Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterampilan Komunikasi Pemimpin Yang Efektif

Daftar Isi [Tampil]

 

Keterampilan Komunikasi Pemimpin Yang Efektif

Keterampilan Komunikasi Pemimpin Yang Efektif - Rahasia kesuksesan seorang pemimpin tidak terlepas dari  kemampuan berkomunikasi. Sadar atau tidak sadar setiap individu yang hidup didunia ini  setiap harinya pasti harus dan selalu berhubungan dengan orang lain. Dan yang saya tahu bahwa mayoritas seorang pemimpin ataupun orang yang sukses baik sukses dalam masalah finansial, keluarga maupun di sekolah adalah orang yang pandai berkomunikasi dan pandai berbicara.

Permasalahannya adalah apakah semua orang yang mungkin sekarang kurang pandai berkomunikasi / berbicara bisa jadi pandai berkomunikasi dan berbicara dengan baik dan jelas bahkan di depan umum sekalipun ?

Berdasarkan kenyataan / fakta yang ada bahwa  pandai berkomunikasi atau Berbicara BUKANLAH BAKAT atau Anugerah yang hanya di berikan kepada beberapa orang saja, siapa pun itu bisa menjadi pandai berkomunikasi / berbicara jika mereka tahu caranya..

Kenapa seorang presiden Bung Karno begitu banyak di sukai banyak orang ? Apakah beliau mempunyai keterampilan komunikasi pemimpin yang efektif ?

Bagaimanakah seorang pasangan bisa awet hubungannya sekalipun harus berhubungan jarang jauh  dan tetap harmonis? Bagaimanakah ketika kita berbicara dengan orang lain itu bisa asyik di dalam perbincangannya satu dengan yang lain ?

Atau sebaliknya kadang kita menemukan juga bahwa suatu organisasi atau perusahaan yang besar kadang kala ada masalah kecil yang ketika dibahas menjadi meluap begitu besar ?

Suatu pasangan suami istri yang baru menikah akhirnya ingin bercerai, mungkin banyak faktor yang menyebabkan suatu hubungan berakhir, dari sekian banyak faktor salah satu pemicunya pasti ada ?

Coba jawab pertanyaan di bawah ini :

1.      Ketika Anda butuh karyawan kira-kira siapa yang akan anda pilih ??  Orang yang pandai berbicara dan semangat atau tidak ? Mengapa ?

2.      Ketika Anda butuh rekan dalam berbisnis kira-kira siapa yang akan anda pilih ??  Orang yang pandai berbicara dan semangat atau tidak ? Mengapa ?

3.      Ketika Anda butuh teman curhat kira-kira siapa yang akan anda pilih ?? Orang  yang pandai  dan semangat atau tidak ? Mengapa ? Saya kira anda akan pilih orang yang pandai berbicara dan semangat, So, Jadilah orang yang pandai berbicara & semangat mulai hari ini!

 

Apakah Semua Orang Bisa Pandai Berkomunikasi / Berbicara ?

Cobalah anda menjawabnya ? Apakah anda pernah mendengar sebuah nama "Au Tung Desem Waringin" ? jika belum saya akan memberitahukan anda bahwa beliau adalah seorang anak muda yang tidak pandai berbicara beberapa puluh tahun lalu, beliau sangat takut sekali berbicara di depan umum, konon katanya beliau akan keringat dingin jika berbicara dengan banyak orang TAPI saat ini tidak lagi!..

 

Beliau adalah seorang pembicara terbaik No. 1 di Indonesia, pernah mendapatkan rekor MURI, salah satu pembicara terbaik dan tersibuk di Indonesia  (saking sibuk biasanya beliau naik helikopter dari suatu tempat ke tempat lainnya karena jadwal seminar yang padat)‚ Loh kok bisa ??  Ya, dia bisa merevolusi hidupnya dari seorang yang gugup berbicara menjadi orang yang HANDAL berbicara..

Semua ada cara dan ilmunya jika anda punya kemauan untuk berubah!!! Bagaimana menurut anda ? Jawabannya apa ? Apakah semua orang bisa pandai berbicara walau mulanya tidak pandai berbicara ? Anda tahu jawabannya..

 

Apakah Dengan Pandai Berkomunikasi / Berbicara Bisa Merubah Hidup Kita ??

Pertanyaan yang sangat mudah bagi saya dan bagi anda tentunya, Siapa pun tahu bahwa komunikasi adalah hal yang terpenting yang bisa mempengaruhi kesuksesan kita, saya kira jika Anda bisa berbicara dengan baik dan menyenangkan saya yakin Anda akan banyak di sukai oleh banyak teman-teman Anda, Anda akan menjadi jauh lebih sukses lagi baik di bidang karier maupun di kehidupan Anda sehari-harinya.

Bersyukurlah Anda yang fisiknya normal, jangan pernah Anda marah dan merasa kecewa terhadap diri Anda sendiri karena saat ini Anda punya semua hal yang di butuhkan agar Anda sukses di kehidupan maupun di karier Anda.

Untuk menjadi sukses dan kaya tidak sepenuhnya dibutuhkan uang atau modal yang banyak tetapi permasalahannya banyak orang yang menganggap dibutuhkan modal yang besar untuk menjadi kaya (tidak sepenuhnya benar kata Robert Kiyosaki), kebanyakan orang lupa dan tidak sadar bahwa untuk menjadi sukses dan kaya salah satu pengaruh besarnya sudah diberikan oleh Sang Pencipta di dalam diri kita, Lihat tangan Anda, kaki Anda, badan Anda, mata Anda, telinga Anda, mulut Anda, otak Anda, dan lain-lain.

Saya kira itu adalah hal yang terpenting : Ronaldo tidak bisa sukses di olahraga bola tanpa kakinya, Michael Jordan tidak bisa sukses di olahraga basket tanpa tangannya, Barrack Obama tidak bisa sukses jadi president tanpa mulutnya, dll.

“Jangan menjadi orang rata-rata‚” Buckminster Fuller katakan. Maksudnya adalah memang benar mayoritas orang punya fisik yang normal dalam hal ini di khususkan  mulut (alat komunikasi), tetapi tidak semua orang bisa menggunakan  mulutnya dengan baik sehingga membuahkan  kesuksesan bagi mereka.

Yang kita butuhkan sekarang agar tidak menjadi rata-rata orang adalah belajar hal-hal yang melatih otak kita untuk menjadi lebih baik lagi.. Pilihlah pelajaran  yang berguna‚ jika anda mau jadi kaya belajarlah masalah finansial khususnya ikutlah seminar (tidak sepenuhnya benar orang yang sukses di akademis/sekolah akan sukses di masalah finansial : Robert Kiyosaki).

“Ada berapa banyak teman anda dulu  yang pandai no.1 di sekolah menjadi orang kaya saat ini ??

“Ada berapa banyak teman anda dulu yang kurang pandai di sekolah tapi menjadi orang kaya saat ini ??

Di katakan oleh Tung Desem Waringin : Jika anda ingin kaya dan sukses belajarlah juga dari orang yang terbukti telah kaya dan sukses, jangan hanya belajar kepada mereka yang hanya tahu teori saja.

 

Saya ingat 1 kata-kata dari Barrack Obama yang sangat berpengaruh yang membuat dia menjadi presiden Amerika pertama kalinya yang berkulit hitam, (menurut survey), kata-kata apakah itu ??, Kurang lebihnya seperti ini ; “Saat ini kita tidak butuh pemimpin orang kaya (sambil menyindir saingannya) tetapi yang kita butuhkan saat ini adalah pemimpin yang berasal dari keluarga biasa!!

Orang kaya tidak akan mengerti bagaimana mayoritas perasaan dan penderitaan orang-orang amerika yang miskin saat ini!!! Kita butuh pemimpin yang mengerti dan tahu penderitaan kita!, Pilih saya Barrack Obama.”

 

Tips Keterampilan Komunikasi Pemimpin Yang Efektif

Dan beberapa tips komunikasi yang sukses sebagai seorang pemimpin adalah sebagai berikut :

1.      Jujur  dan terbuka ;  jika kita ingin karyawan kita dapat mempercayai seorang pemimpin atau atasan maka , pemimpin harus berkata jujur dan terbuka. Karena kita tidak dapat menuntut kepercayaan karyawan kepada kita, kalau kita sendiri tidak dapat dipercaya di dalam perkataan kita yang tidak jujur dan terbuka. 

2.      Focus ; seorang pemimpin haruslah fokus kepada apa yang di bicarakan.

3.      Memiliki Cara Pandang yang terbuka

4.      Menjadi pendengar yang baik

5.      Percaya diri

6.      Menghargai pendapat orang lain

7.      Biasakan untuk mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih, ketika kita butuh bantuan seseorang biasakan untuk mengucap kata tolong, maaf , jika kita berbuat salah, dan terima kasih jika kita dapat menyelesaikan tugas mereka.

8.      Memiliki wawasan yang luas

9.      Memiliki visi yang jelas

10.  Memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi.

 

Inilah tips yang bisa kita ikuti supaya bisa lebih baik berkomunikasi dan pandai berbicara. apakah ini hanya untuk orang tertentu? Hanya pemimpin saja ? Tidak!

Intinya, siapa pun orangnya sekalipun tidak pandai bicara asalkan mereka mau berubah dan belajar, mereka pasti bisa berhasil. Apalagi mereka yang sudah menjadi seorang pemimpin harus bisa dan mau untuk mengevaluasi diri untuk terus menjadi yang terbaik, khususnya didalam komunikasi , maka yang harus di perhatikan adalah kosakata, cara penyampaiannya, nada/intonasi, dan hal-hal yang lainnya.

Untuk itu diperlukan terus berlatih dan mengevaluasi, kemudian memperbaikinya lagi. Jika diperlukan tanyakan pendapat rekan Anda supaya mendapat penilaian yang obyektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik, mutlak Anda perlukan untuk mencapai keberhasilan Anda.

Itulah bahasan kami mengenai keterampilan komunikasi pemimpin yang efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Keterampilan Komunikasi Pemimpin Yang Efektif "