Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memaksimalkan Tugas dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Daftar Isi [Tampil]

 

Tugas dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Tugas dan Fungsi HRD Dalam Perusahaan - Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya yang dimiliki oleh individu.

MSDM berperan dan bertanggung jawab dalam menunjang serta menangani atas aktivitas perusahaan atau organisasi yang bervariasi dalam melaksanakan fungsi-fungsinya agar dapat dilakukan secara efisien dan efektif untuk dapat digunakan secara maksimal dan MSDM juga berperan untuk dapat membantu para manajer dalam mencapai tujuan (goal) perusahaan atau organisasi menjadi maksimal.

Sebab itu untuk memperoleh tujuan bersama yang maksimal, maka Departemen Sumber Daya Manusia (MSDM) memiliki peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab dalam :

A.     Memasok orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya (the right man in the right place dan the right man in the right job).

B.     Menetapkan jumlah, kualitas dan menempatkan tenaga kerja yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan. (job description, job specification, job requirement, dan job evaluation),

C.      Menetapkan program kesejahteraan, pendidikan, pelatihan pengembangan kepegewaian, memonitor, melatih, mengevaluasi, mengatur dan memperhatikan kebutuhan dan hak pegawai.

D.     Menjalankan pemeliharaan SDM, pemeliharan kerja pegawai, dst.

Peran MSDM diakui sangat menentukan terwujudnya suatu tujuan (goal) yang telah ditentukan bersama.

Bagi perusahaan atau organisasi sumber daya manusia berperan penting dan dominan dalam manajemen, tanpa adanya sumber daya manusia, faktor produksi lain tidak dapat dijalankan dengan maksimal mencapai tujuan. Namun, untuk memimpin dan menangani unsur manusia ini merupakan tugas yang sangat sulit dan rumit bagi MSDM, karena selain dituntut untuk memperoleh tenaga kerja manusia yang cakap, mampu dan terampil, tidak kalah penting juga harus dapat membangkitkan adanya kemauan dan kesungguhan pegawai dalam bekerja secara efektif, dan efisien.

Selain itu kemampuan karyawan dan kecakapan akan kurang berarti jika tidak diikuti dengan moral kerja dan kedisiplinan, didikasi karyawan dalam mewujudkan tujuan, sebab itu, untuk dapat memenuhi tuntutan diatas maka  MSDM perlu mengoptimalkan fungsi-Fungsi SDM di level terdepan.

 

Cara Mengoptimalkan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Berikut beberapa ulasan bagaimana mengoptimalkan fungsi-fungsi HRD :

{1}. Berperan sebagai Advokat

Mencermati seluruh situasi agar dapat berperan sebagai konsultan internal yang berusaha untuk dapat mengumpulkan data serta informasi agar dapat menentukan permasalahan, menentukan solusi atas masalah tersebut, dan memberikan bantuan serta panduan dalam memecahkan permasalahan sumber daya manusia yang dihadapi oleh perusahaan.

{2}. Optimalkan Fungsi Pengawasan

Untuk meningkatkan kinerja perusahaan maka perusahaan perlu bertekad untuk melakukan pembenahan internal dan mengoptimalkan Fungsi pengawasan SDM.

Pengawasan SDM dimaksudkan agar pegawai mampu untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara berdayaguna dan berhasil guna, bersih dari segala bentuk penyelewengan, penyalahgunaan wewenang dan dapat dipertanggung jawabkan atas keberhasilan visi dan misi yang dibebankan secara transparan. Untuk menjaga kepercayaan umum demi kemajuan perusahaan, maka diperlukan pengoptimalan fungsi pengawasan.

{3}. Optimalkan Pengembangan Pegawai

Pengembangan pegawai dimaksudkan untuk mewujudkan potensi pegawai semaksimal mungkin, untuk itu dilakukan berbagai upaya  untuk memberikan kesempatan kepada setiap personil sebagai tenaga kerja untuk mewujudkan potensinya secara maksimal melalui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tuntutan dan beban kerja yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam mewujudkan tujuan usaha tersebut, maka dilakukan upaya-upaya  antara lain seperti memberikan kesempatan memperbaiki pelaksanaan pekerjaan pegawai dengan memberikan informasi, pelatihan, pendidikan, pembinaan dalam mempengaruhi sikap atau menambah kecakapan, kualitas, kuantitas dan waktu.

Pada kenyataannya didapati bahwa pegawai yang mendapatkan atau memiliki pengetahuan atau informasi baru akan mempengaruhinya untuk berubah melakukan sesuatu atau cara yang baru untuk dipakai dalam penerapan kerjanya sebab pengetahuan yang baru akan memicu minat yang besar untuk menerapkan apa yang ia telah ketahui dan peningkatan pengetahuan atau pengertian yang baru akan mendorong setiap personil memiliki moral kerja yang tinggi, hal itulah yang akan mendorongnya untuk dapat bekerja secara berdaya guna dan berhasil guna.

{4}. Mengendalikan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan

Departemen sumber daya manusia dapat berperan sebagai wakil dari pihak top management perusahaan dalam mengeluarkan kebijakan, dan berbagai peraturan yang berperan agar mengatur masalah keselamatan kerja, kesempatan kerja yang sama, hubungan tenaga kerja dan kompensasi, kebijakan dan peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakan itu dibuat bertujuan untuk dapat mengendalikan fungsi manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan.

 

Demikianlah beberapa cara untuk memaksimalkan tugas dan fungsi HRD dalam sebuah perusahaan agar perusahaan lebih efektif dan efisien namun tetap mempunyai daya saing yang kuat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Memaksimalkan Tugas dan Fungsi HRD Dalam Sebuah Perusahaan"