Memaksimalkan Tugas dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan
Tugas dan Fungsi HRD Dalam
Perusahaan - Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani
berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan
tenaga kerja lainnya yang dimiliki oleh individu.
MSDM berperan dan bertanggung jawab dalam
menunjang serta menangani atas aktivitas perusahaan atau organisasi yang
bervariasi dalam melaksanakan fungsi-fungsinya agar dapat dilakukan secara
efisien dan efektif untuk dapat digunakan secara maksimal dan MSDM juga
berperan untuk dapat membantu para manajer dalam mencapai tujuan (goal)
perusahaan atau organisasi menjadi maksimal.
Sebab itu untuk memperoleh tujuan bersama yang
maksimal, maka Departemen Sumber Daya Manusia (MSDM) memiliki peran, fungsi,
tugas dan tanggung jawab dalam :
A.
Memasok orang-orang yang tepat
untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi
memerlukannya (the right man in the right place dan the right man in
the right job).
B.
Menetapkan jumlah, kualitas dan menempatkan
tenaga kerja yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan. (job
description, job specification, job requirement, dan job evaluation),
C.
Menetapkan program kesejahteraan,
pendidikan, pelatihan pengembangan kepegewaian, memonitor, melatih, mengevaluasi,
mengatur dan memperhatikan kebutuhan dan hak pegawai.
D.
Menjalankan pemeliharaan SDM,
pemeliharan kerja pegawai, dst.
Peran MSDM diakui sangat menentukan
terwujudnya suatu tujuan (goal) yang telah ditentukan bersama.
Bagi perusahaan atau organisasi sumber daya
manusia berperan penting dan dominan dalam manajemen, tanpa adanya sumber daya
manusia, faktor produksi lain tidak dapat dijalankan dengan maksimal mencapai
tujuan. Namun, untuk memimpin dan menangani unsur manusia ini merupakan tugas
yang sangat sulit dan rumit bagi MSDM, karena selain dituntut untuk memperoleh
tenaga kerja manusia yang cakap, mampu dan terampil, tidak kalah penting juga
harus dapat membangkitkan adanya kemauan dan kesungguhan pegawai dalam bekerja
secara efektif, dan efisien.
Selain itu kemampuan karyawan dan kecakapan akan
kurang berarti jika tidak diikuti dengan moral kerja dan kedisiplinan, didikasi
karyawan dalam mewujudkan tujuan, sebab itu, untuk dapat memenuhi tuntutan
diatas maka MSDM perlu mengoptimalkan fungsi-Fungsi SDM di level
terdepan.
Cara Mengoptimalkan Fungsi
HRD Dalam Sebuah Perusahaan
Berikut beberapa ulasan bagaimana
mengoptimalkan fungsi-fungsi HRD :
{1}. Berperan sebagai Advokat
Mencermati seluruh situasi agar dapat berperan
sebagai konsultan internal yang berusaha untuk dapat mengumpulkan data serta
informasi agar dapat menentukan permasalahan, menentukan solusi atas masalah
tersebut, dan memberikan bantuan serta panduan dalam memecahkan permasalahan
sumber daya manusia yang dihadapi oleh perusahaan.
{2}. Optimalkan Fungsi Pengawasan
Untuk meningkatkan kinerja perusahaan maka
perusahaan perlu bertekad untuk melakukan pembenahan internal dan
mengoptimalkan Fungsi pengawasan SDM.
Pengawasan SDM dimaksudkan agar pegawai mampu
untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara berdayaguna dan berhasil guna,
bersih dari segala bentuk penyelewengan, penyalahgunaan wewenang dan dapat
dipertanggung jawabkan atas keberhasilan visi dan misi yang dibebankan secara
transparan. Untuk menjaga kepercayaan umum demi kemajuan perusahaan, maka
diperlukan pengoptimalan fungsi pengawasan.
{3}. Optimalkan Pengembangan Pegawai
Pengembangan pegawai dimaksudkan untuk
mewujudkan potensi pegawai semaksimal mungkin, untuk itu dilakukan berbagai
upaya untuk memberikan kesempatan kepada setiap personil sebagai tenaga kerja untuk
mewujudkan potensinya secara maksimal melalui kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan tuntutan dan beban kerja yang menjadi tanggung jawabnya.
Dalam mewujudkan tujuan usaha tersebut, maka
dilakukan upaya-upaya antara lain seperti memberikan kesempatan
memperbaiki pelaksanaan pekerjaan pegawai dengan memberikan informasi,
pelatihan, pendidikan, pembinaan dalam mempengaruhi sikap atau menambah
kecakapan, kualitas, kuantitas dan waktu.
Pada kenyataannya didapati bahwa pegawai yang
mendapatkan atau memiliki pengetahuan atau informasi baru akan mempengaruhinya
untuk berubah melakukan sesuatu atau cara yang baru untuk dipakai dalam
penerapan kerjanya sebab pengetahuan yang baru akan memicu minat yang besar untuk
menerapkan apa yang ia telah ketahui dan peningkatan pengetahuan atau
pengertian yang baru akan mendorong setiap personil memiliki moral kerja yang
tinggi, hal itulah yang akan mendorongnya untuk dapat bekerja secara berdaya
guna dan berhasil guna.
{4}. Mengendalikan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan
Departemen sumber daya manusia dapat berperan
sebagai wakil dari pihak top management perusahaan dalam mengeluarkan
kebijakan, dan berbagai peraturan yang berperan agar mengatur masalah
keselamatan kerja, kesempatan kerja yang sama, hubungan tenaga kerja dan
kompensasi, kebijakan dan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan itu
dibuat bertujuan untuk dapat mengendalikan fungsi manajemen sumber daya manusia
dalam perusahaan.
Demikianlah
beberapa cara untuk memaksimalkan tugas dan fungsi HRD dalam
sebuah perusahaan agar
perusahaan lebih efektif dan efisien namun tetap mempunyai daya saing yang
kuat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Memaksimalkan Tugas dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan"