Contoh Marketing Campaign Paling Sukses Sepanjang Masa
Contoh Marketing Campaign - Kampanye pemasaran yang sukses sanggup meninggalkan legalitas
dan mencetak sebuah merek produk di hati dan pikiran konsumen. Disini akan
dibahas tentang berbagai hal penting dari sebuah kampanye pemasaran yang
sukses.
Untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye
pemasaran maka diperlukan strategi pemasaran yang jenius dari ahli
periklanan. Selanjutnya perlu untuk merancang sebuah kampanye
pemasaran untuk membangun identitas produk dan akhirnya membuat sebuah
merek. Untuk mengubah produk menjadi merek, maka peran dari kampanye
pemasaran yang sukses adalah sangat penting.
Seperti ikon Apple melakukan kampanye
periklanannya "Get a Mac" atau peluncuran
iPhone, ini merupakan salah satu kampanye pemasaran yang paling sukses
yang pernah ada. Juga sepatu Nike "Just Do" atau
"Think Small " Volkswagen. Strategi pemasaran yang sukses
membuat produk berdiri di kelas elit sebagai produk legendaris dan akan
selalu diingat selama beberapa dekade. Untuk memperoleh kampanye
pemasaran yang sukses, tim pemasaran harus berfokus pada beberapa parameter
penting
Unsur-unsur Sukses dari Marketing Campaign
Sebuah pemasaran merupakan fakta penting yang
harus disadari oleh setiap perusahaan. Jika setiap perusahaan yang saat
ini terdapat persaingan yang sangat kompetitif menyadari tentang
hal itu maka kompetisi yang ada akan menjadi semakin intens dan
menantang. Kampanye pemasaran yang sukses dan teknik pemasaran yang sukses
membuat perbedaan bagi setiap perusahaan. Unsur-unsur utama dari kampanye
pemasaran (Marketing
Campaign) yang sukses adalah sebagai berikut.
1. Hit the Bull's Eye
Ciri dari setiap kampanye pemasaran yang
sukses adalah untuk menciptakan ceruk pasar, target audience yang
harus dicapai melalui marketing tools yang efektif. Dalam kampanye
Anda, Anda harus sudah dapat memastikan bahwa Anda bisa mempengaruhi para
pelanggan Anda dari target audience yang ada. Juga Anda sudah melakukan
riset pasar yang luas. Jangan sampai Anda mengabaikan parameter penting
ini supaya peluncurkan / launching produk Anda berhasil.
Melalui riset pemasaran, tim pemasaran
mengumpulkan data, memahami psikologi dan keinginan konsumen yang
merupakan bagian yang terpenting untuk meraih omzet yang besar. Penting
untuk memiliki penelitian / riset pemasaran sehingga dapat
membentuk dasar dari kampanye pemasaran . Selain itu riset pemasaran juga
membantu perusahaan untuk memaksimalkan penjualan, mencetak
keuntungan dan berkembang di pasar.
2. Divide and Conquer
Perusahaan Anda harus memperhatikan pola
sosial, ekonomi dan geografis suatu daerah karena hal itu akan berdampak
signifikan pada kemampuan konsumen membeli sebuah produk. Pemasaran pada
saat ini memiliki spektrum yang luas dan homogen.
Hanya memiliki satu strategi tidak akan
berhasil untuk tingkat pendapatan keluarga bervariasi, usia, jenis
kelamin dan gaya hidup. Di sinilah pentingnya strategi bauran
pemasaran yang harus Anda gunakan. Empat P dari pemasaran. Product,
Price, Place and Promotion, Produk, Harga, Tempat dan Promosi membentuk
empat dimensi strategi bauran pemasaran.
3. Right Timing is Critical
Memasuki pasar pada waktu yang tepat dan
dengan strategi yang terencana dengan baik sangat penting. Hal ini
membuat Anda wajib untuk memiliki rencana pemasaran yang terdokumentasi
dengan baik setiap kali Anda akan memasuki pasar. Peluncuran produk Anda
harus dengan gaya yang menarik perhatian konsumen.
Semakin kreatif Anda dalam menggunakan metode
promosi pemasaran, semakin lebih lagi Anda memiliki peluang untuk
sukses. Selain itu Anda harus memiliki inovasi-inovasi dan ide-ide
promosi pemasaran Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk memenuhi tujuan
Anda untuk membuat pelanggan Anda mengetahui tentang produk Anda dan kualitas
produk Anda.
Contoh Marketing Campaigns Tersukses
Tujuan dari semua marketing
campaign adalah menjual produk dan membuat iklan mereka
melekat di dalam pikiran konsumen. Berikut adalah beberapa
contoh marketing campaign yang berhasil sepanjang masa.
1. Clairol "Does She, or Doesn't She"
Shirley Polykoff, merupakan bintang iklan Clairol yang legendaris. Dia
memposisikan dirinya dari awal sebagai dinamo dalam sale dan iklan
product Clairol. Walau pada awal kampanyenya dia ditolak oleh majalah Life karena
dianggap "terlalu sugestif." Tetapi dia dapat mengubahnya dan membuat
image seorang gadis manis adalah yang memiliki rambut berwarna.
Sebagai hasil dari kampanye ini,
maka hair coloring / pewarna rambut Clairol meledak
dipasaran secara luarbiasa di era tahun '50-an. Pendapatan
perusahaan meledak hingga 800 persen, dari $ 25 juta per tahun
menjadi $ 200 juta. Clairol sanggup mendominasi pasar
pewarnaan rambut, bahkan sampai saat ini.
2. Nike "Just Do It"
Wieden & Kennedy Diakhir tahun
1970 dan awal 1980, pakaian olahraga Reebok dijual jauh lebih baik dan
memiliki pangsa pasar yang sangat baik. Samua ini karena
adanya ledakan antusiasme di dunia aerobic, diantara kaum
hawa. Pada waktu itu Nike dikenal sebagai sepatu pelari maraton
.
Di akhir tahun '80-an, mereka mulai dapat mengatasi setiap faktor demografis.
Nike melakukan kampanye pemasaran mereka dengan slogan "Just
Do It".
Kampanye ini diciptakan pada pertemuan
eksekutif antara WK dan Nike. Slogan ini mencerminkan budaya perusahaan
dan adanya pendekatan iklan kepada konsumen. Dan, mereka
behasil membuat kampanye periklanan mereka secara cerdas,
humoris dan menarik/ keren. Nike memproduksi pakaian olahraga
keren untuk dipakai setiap saat, baik sedang aktif berolah raga maupun sedang
tidak sedang aktif.
Di era 90-an, Nike meraih penjualan yang
meledak di mana penjualannya melonjak dari 18% menjadi 43%, dari $ 800
juta per tahun pada tahun 1988 menjadi $ 9,2 bilion pada tahun
1998. Jika Anda ingin terlihat menarik / keren, maka slogan Nike adalah
“ Just Do It “.
3. Coca-Cola "The Pause That Refreshes"
D'Arcy Co, Seperti
kampanye-kampanye hebat lainnya, maka kampanye Coca Cola dimulai
dengan suatu masalah. Coca-Cola tidak memiliki masalah dalam menjual
produknya selama musim panas.
Masalahnya adalah di musim dingin,
ketika hampir dikatakan tidak ada penjualan yang dihasilkan
Dalam upaya untuk mengatasi penjualan musiman mereka, mereka
berpaling ke D'Arcy Co untuk berkampanye. " Thirst Knows No Season
" ketika pertama kalinya mereka luncurkan dalam marketing
campaign, maka mendapatkan sambutan yang sangat baik. Sehingga Coca Cola benar-benar
mulai berhasil menjual Coke lebih banyak selama musim dingin daripada
pada musim panas.
Tetapi waktu berlalu, dan seperti semua
perusahaan ingin meningkatkan keuntungan yang lebih lagi, demikian juga dengan
Coca Cola. Coca Cola mentargetkan untuk menempatkan produk
Coca-Cola ke tangan konsumen setiap harinya. Semakin banyak mereka
mengobservasi, semakin mereka menyadari bahwa orang perlu istirahat dalam
kesibukan mereka sehari-hari. Dan Coke harus ada di tangan konsumen
selama waktu istirahat / samtai mereka.
Melalui marketing campaigns yang dilakukan
maka Coca Cola sanggup mencetak sejarah dunia industri minuman dimana
seperti motonya “ Always Coca Cola “ demikianlah Coca
Cola menempatkan produknya sebagai minuman yang selalu ada di tangan konsumen
di waktu istiahat / santai mereka, "The Pause That
Refreshes".
4. Volkswagen "Think Small"
"Think Small" merupakan kampanye iklan VW yang paling legendaris di sepanjang
masa. Sejak saat itu sampai sekarang, setiap perusahaan mengukur
keberhasilan kampanye iklan mereka terhadap kampanye Think Small. Volkswagen
memiliki banyak kesuksesan dengan VW Beetle di pasaran Eropa. Dan
VW berusaha masuk ke pasaran Amerika dimana Kendaraan yang lebih besar jauh
lebih populer di AS. Belum lagi VW diproduksi dari mobil-mobil Jerman yang
dipakai oleh Nazi pada saat itu.
Tim promosi dari VW harus melakukan
sesuatu yang berbeda untuk memenangkan konsumen yang lesu. Kampanye pada saat
itu sangat ketat. Sehingga Iklan VW yang bertujuan untuk menjual dibuat
informatif dan fantastis . VW bukanlah produsen mobil papan
atas saat ini, dan memang tidak pernah benar-benar berada di
papan atas. Namun, dampak dari kampanye iklannya sanggup merevolusi dunia
periklanan.
Kampanye pemasaran yang sukses adalah hasil
dari rencana pemasaran yang sangat baik dan kaya akan kreativitas. Catchy
phrases dan slogan memberikan image bagi produk Anda. Jingle yang
menarik akan menjadi populer di kalangan masyarakat. Kampanye pemasaran
yang sukses memberikan identitas untuk produk Anda dan membantu Anda untuk
meraih keuntungan.
Dengan perencanaan pemasaran dan
pelaksanaan yang tepat, maka kampanye pemasaran yang sukses akan berhasil
Anda capai. Dan setiap tim pemasaran memobilisasi daya upaya mereka untuk
untuk menghasilkan kesuksesan dalam kampanye pemasaran Anda.
Demikianlah
beberapa contoh marketing campaign paling sukses sepanjang
masa dari kami. Tentunya
di era digital seperti saat ini kondisinya sudah berubah drastis. Walaupun
demikian konsep dasarnya tetaplah sama. Riset pasar adalah modal dasar. Blog
ini berkembang juga karena riset. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di
lain kesempatan (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Contoh Marketing Campaign Paling Sukses Sepanjang Masa"