Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran

Daftar Isi [Tampil]

 

5 Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran

Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran - Terdapat 5 konsep pada manajemen pemasaran. Konsep sales dan marketing management telah banyak mengalami perubahan-perubahan yang besar pada beberapa tahun terakhir. Juga di dalam proses manufaktur produk pada saat ini telah berkembang dari hanya memproduksi barang yang produsen inginkan, sekarang memproduksi barang yang konsumen inginkan.

Konsep tersebut  menunjukkan produksi pada saat ini adalah  konsumen sentris.  Dan tanpa strategi pemasaran yang tepat dan taktik yang jitu, maka  sebuah bisnis tidak bisa bertahan. Mari kita mempelajari lebih jauh ke dalam konsep-konsep manajemen pemasaran.

Pentingnya Konsep dari Manajemen Pemasaran

Pentingnya pemasaran / marketing dalam proses kegiatan bisnis telah terus meningkat selama tahun-tahun terakhir ini. Pada  mulanya barang-barang yang dijual adalah sesuai dengan  keinginan produsen untuk menjualnya.

Tetapi saat ini, produsen harus memperhatikan, tuntutan kebutuhan dan persyaratan konsumen. Dan dari pihak  konsumen maka konsumen  akan mencari produk  yang mereka butuhkan  dan konsumen akan beralih kepadanya. Akibatnya, bagi para produsen yang memproduksi barang sesuai keinginannya maka akan menderita kerugian.

Mari kita melihat ke dalam konsep konsep dasar dalam manajemen pemasaran yang membantu produsen untuk mengetahui  apa yang harus diproduksi dan berapa banyak jumlah  produksinya.

Production Concept (konsep produksi)

Seorang produsen berani memproduksi barangnya secara  massal karena  mengetahui adanya permintaan yang tinggi bahwa produknya akan dibeli, dan dia yakin produknya akan laku terjual.  Untuk itu perlu mengidentifikasi  produk yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Dan perlu melakukan penelitian dan  riset pemasaran, untuk mencari tahu  produk seperti apa yang akan selalu diminati dan dicari oleh pasar.

Setelah itu  mulai memproduksi dengan skala besar  dan menjualnya di harga rendah. Strateginya adalah  meraih  keuntungan melalui penjualan yang besar. Mengapa menjual dalam harga rendah ? Walau selalu ada permintaan untuk suatu produk, tapi  konsumen akan lebih memilih membeli produk yang sama  dengan harga yang lebih rendah. Jadi  ada permintaan, ada juga kompetisi.

Product Concept (konsep produk)

Dari konsep di atas, jelaslah  bahwa konsumen tidak akan membeli sesuatu dari Anda jika ia bisa mendapatkannya dengan harga yang  lebih rendah di tempat lain. Selain itu, ingat bahwa konsumen juga paham  tentang kualitas produk. Jadi, konsumen  akan mengukur kualitas produk Anda, terutama jika dia mendapatkan itu pada tingkat yang sangat rendah.

Pastikanlah  bahwa produk yang Anda jual tahan lama / awet, memiliki harga yang baik  dan fitur kualitas yang hebat. Konsumen tidak bodoh. Jika dia merasa tertipu sekali, ia tidak akan kembali. Jadi Anda harus fokus pada kualitas produk.

Selling Concept (konsep penjualan)

Menjual produk adalah salah satu pekerjaan paling sulit dalam sebuah bisnis. Anda dapat menghasilkan produk yang terunggul  dan memiliki teknik periklanan  berhasil.  Tetapi apakah  konsumen mau mengeluarkan  uangnya untuk  membeli produk Anda ? 

Oleh karena itu, pusat dari bisnis harus terletak pada sebuah promosi penjualan yang kuat. Apakah ketika konsumen melihat produk Anda  mereka berpikir untuk  membelinya ?  Perlu untuk  mengimplementasikan metode promosi penjualan yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan penjualan yang cepat dan Anda akan mendapatkan keuntungan.

Marketing Concept (konsep pemasaran)

Diperlukan metode promosi pemasaran yang berbeda. Jika strategi pemasaran Anda  gagal, maka Anda akan mengalami kerugian. Untuk menjamin penjualan yang  baik dan setidaknya keuntungan marginal, organisasi bisnis harus mengikuti salah satu konsep yang sangat sederhana dan mendasar. Mereka harus ingat bahwa 'konsumen adalah raja'.

Jadi strategi pemasaran mereka harus fokus sepenuhnya pada membuat konsumen merasa penting dan sangat spesial. Produk harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen  merasa sepertinya produk  itu telah diciptakan khusus untuknya dan bahwa itu adalah yang terbaik yang konsumen  akan dapatkan. Setelah itu Anda akan memiliki loyalitas pelanggan  dan pelanggan  akan memiliki kepuasan mendapatkan produk yang sangat baik. Sehingga keuntungan akan  masuk pada perusahaan Anda.

Societal Marketing Concept (konsep pemasaran sosial)

Sementara Anda merancang  sebuah  produk, dengan tujuan  untuk memberikan produk Anda kelebihan maka Anda harus selalu  berfokus  bahwa produk Anda memiliki keamanan  bagi masyarakat umum. Kesejahteraan masyarakat harus merupakan prioritas  teratas dari  tujuan produksi, diikuti dengan kepuasan konsumen dan yang terakhir adalah  keuntungan perusahaan. Ini adalah urutan yang harus dipelihara dan difokuskan melalui strategi pemasaran Anda.

Dengan 5 dasar konsep konsep dalam manajemen pemasaran di atas maka Anda akan melihat dan mengetahui bagaimana tepatnya untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan Anda dan meraih kepuasan pelanggan Anda. Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai konsep-konsep dalam manajemen pemasaran. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Konsep Konsep Dalam Manajemen Pemasaran"