Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Marketing Campaign Paling Sukses Sepanjang Masa

Daftar Isi [Tampil]

 

Contoh Marketing Campaign Paling Sukses Sepanjang Masa

Contoh Marketing Campaign - Kampanye pemasaran yang sukses sanggup meninggalkan legalitas  dan mencetak sebuah merek produk di hati dan pikiran konsumen. Disini akan dibahas tentang berbagai hal penting  dari sebuah kampanye pemasaran yang sukses.

Untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye pemasaran maka diperlukan strategi pemasaran yang jenius dari  ahli periklanan.  Selanjutnya  perlu untuk merancang sebuah  kampanye pemasaran untuk membangun identitas produk dan akhirnya membuat sebuah  merek.  Untuk mengubah produk menjadi merek, maka peran dari kampanye pemasaran yang sukses adalah sangat penting.

Seperti  ikon Apple melakukan kampanye periklanannya  "Get a Mac"  atau peluncuran iPhone,  ini merupakan salah satu kampanye pemasaran yang paling sukses yang pernah ada.  Juga sepatu  Nike "Just Do" atau  "Think Small " Volkswagen. Strategi pemasaran yang sukses membuat produk berdiri di kelas elit sebagai produk legendaris dan akan selalu  diingat selama beberapa dekade. Untuk memperoleh kampanye pemasaran yang sukses, tim pemasaran harus berfokus pada beberapa parameter penting

 

Unsur-unsur Sukses dari Marketing Campaign

Sebuah pemasaran merupakan fakta penting yang harus disadari oleh setiap perusahaan. Jika  setiap perusahaan yang saat ini terdapat persaingan yang sangat kompetitif  menyadari  tentang hal itu maka  kompetisi yang ada akan menjadi semakin  intens dan menantang. Kampanye pemasaran yang sukses dan teknik pemasaran yang sukses membuat perbedaan bagi setiap perusahaan. Unsur-unsur utama dari kampanye pemasaran (Marketing Campaign) yang sukses adalah sebagai berikut.

1. Hit the Bull's Eye

Ciri dari setiap kampanye pemasaran yang sukses adalah untuk menciptakan ceruk pasar,  target audience  yang harus dicapai melalui marketing tools  yang efektif. Dalam  kampanye Anda, Anda harus sudah dapat  memastikan bahwa Anda bisa mempengaruhi para pelanggan Anda dari target audience yang ada. Juga  Anda sudah melakukan riset pasar yang luas. Jangan sampai  Anda mengabaikan parameter penting ini  supaya  peluncurkan / launching  produk Anda berhasil.

Melalui riset pemasaran, tim pemasaran mengumpulkan data, memahami psikologi dan keinginan  konsumen yang merupakan bagian yang  terpenting untuk meraih omzet yang besar. Penting untuk memiliki  penelitian / riset  pemasaran  sehingga dapat membentuk dasar dari kampanye pemasaran .  Selain itu riset pemasaran juga membantu perusahaan untuk memaksimalkan penjualan,  mencetak  keuntungan dan berkembang di pasar.

2. Divide and Conquer

Perusahaan Anda harus memperhatikan pola sosial, ekonomi dan geografis suatu daerah karena hal itu akan berdampak signifikan pada  kemampuan konsumen membeli sebuah produk. Pemasaran pada saat ini memiliki  spektrum yang luas dan homogen.

Hanya memiliki  satu strategi tidak akan berhasil  untuk tingkat pendapatan keluarga bervariasi, usia, jenis kelamin dan gaya hidup. Di sinilah pentingnya  strategi  bauran pemasaran yang harus Anda gunakan. Empat P dari  pemasaran. Product, Price, Place and Promotion,  Produk, Harga, Tempat dan Promosi membentuk empat dimensi strategi bauran pemasaran.

3. Right Timing is Critical

Memasuki pasar pada waktu yang tepat dan dengan strategi yang terencana dengan baik sangat penting. Hal ini membuat  Anda wajib untuk memiliki rencana pemasaran yang terdokumentasi dengan baik setiap kali  Anda akan memasuki pasar. Peluncuran produk Anda harus dengan  gaya yang  menarik perhatian konsumen.

Semakin kreatif Anda dalam menggunakan metode promosi pemasaran, semakin lebih lagi  Anda memiliki peluang untuk sukses.  Selain itu Anda harus memiliki  inovasi-inovasi dan ide-ide promosi pemasaran Anda. Hal ini  akan membantu Anda untuk memenuhi tujuan Anda untuk membuat pelanggan Anda mengetahui tentang produk Anda dan kualitas produk Anda.

 

Contoh Marketing Campaigns Tersukses

Tujuan dari  semua marketing campaign  adalah  menjual produk dan membuat iklan mereka  melekat  di dalam pikiran konsumen.  Berikut adalah beberapa contoh marketing campaign yang berhasil sepanjang masa.

1. Clairol "Does She, or Doesn't She"

Shirley Polykoff,  merupakan bintang iklan Clairol yang  legendaris. Dia memposisikan dirinya dari  awal sebagai dinamo dalam sale dan iklan product Clairol. Walau pada awal kampanyenya dia  ditolak oleh majalah Life  karena dianggap "terlalu sugestif." Tetapi dia dapat mengubahnya dan membuat image seorang gadis manis adalah yang memiliki rambut berwarna.

Sebagai hasil dari kampanye ini,  maka  hair coloring   /  pewarna rambut Clairol meledak dipasaran secara luarbiasa  di era  tahun '50-an. Pendapatan perusahaan  meledak hingga  800 persen, dari $ 25 juta per tahun menjadi  $ 200 juta.  Clairol  sanggup mendominasi pasar pewarnaan rambut, bahkan sampai saat ini.

2. Nike  "Just Do It"

Wieden & Kennedy Diakhir tahun 1970 dan awal 1980, pakaian olahraga Reebok dijual jauh lebih baik dan memiliki pangsa pasar  yang sangat baik.  Samua ini karena adanya  ledakan  antusiasme di dunia aerobic, diantara kaum hawa.  Pada waktu itu Nike dikenal sebagai sepatu pelari maraton .
Di akhir tahun '80-an, mereka mulai dapat mengatasi setiap faktor demografis. Nike  melakukan kampanye pemasaran  mereka  dengan slogan "Just Do It"
.

Kampanye ini diciptakan pada pertemuan eksekutif antara WK dan Nike. Slogan  ini mencerminkan budaya perusahaan dan adanya pendekatan iklan kepada konsumen. Dan, mereka behasil membuat kampanye periklanan mereka secara cerdas, humoris dan menarik/ keren.  Nike  memproduksi  pakaian olahraga keren untuk dipakai setiap saat, baik sedang aktif berolah raga maupun sedang tidak sedang aktif.

Di era  90-an, Nike meraih penjualan yang meledak di mana penjualannya  melonjak dari 18% menjadi 43%, dari $ 800 juta per tahun pada tahun 1988  menjadi  $ 9,2 bilion pada tahun 1998.  Jika Anda ingin terlihat menarik / keren, maka slogan Nike adalah “ Just Do It “.

3. Coca-Cola "The Pause That Refreshes"

D'Arcy Co, Seperti kampanye-kampanye hebat lainnya, maka kampanye Coca Cola  dimulai dengan suatu masalah. Coca-Cola tidak memiliki masalah dalam  menjual produknya  selama  musim panas.

Masalahnya adalah  di musim dingin, ketika  hampir dikatakan tidak ada penjualan yang dihasilkan
Dalam upaya untuk mengatasi   penjualan musiman mereka, mereka berpaling ke  D'Arcy Co untuk berkampanye. " Thirst Knows No Season " ketika pertama kalinya  mereka luncurkan dalam  marketing campaign, maka mendapatka
n sambutan yang  sangat baik. Sehingga Coca Cola  benar-benar mulai berhasil  menjual Coke lebih banyak selama musim dingin daripada  pada musim panas.

Tetapi waktu berlalu, dan seperti semua perusahaan ingin meningkatkan keuntungan yang lebih lagi, demikian juga dengan Coca Cola. Coca Cola  mentargetkan  untuk menempatkan produk Coca-Cola ke tangan konsumen  setiap harinya.  Semakin banyak mereka mengobservasi, semakin mereka menyadari bahwa orang perlu istirahat  dalam kesibukan  mereka sehari-hari. Dan Coke  harus ada di tangan konsumen selama waktu istirahat / samtai  mereka.

Melalui marketing campaigns yang dilakukan maka  Coca Cola sanggup mencetak sejarah dunia industri minuman dimana seperti motonya “ Always Coca Cola “ demikianlah Coca Cola menempatkan produknya sebagai minuman yang selalu ada di tangan konsumen di waktu istiahat / santai mereka,  "The Pause That Refreshes".

4. Volkswagen "Think Small"

"Think Small" merupakan kampanye iklan VW yang paling legendaris di sepanjang masa. Sejak saat itu sampai sekarang, setiap perusahaan  mengukur keberhasilan kampanye iklan mereka terhadap kampanye Think Small. Volkswagen memiliki  banyak kesuksesan  dengan VW Beetle di pasaran Eropa. Dan VW berusaha masuk ke pasaran Amerika dimana Kendaraan yang lebih besar jauh lebih populer di AS. Belum lagi VW diproduksi dari mobil-mobil Jerman yang dipakai oleh  Nazi pada saat itu.

Tim promosi dari VW  harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk memenangkan konsumen yang lesu. Kampanye pada saat itu sangat  ketat. Sehingga Iklan VW yang bertujuan untuk menjual dibuat informatif  dan  fantastis . VW bukanlah  produsen mobil papan atas saat   ini, dan memang  tidak pernah benar-benar berada di papan atas. Namun, dampak dari kampanye iklannya sanggup merevolusi dunia periklanan.

Kampanye pemasaran yang sukses adalah hasil dari rencana pemasaran yang sangat baik dan kaya akan kreativitas. Catchy phrases  dan slogan memberikan image bagi  produk Anda. Jingle yang menarik akan  menjadi populer di kalangan masyarakat. Kampanye pemasaran yang sukses memberikan identitas untuk produk Anda dan membantu Anda untuk meraih keuntungan.

Dengan perencanaan pemasaran   dan pelaksanaan yang tepat, maka  kampanye pemasaran yang sukses akan berhasil Anda capai.  Dan setiap tim pemasaran memobilisasi daya upaya mereka untuk untuk menghasilkan kesuksesan dalam kampanye pemasaran Anda.

Demikianlah beberapa contoh marketing campaign paling sukses sepanjang masa dari kami. Tentunya di era digital seperti saat ini kondisinya sudah berubah drastis. Walaupun demikian konsep dasarnya tetaplah sama. Riset pasar adalah modal dasar. Blog ini berkembang juga karena riset. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Contoh Marketing Campaign Paling Sukses Sepanjang Masa"