Dasar Dasar Merumuskan Misi Perusahaan (Mission Statement)
Dasar Dasar Merumuskan Misi Perusahaan - Sebuah mission statement dapat merupakan sesuatu yang selalu
mengingatkan akan tujuan perusahaan. Mission statement yang dibuat dengan
kalimat yang tepat akan sangat mudah melekat dalam pikiran setiap karyawan,
menyatu dalam setiap elemen perusahaan. Mission statement merupakan sesuatu
yang penting.
Contoh Misi Perusahaan
Lihatlah mission statement dari beberapa
perusahaan di bawah ini :
·
Ford: "We
are a global family with a proud heritage passionately committed to providing
personal mobility for people around the world."
·
Domino's Pizza: “To be the leader in delivering off-premise pizza convenience to
consumers around the world”
·
Starbucks: “To Establish Starbucks as the Premier Purveyor of the Finest Coffee
in the World while Maintaining our Uncompromising Principles as We Grow.”
Dasar Merumuskan Misi Perusahaan
Dalam membuat rumusan misi perusahaan mission
statement kita dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini :
1. Seperti apa perusahaan
anda? Apakah perusahaan Anda "bertujuan untuk menjadi pemimpin dalam
kualitas produk, dalam layanan pelanggan, dan inovasi untuk hari
esok?" Sebuah pernyataan misi adalah penting untuk memperjelas
maksud dari bisnis Anda.
Secara tradisional, pernyataan misi merupakan
perpaduan antara realisme dan optimisme. Istilah yang bertentangan dengan
satu sama lain. Keseimbangan antara keduanya adalah kunci utama untuk
menulis pernyataan misi besar. Jadi sebelum Anda memulai, pastikan untuk
pengembangan pernyataan misi benar-benar efektif.
2. Ada empat elemen utama
yang ditemukan dalam pernyataan-pernyataan misi yang efektif: Nilai (value),
inspirasi, masuk akal (logic), dan spesifisitas. Dalam beberapa kalimat pendek,
Anda harus mampu menyampaikan nilai perusahaan Anda atau mengapa Anda
menciptakan merek tersebut.
Kalimat pendek tersebut harus mampu
menginspirasi dan mendorong karyawan Anda, terdengar wajar dan masuk
akal, spesifik dan serelevan mungkin. Temukan tema kunci untuk perusahaan
Anda, dan pastikan masing-masing elemen berputar di sekitar tema tersebut.
3. Buatlah sesingkat dan
semanis mungkin. Sebuah pernyataan misi bukanlah esai misi. Cobalah untuk
meringkas misi seluruh perusahaan Anda dalam satu atau dua kalimat.
Berpikirlah seperti ini: pernyataan misi Anda
adalah mutlak yang terbaik dan harus dapat menjadi slogan Anda.
Pernyataan misi yang singkat juga lebih berkesan dan efektif. Jadi tidak perlu
membuatnya terlalu rumit.
4. Pernyataan misi dapat
sangat berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pilihlah apakah
Anda ingin pernyataan perusahaan Anda untuk mencerminkan tujuan jangka pendek
yang tujuan atau aspirasi jangka panjang. Pastikan untuk memilih hanya salah
satu tujuan ; spesifisitas adalah kunci untuk sebuah misi berpengaruh.
Sementara pernyataan jangka pendek misi memungkinkan Anda untuk menjadi lebih
spesifik dengan tujuan Anda, mereka juga perlu diperbarui lebih sering untuk
tetap relevan.
Jika Anda ingin pernyataan untuk menjadi
refleksi jangka panjang, menggunakan bahasa global yang menunjukkan tujuan
perusahaan Anda, terlepas dari berapa banyak perusahaan Anda mungkin berkembang
di masa depan.
5. Representasikan budaya
perusahaan anda melalui mission statement anda. Evolusi tidak bisa
dihindari. Sering pernyataan misi ditulis saat kelahiran sebuah perusahaan dan
kemudian dilupakan begitu saja. Pernyataan anda harus menjadi representasi
penting dari budaya perusahaan Anda. Ini kesempatan untuk keseluruhan identitas
perusahaan disampaikan dan harus terus dipelihara.
Menggabungkan ide-ide dan lama dari
pernyataan dalam cara Anda menjalankan bisnis Anda, dan pastikan untuk meninjau
kembali secara teratur untuk membuat perubahan yang diperlukan. Tidak ada
perusahaan yang pernah tetap sama. Tweak pernyataan Anda untuk memastikan
bahwa terus-menerus sejalan dengan arah perusahaan Anda.
Demikianlah
yang bisa kami sampaiakan mengenai apa saja yang bisa dijadikan sebagai dasar dasar dalam
merumuskan misi perusahaan (mission statement). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba,
salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Dasar Dasar Merumuskan Misi Perusahaan (Mission Statement)"