Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Yang Direkomendasikan Untuk Mencari Investor

Daftar Isi [Tampil]

 Langkah Yang Direkomendasikan Untuk Mencari Investor 



Untuk kalian yang lagi memulai usaha dari awal pasti ada banyak masalahnya mulai dari pendanaan hingga bersaing dalam pasar yang ketat. Faktor tersebut kalau tidak bisa di atasi jelas akan membuat laju usah jadi seret bahkan bangkrut. Memang ada banyak jenis usaha pontensial namun tidak semuanya bisa dilakukan dengan modal yang kecil. 


Modal memang tidak bisa ditampik sebagai salah satu nyawa hidupnya debu usaha. Sebenarnya untuk mendapatkannya tidak hanya bisa melalui kantong pribadi tapi juga bisa menggunakan dana investor.


Berikut ini adalah cara mendapatkan investor bisnis:


Mengajukan Proposal


Proposal adalah dokumen yang berisi rancangan kerja yang disusun sedemikian rupa dan sangat dipengaruhi keberadaannya untuk menarik investor. Investor perlu melihat detail mengenai usaha, mekanismenya, visi misi, jumlah anggaran yang diperlukan dan sebagainya. Maka dari itu proposal bisnis harus dibuat dengan serius.


Baca juga: Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan


Proposal yang bagus memberitahu citra yang bagus pada perusahaan dan menjadi bahan pertimbangan yang efektif sehingga Investor mau mengamanahkan dananya sebagai tambahan modal perusahaan.


Presentasi menarik


Langkah selanjutnya setelah membuat proposal adalah melakukan presentasi. Presentasikan ide yang menggambarkan keseluruhan dari bisnis secara to the poin, presentasi memiliki efek yang kuat untuk meyakinkan investor.


Meskipun kita sudah membuat proposal akan lebih sempurna bila dilengkapi dengan presentasi yang bagus. Yang tadinya Investor mungkin masih mikir-mikir setelah kita melakukan presentasi, mereka menjadi yakin untuk berinvestasi.


Jelaskan Resiko usaha


Pelaku usaha harus bersikap transparan baik dalam menyampaikan peluang usaha dan resiko yang mungkin aka terjadi, karena dalam bisnis keduanya selalu memiliki probabilitas. Jelaskan secara rinci pada Investor tentang kedua hal tersebut. Meskipun membicarakan resiko usaha terkesan seperti membuka kekurangan, tapi itu sebenarnya menunjukkan kejujuran dari pencari modal.


Hindari untuk berperilaku terkesan menutup-nutupi karena beresiko membuat Investor tidak percaya dengan bisnis yang kita jalankan.


Membuat Strategi Usaha


Agar usaha mendapatkan Investor bisa berlangsung mulus, dari awal pencari modal harus sudah memiliki tujuan matang dalam mengatur usahanya. Pastikan untuk memiliki berbagai plant yang akan dilakukan demi mewujudkan progess perusahaan. Karena Investor jelas melihat kesiapan pengusaha sebagai salah faktor pemberian modal.


Jika strategi usaha bisa dipaparkan secara jelas, ini menjadi modal berharga, dimana akan lebih mudah bagi pengusaha untuk mendapatkan dana dari Investor.


Mengikuti Kompetisi


Banyak sekali kompetisi entrepreneur yang bisa mempertemukan pengusaha dengan Investor. Manfaat kesempatan ini untuk unjuk gigi, selain berpeluang mendapatkan modal, kita juga menambah relasi.


Bukan tidak mungkin bisnis yang kita kelola terpilih jadi pemenang. Biasanya kompetisi entrepreneur menawarkan jumlah hadiah yang besar dan bisa dipakai untuk Operasional bisnis tanpa dipungut biaya.











Posting Komentar untuk "Langkah Yang Direkomendasikan Untuk Mencari Investor "