Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Mengembangkan Usaha Tetapi Kekurangan Modal, Coba Cara Ini !

Daftar Isi [Tampil]

 

Ingin Mengembangkan Usaha Tetapi Kekurangan Modal, Coba Cara Ini !

Ingin Mengembangkan Usaha Tetapi Kekurangan Modal - Sebagian besar orang tentunya memiliki cita-cita untuk memiliki suatu bisnis, karena dengan memiliki bisnis tentunya Anda akan memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan menjadi seorang pekerja atau karyawan.

Beberapa keunggulan tersebut misalnya memiliki waktu yang lebih fleksibel tanpa harus terikat dengan jam kantor, memiliki peluang untuk bisa mencapai kebebasan finansial jika bisnisnya sukses, dan beberapa keunggulan lainnya yang membuat banyak orang ingin memiliki bisnis.

Namun ternyata tidak semua orang berhasil mewujudkan impiannya tersebut untuk memiliki sebuah bisnis, kebanyakan orang yang tidak bisa mewujudkan keinginannya tersebut pada umumnya karena terkendala oleh masalah modal. Tak bisa dipungkiri bahwa untuk memulai suatu bisnis pastinya Anda akan membutuhkan biaya yang akan digunakan sebagai modal awal. Sebagian orang yang tidak memiliki atau kekurangan anggaran biasanya akan langsung menyerah, namun berikut ini akan kami ulas beberapa cara untuk mengatasi kekurangan modal tersebut.

Bila Anda ingin mengembangkan usaha tetapi kekurangan modal, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Mendekati Teman atau Kerabat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan apabila kekurangan modal untuk memulai bisnis adalah dengan mendekati teman ataupun kerabat, Anda bisa menceritakan masalah Anda serta mempresentasikan seperti apa bisnis yang akan Anda lakukan agar teman atau kerabat Anda tersebut paham maksud kedatangan Anda. Apabila Anda memiliki reputasi yang baik tentunya hal ini tidaklah sulit.

2. Mencari Relasi Usaha

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan jika Anda mengalami masalah permodalan untuk memulai suatu bisnis adalah dengan mencari relasi usaha, Anda bisa mencari siapa saja yang mau menjadi relasi Anda dalam melakukan bisnis yang akan Anda jalankan. Namun yang paling penting untuk diperhatikan adalah Anda harus mencari relasi usaha yang bisa dipercaya sehingga tidak akan mengalami masalah.

3. Menjalankan Bisnis dari Rumah

Cara ketiga yang juga bisa Anda lakukan apabila Anda sedang mengalami kekurangan modal adalah dengan menjalankan bisnis dari rumah, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi biaya modal yang harus Anda keluarkan. Jika Anda menggunakan rumah sebagai tempat untuk menjalankan bisnis maka Anda tidak perlu harus menyewa tempat yang akan mengeluarkan biaya mahal.

4. Memanfaatkan Media Gratis

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan jika mengalami kekurangan modal adalah dengan memanfaatkan berbagai macam media yang dapat digunakan secara gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun. Di jaman yang serba canggih ini Anda bisa menggunakan blog secara gratis untuk membuka toko online Anda dan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi.

5. Mencari Modal Bantuan Usaha

Cara kelima yang juga bisa Anda lakukan apabila mengalami masalah kekurangan modal untuk memulai bisnis adalah dengan mencari modal bantuan usaha. Seperti yang Anda ketahui bahwa sekarang ini pemerintah sedang gencar melakukan kampanye untuk menumbuhkan semangat wirausaha sehingga Anda bisa menemukan berbagai macam bentuk modal bantuan usaha dari pemerintah.

6. Ikut Program Patungan Modal Usaha

Saat sudah banyak platform digital yang memfasilitasi para pengusaha untuk menghimpun dana secara patungan. Tentu saja profil bisnisnya sudah harus jelas dan riil. Termasuk juga estimasi balik modalnya.

7. Pinjam Bank

Alternatif berikutnya untuk menambah modal usaha Anda adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga finansial lainnya. Namun Anda harus harti-hati dengan jumlah serta jatuh tempo pembayaran pinjaman Anda. Anda harus menghitung secara cermat potensi tambahan pendapatan dari pengembangan usaha Anda. Jangan sampai malah membebani keuangan usaha Anda nantinya.

Apabila Anda sedang mengalami masalah kekurangan modal untuk mengembangkan sebuah bisnis atau usaha maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Silakan share jika artikel dengan judul Ingin Mengembangkan Usaha Tetapi Kekurangan Modal ini bermanfaat. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Ingin Mengembangkan Usaha Tetapi Kekurangan Modal, Coba Cara Ini !"