Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Tips Ini Agar Negosiasi Bisnis Secepatnya Deal

Daftar Isi [Tampil]

 Lakukan Tips Ini Agar Negosiasi Bisnis Secepatnya Deal




Kemampuan bernegosiasi adalah sesuatu yang fundamental dalam merintis usaha, ini tidak terbatas tentang diterima ataupun batal, negosiasi memiliki dampak yang luas seperti previllage mendapat kerjasama yang menguntungkan. Mendapatkan deal-deal menguntungkan adalah sesuatu yang bisa diusahakan asalkan anda tahu tips menjadi negosiator ulung yang akan kami jabarkan dalam tulisan ini:


Win-win Solution


Tips pertama dalam bernegosiasi adalah jangan memikirkan soal pihak yang menang dan yang kalah, mindsetnya harus dirubah negosiasi harus bertujuan menemukan win-win Solution untuk kedua belah pihak. Negosiator Harus bisa menemukan jalan tengah agar kesepakatan bisa dilakukan.


Untuk menemukan jalan tengah, negosiator harus mendengar tujuan masing-masing pihak baru kemudian dicari Titik temunnya. Bila ini terjadi kerjasama yang dijalankan berdampak keuntungan yang bisa dirasakan bersama.



Mulai dengan tawaran tinggi atau sebaliknya


Jika anda adalah seller taruh tawaran harga yang lebih tinggi dari harga normal, karena pembeli 85 % pasti akan menawar. Hal ini juga berlaku bila anda hanya memasang harga normal, tetap saja pembeli ingin menawar. Agar tetap mendapatkan keuntungan, menaruh harga yang lebih tinggi adalah sesuatu yang wajar dalam dunia jual beli.


Berikan batas waktu saat menyampaikan penawaran


Pertama buatlah penawaran yang menarik, masuk dan terbaik pada pihak kedua. Berikan tawaran tersebut disertai dengan batasan waktu. Ini akan membuat mereka lebih cepat mengambil keputusan ambil/tidak. Mereka tenggat waktu adalah bentuk keseriusan anda dalam bernegosiasi dan strategi terbukti ampuh untuk mendapatkan deal-deal menguntungkan.


Mirroring


Mirroring bermakna dasar " berkaca" namun bila dilihat dalam dunia negosiasi berarti sebuah strategi mengulang kata kunci sebagai jawaban atas respon yang diberikan pihak lawan. Memfokuskan poin-point kerjasama secara berulang-ulang ternyata bisa menaikan kepercayaan pihak lawan. Mereka menjadi yakin tentang tawaran yang anda berikan.


Gunakan bahasa tubuh


Selain menggunakan narasi, negosiasi lebih lagi bila dikombinasikan dengan bahasa tubuh. Karena ini akan memperkuat komunikasi yang ingin anda sampaikan. Misalnya ketika pihak melempar tawaran yang anda kurang setujui, pasanglah bahasa tubuh yang sedikit menyentak, yang bisa dimaknai pihak lawan sebagai tanda "kurang puas". Pedoman bahasa tubuh dalam negosiasi tidak memiliki aturan yang paten, anda bisa mengekspornya sendiri .










Posting Komentar untuk "Lakukan Tips Ini Agar Negosiasi Bisnis Secepatnya Deal"