Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasti Cuan, Jual 4 Barang yang Banyak Diminati Masyarakat!

Daftar Isi [Tampil]

Barang yang banyak diminati masyarakat kini adalah produk kreatif yang multifungsi. Sejalan dengan semakin sibuknya generasi milenial, sehingga barang-barang multifungsi dan portable diburu masyarakat. 

Jika pengguna ingin memulai bisnis, maka pilihan terbaik adalah memilih barang yang sedang diminati masyarakat sebagai langkah awal. Dengan demikian,  toko akan mudah dikenal calon pembeli, juga kemungkinan mendapatkan pasar jauh lebih besar.

Barang yang banyak diminati masyarakat



Mengenal Bisnis Untuk Pemula

Kata bisnis memang sangat menggiurkan, sering kali orang langsung membayangkan berbagai kesuksesan jika berbisnis. Sementara jalan yang dilalui untuk mendapatkan kesuksesan tersebut sangat berliku dan tidak mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemula jika ingin mengenal dunia bisnis:

1. Mulai Dari yang Disukai 

Mulai bisnis dari hobi atau hal-hal yang disukai. Dengan demikian, akan cukup mudah untuk memahami alur bisnis, mengenali produk terbaik, juga menjelaskan produk pada calon pembeli kelak.

2. Fokus Pada Satu Bisnis 

Untuk menghindari menumpuknya modal dalam bentuk barang, ada baiknya fokus pada satu bisnis. Jika misalkan bisnis yang akan dibuka adalah pakaian, maka hindari menjual kategori lain seperti snack atau buku. Hal ini akan membingungkan calon pembeli untuk memetakan bisnis tersebut dalam mindsetnya.

3. Promosi Dengan Tepat 

Lakukan promosi di komunitas yang tepat. Jangan berjualan snack di komunitas fashion. Kemungkinan terbesarnya, akan mendapatkan peringatan keras dari admin komunitas dan akan di banned.

Kemungkinan terkecil hanya akan diperingatkan dan promosi diabaikan. Perhatikan juga momentum ketika hendak memulai bisnis. Ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan memasuki pasar pada langkah pertama. Salah satu contohnya adalah momen pandemi.

Barang yang laku dijual saat pandemi Corona, adalah masker, hand sanitizer, dan disinfektan. Harga ketiga barang ini melambung tinggi di awal-awal pandemi. Akan lebih mudah memasuki pasar dengan menjual barang-barang tersebut lebih murah dari harga pasar, dengan harga grosir.


Menjual Barang yang Banyak Diminati Masyarakat

Masyarakat Indonesia memiliki tingkat kreativitas yang tinggi sehingga banyak produk lokal yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika dipasarkan pada pembeli yang tepat. Berikut rekomendasi barang yang banyak diminati masyarakat sehingga menjadi produk terlaris:

1. Minuman Kemasan

Menjual minuman kemasan merupakan jualan yang menguntungkan, dan tak lekang oleh musim. Akan selalu laku, bahkan di bulan Ramadhan sekalipun. Bahkan rumornya, banyak pengusaha UKM yang memulai usahanya dengan menjual minuman kemasan sebelum mencapai titik kesuksesannya.

Sebelum memulai, lakukan survei terlebih dahulu, minuman apa yang cocok dijual di daerah tersebut, apakah jus, kopi, susu, atau lainnya. Selanjutnya buat outlet kecil dari kontainer atau bahan lainnya, sebagai awal usaha. 

Setelah keuntungan mulai terkumpul, dapat dikembangkan dengan membuka cafe. Setelah usaha resmi dibuka, adakan soft opening untuk mengenalkan produk ke masyarakat agar lebih cepat dikenal.

2. Produk Kreatif

Pengrajin produk kreatif mendapatkan momen yang baik di masa pandemi ini. Besarnya animo masyarakat akan toko online, memungkinkan para pengrajin juga memiliki toko online untuk kemudian memasarkan produknya. 

Dengan sedikit pelatihan menggunakan teknologi ini, besar kemungkinan hasil produk akan dapat merambah pasar internasional. Produk kreatif merupakan barang yang banyak diminati masyarakat internasional, bahkan berani membayar mahal.

Beberapa inspirasi produk kreatif yaitu: miniatur dari kaleng bekas, tong sampah dari ban bekas, keset dari kain perca, dan lainnya.

3. Kosmetik

Pasar kosmetik kini tidak hanya menyasar kaum wanita saja, tetapi juga kaum pria. Meski tak selengkap kosmetik wanita, namun kosmetik pria kini mulai diminati, terutama mereka yang bekerja dengan mengandalkan penampilan, seperti artis.

Barang yang banyak diminati masyarakat biasanya yang juga dipakai oleh artis. Oleh karena itu, pilih produsen kosmetik wanita dan pria dengan brand ambassador yang dikenal.

4. Kuliner

Barang yang dicari orang setiap hari antara lain makanan juga snack. Bisnis kuliner menyumbang 41 persen produk ekonomi kreatif dengan nilai 383 triliun rupiah! Fantastis, bukan? Jumlah ini pun akan terus meningkat, seiring dengan bertambahnya peminat bisnis kuliner.

Terlebih lagi dengan adanya layanan antar makanan online, sehingga konsumen bisa memesan makanan tanpa perlu keluar rumah.

Jika ingin memulai bisnis di bidang kuliner, pastikan untuk bergabung dengan layanan antar makanan online. Dengan begitu, pasar konsumen menjadi lebih luas, bukan hanya masyarakat sekitar, tapi juga dapat menjangkau konsumen dengan jarak beberapa Km.

Generasi milenial menyukai produk unik dan lucu. Pelajari tren dan momen melalui media sosial. Selanjutnya jadikan inspirasi dan berinovasi dari pemahaman tersebut, sehingga usaha akan selalu mendapatkan tempat di masyarakat. Jangan lupa untuk selalu mempromosikan usaha dengan aneka cerita atau foto-foto, sehingga toko tetap eksis. 

Barang yang banyak diminati masyarakat umumnya barang-barang yang penting sesuai dengan momennya, seperti masker di masa pandemi. Ketika produk masker berlimpah, maka perbaharui kreasi, seperti membuat masker satu set dengan outfit.

Selamat berbisnis dan raih cuan dengan kerja keras kerja cerdas (bisnisan.id).

 

 

 

Posting Komentar untuk "Pasti Cuan, Jual 4 Barang yang Banyak Diminati Masyarakat!"