokasi sumber daya, jadwal, dan tindakan-tindakan penting lainnya. Rencana dibagi berdasarkan cakupan, jangka waktu, kekhususan, dan frekuensi penggunaannya.

Berdasarkan cakupannya, rencana dapat dibagi menjadi rencana strategis dan rencana operasional. Rencana strategis adalah rencana umum yang berlaku di seluruh lapisan organisasi sedangkan rencana operasional adalah rencana yang mengatur kegiatan sehari-hari anggota organisasi.

 

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah proses pengelompokan berbagai kegiatan atau pekerjaan dalam bidang-bidang atau unit-unit.  Menurut T. Hani Handoko dalam Kamus Bahasa Indonesia, pengorganisasian adalah sesuatu yang digambarkan sebagai sesuatu yang tersentralisasi dan berisi tugas-tugas yang sangat terspesialisasikan.

Tujuan Pengorganisasian yaitu :

·        Memperlancar pengawasan (kontrol)

·        Membantu dalam koordinasi

·        Menghemat biaya

Prinsip-prinsip dalam pengorganisasian antara lain :

·        Mempunyai tujuan yang jelas

·        tujuan organisasi harus dipahami oleh semua anggota

·        kesatuan arah dari berbagai bagian organisasi

·        kesatuan perintah

·        keseimbangan wewenang dan tanggung jawab

·        pembagian tugas yang merata

·        penempatan sesuai kemampuan

 

3. Pengarahan/Pelaksanaan (Actuating)
Pengarahan (actuating) yang sesuai dengan tujuan organisasi lebih menekankan peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja, dengan adanya fungsi pengarahan, semua tenaga kerja dalam perusahaan diharapkan,
secara sukarela dapat melaksanakan tugas-tugas pekerjaan yang telah ditetapkan. 

Pengarahan dalam definisi di sini adalah implementasi rencana, berbeda dari planning dan organizing. Pengarahan membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi. Sehingga tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau impian yang tidak pernah menjadi kenyataan.

Fungsi dari pengarahan/pelaksanaan :

·        Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

·        Memberikan tugas dan penjelasan secara rutin mengenai pekerjaan dan menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.

 

4. Pengawasan dan Pengendalian (Controling)

Pengawasan merupakan bagian dari fungsi manajemen yang tidak kalah penting dalam suatu organisasi. Pengawasan dan pengendalian (controling) dalam manajemen bisnis adalah tindakan dalam mengevaluasi berbagai pelaksanaan yang dilakukan oleh semua sumber daya organisasi, apakah berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. 

Menurut T. Hani Handoko bahwa proses pengawasan memiliki lima tahapan yakni :

1.      penetapan standar pengawasan

2.      penentuan pelaksanaan kegiatan

3.      pengukuran pelaksanaan kegiatan

4.      pembandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisaan penyimpangan-penyimpangan

5.      pengambilan tindakan koreksi, bila diperlukan

Manfaat pengawasan dalam manajemen bisnis :

1.      dapat mengetahui sejauh mana program sudah dilakukan oleh pekerja/staf, apakah sesuai dengan standar atau rencana kerja, apakah sumber daya telah digunakan sesuai dengan yang terlah ditetapkan. Fungsi pengawasan dan pengendalian akan meningkatkan efisiensi kegiatan program.

2.      dapat mengetahui adanya penyimpangan pada pemahaman staf dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

3.      dapat mengetahui apakah waktu dan sumber daya lainnya mencukupi kebutuhan dan telah dimanfaatkan secara efisien.

4.      dapat mengetahui sebab-sebab terjadinya penyimpangan

5.      dapat mengetahui staf yang perlu diberikan penghargaan, reward, dipromosikan atau diberikan pelatihan lanjutan.

 

Alasan Bagaimana Pentingnya Manajemen Dalam Bisnis

Setiap bisnis/usaha dari bisnis yang paling kecil pun membutuhkan manajemen yang baik dalam memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Karena jika sistem manajemen tersebut buruk maka dalam proses nya akan berjalan buruk pula, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sebelum memulai bisnis.

Dari ke empat fungsi manajemen dapat disimpulkan pentingnya manajemen karena :

·        Pekerjaan bersifat berat dan sulit dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam menyelesaikan.

·        Perusahaan akan dapat berhasil dengan baik, jika manajemen diterapkan dengan baik.

·        Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki.

·        Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosan-pemborosan.

·        Manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.

·        Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.

 

Selain ilmu manajemen, sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar bisnis angkat bicara, bahwa untuk memulai usaha kita perlu merekrut pegawai yang tepat sehingga berpotensi dapat menutup kelemahan manajemen.

Dengan memilih SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan menuju kesuksesan. Di sini kami akan membahas bagaimana memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai kebutuhan dalam berbisnis.

Manajemen SDM secara umum masuk ke dalam sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dengan memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja. Dengan kinerja pegawai yang meningkat juga akan memaksimalkan kinerja perusahaan.

Dalam memulai usaha, setiap calon entrepreneur umumnya akan mengalami banyak permasalahan. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan, dan pembuatan keputusan yang salah. Kreativitas bersifat "berpikir keluar dari kotak" atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha Anda dalam menggapai tingkat keberhasilan.

Kreativitas juga akan membantu Anda untuk menyesuaikan produk-produk yang dihasilkan agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha.

Jiwa kepemimpinan pun sangat penting dalam membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha Anda bekerja sesuai dengan target. Anda dapat menjadi "solusi" atas semua permasalahan dan menjadi panutan.

Pentingnya manajemen dalam bisnis karena pelaku bisnis membutuhkan pengaturan yang efektif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Apa pun bisnisnya, untuk mengolah yang ada dalam usahanya harus menggunakan prinsip manajemen. Jika tidak memakai prinsip manajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya risiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana pentingnya manajemen dalam bisnis. Semoga tulisan singkat ini ada manfaatnya. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pentingnya Manajemen dalam Bisnis, Setiap Pebisnis Wajib Tahu"