Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran
Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran - Terdapat 5 konsep pada manajemen pemasaran. Konsep sales dan marketing
management telah banyak mengalami perubahan-perubahan yang besar pada beberapa
tahun terakhir. Juga di dalam proses manufaktur produk pada saat ini telah berkembang dari
hanya memproduksi barang yang produsen inginkan, sekarang memproduksi barang
yang konsumen inginkan.
Konsep tersebut menunjukkan produksi
pada saat ini adalah konsumen sentris. Dan tanpa strategi pemasaran
yang tepat dan taktik yang jitu, maka sebuah bisnis tidak bisa bertahan.
Mari kita mempelajari lebih jauh ke dalam konsep-konsep manajemen
pemasaran.
Pentingnya Konsep dari Manajemen Pemasaran
Pentingnya pemasaran / marketing dalam proses
kegiatan bisnis telah terus meningkat selama tahun-tahun terakhir ini.
Pada mulanya barang-barang yang dijual adalah sesuai dengan
keinginan produsen untuk menjualnya.
Tetapi saat ini, produsen harus
memperhatikan, tuntutan kebutuhan dan persyaratan konsumen. Dan dari
pihak konsumen maka konsumen akan mencari produk yang mereka
butuhkan dan konsumen akan beralih kepadanya. Akibatnya, bagi para
produsen yang memproduksi barang sesuai keinginannya maka akan menderita
kerugian.
Mari kita melihat ke dalam konsep konsep
dasar dalam manajemen pemasaran yang membantu produsen untuk mengetahui apa
yang harus diproduksi dan berapa banyak jumlah produksinya.
Production Concept (konsep produksi)
Seorang produsen berani memproduksi barangnya
secara massal karena mengetahui adanya permintaan yang tinggi bahwa
produknya akan dibeli, dan dia yakin produknya akan laku terjual. Untuk
itu perlu mengidentifikasi produk yang paling banyak digunakan oleh konsumen.
Dan perlu melakukan penelitian dan riset pemasaran, untuk mencari
tahu produk seperti apa yang akan selalu diminati dan dicari oleh pasar.
Setelah itu mulai memproduksi dengan
skala besar dan menjualnya di harga rendah. Strateginya adalah
meraih keuntungan melalui penjualan yang besar. Mengapa menjual dalam
harga rendah ? Walau selalu ada permintaan untuk suatu produk, tapi
konsumen akan lebih memilih membeli produk yang sama dengan harga yang
lebih rendah. Jadi ada permintaan, ada juga kompetisi.
Product Concept (konsep produk)
Dari konsep di atas, jelaslah bahwa
konsumen tidak akan membeli sesuatu dari Anda jika ia bisa mendapatkannya
dengan harga yang lebih rendah di tempat lain. Selain itu, ingat bahwa
konsumen juga paham tentang kualitas produk. Jadi, konsumen akan
mengukur kualitas produk Anda, terutama jika dia mendapatkan itu pada tingkat
yang sangat rendah.
Pastikanlah bahwa produk yang Anda jual
tahan lama / awet, memiliki harga yang baik dan fitur kualitas yang
hebat. Konsumen tidak bodoh. Jika dia merasa tertipu sekali, ia tidak akan
kembali. Jadi Anda harus fokus pada kualitas produk.
Selling Concept (konsep penjualan)
Menjual produk adalah salah satu pekerjaan
paling sulit dalam sebuah bisnis. Anda dapat menghasilkan produk yang
terunggul dan memiliki teknik periklanan berhasil. Tetapi
apakah konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk
Anda ?
Oleh karena itu, pusat dari bisnis harus
terletak pada sebuah promosi penjualan yang kuat. Apakah ketika konsumen
melihat produk Anda mereka berpikir untuk membelinya ? Perlu
untuk mengimplementasikan metode promosi penjualan yang berbeda. Hal ini
akan menyebabkan penjualan yang cepat dan Anda akan mendapatkan keuntungan.
Marketing Concept (konsep pemasaran)
Diperlukan metode promosi pemasaran yang
berbeda. Jika strategi pemasaran Anda gagal, maka Anda akan mengalami
kerugian. Untuk menjamin penjualan yang baik dan setidaknya keuntungan
marginal, organisasi bisnis harus mengikuti salah satu konsep yang sangat
sederhana dan mendasar. Mereka harus ingat bahwa 'konsumen adalah raja'.
Jadi strategi pemasaran mereka harus fokus
sepenuhnya pada membuat konsumen merasa penting dan sangat spesial. Produk
harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen merasa sepertinya
produk itu telah diciptakan khusus untuknya dan bahwa itu adalah yang terbaik
yang konsumen akan dapatkan. Setelah itu Anda akan memiliki loyalitas
pelanggan dan pelanggan akan memiliki kepuasan mendapatkan produk
yang sangat baik. Sehingga keuntungan akan masuk pada perusahaan Anda.
Societal Marketing Concept (konsep pemasaran sosial)
Sementara Anda merancang sebuah
produk, dengan tujuan untuk memberikan produk Anda kelebihan maka Anda
harus selalu berfokus bahwa produk Anda memiliki keamanan
bagi masyarakat umum. Kesejahteraan masyarakat harus merupakan prioritas teratas
dari tujuan produksi, diikuti dengan kepuasan konsumen dan yang terakhir
adalah keuntungan perusahaan. Ini adalah urutan yang harus dipelihara dan
difokuskan melalui strategi pemasaran Anda.
Dengan 5 dasar konsep konsep dalam manajemen
pemasaran di atas maka Anda akan melihat dan mengetahui bagaimana tepatnya untuk
memaksimalkan keuntungan perusahaan Anda dan meraih kepuasan pelanggan Anda. Demikianlah apa yang bisa kami
sampaikan mengenai konsep-konsep dalam manajemen pemasaran. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran"