Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Penjual Yang Sukses dan Profesional

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Menjadi Penjual Yang Sukses dan Profesional

Cara Menjadi Penjual Yang Sukses dan Profesional - Sebelum kita melakukan penjualan ada beberapa hal yang harus diperhatikan di sini sebagai pedoman untuk menjadi penjual yang profesional, yaitu :

1. Pahami produk anda 

Dalam hal ini kita harus benar-benar memahami fitur produk yang akan kita jual ke calon konsumen kita, supaya ketika kita ditanya oleh calon konsumen kita, kita tidak menjawab asal-asalan, sehingga calon konsumen juga respek pada kita karena kita benar-benar menguasai produk yang kita jual tersebut.

Kemudian kita juga harus juga memahami keuntungan dari setiap fitur sehubungan dengan situasi pelanggan/calon konsumen kita supaya ketika ada keberatan dari calon konsumen kita, kita ada jurus untuk mematahkan setiap tolakan atau keberatan dari produk yang kita tawarkan tersebut.  Juga kita harus pahami semua syarat pembelian (mis: harga, jadwal pengiriman, kredit), sehingga ketika proses penjualan itu berlangsung sampai ke calon konsumennya benar-benar jelas sehingga dihindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perselisihan antara kita sebagai penjual dengan konsumen kita tersebut.

Selanjutnya kita harus mampu memberikan demonstrasi produk dengan mata tertutup (bisa menjelaskan demo yang diberikan di luar kepala tanpa melihat teks yg dipresentasikan) sehingga hal ini menambah kepercayaan calon konsumen kita kepada kita karena kita menguasai produk yang kita jual tersebut.

Dan juga mampu menghafalkan informasi dalam panduan penjualan anda sehingga kita benar-benar dianggap profesional oleh calon konsumen kita, membuat dia benar-benar yakin dengan kita dan produk kita dan akhirnya dia pasti mau membeli produk yang kita jual tersebut.

2. Pahami produk pesaing Anda

Hal penting berikutnya sebagai cara menjadi penjual yang sukses dan profesional adalah tentang pemahaman terhadap produk pesaing. Dalam hal ini kita juga harus memahami fitur produk pesaing kita supaya ketika calon konsumen kita membandingkan produk pesaing dengan produk kita, kita bisa memberikan juga pandangan tentang produk pesaing, baik kelebihan dan kelemahannya sehingga calon konsumen kita benar-benar memandang kita sebagai penjual yang sungguh-sungguh mengerti produk pesaing juga selain produk yang kita jual tersebut.

Dan kita juga harus pahami keuntungan dari fitur pesaing kita, sehingga ketika produk yang akan kita jual kepada calon konsumen membandingkan dengan produk yang lain kita tahu juga dan tidak menutup mata. Selain itu kita bisa arahkan calon konsumen melihat sisi lain dari produk kita seperti harga yang lebih murah dari produk pesaing dengan mutu yang tidak begitu beda jauh sehingga calon konsumen bisa berpikir dan memutuskan untuk membeli produk kita.

Selain itu kita juga harus pahami keuntungan produk kita dibanding fitur dan keuntungan produk pesaing. Ketika dibandingkan bisa dilihat dari sisi keuntungannya, konsumen bisa berpikir sendiri dengan keuntungan yang kita bisa berikan dari produk kita dibanding dengan keuntungan dari produk pesaing kita.

Begitu juga kita harus pahami persaingan harga dan syarat penjualan sehingga calon konsumen benar-benar mengerti produk kita dan puas dengan penjelasan kita dan akhirnya calon konsumen membeli produk kita.

3. Kita juga harus pahami Pelanggan kita

Kita harus pahami jenis bisnis pelanggan kita, sehingga pada saat penawaran produk ke pelanggan/ konsumen kita ini, kita sudah tahu produk apa yang kira-kira yang ia butuhkan sesuai dengan jenis bisnis usahanya tersebut.

Dengan demikian kita juga harus pahami potensi penjualan pelanggan ini, sehingga kita bisa mengukur berapa kemampuan untuk banyaknya produk nantinya yang ia dapat beli dari produk yang kita tawarkan kepadanya nanti. Dan kita juga harus pahami sejarah pelanggan ini dengan perusahaan kita supaya kita tahu apa saja yang selama ini dia sukai dan apa saja yang dia tidak sukai dari cara kita melayani konsumen kita tersebut sehingga pelanggan/konsumen ini jadi benar-benar royal/setia atas produk kita.

Kita juga pahami sejarah perusahaan ini dengan anda (catatan tentang pelanggan), sehingga kita benar-benar dapat memberikan service yang memuaskan kepada konsumen kita tesebut dan dia menjadi pelanggan/konsumen kita yang setia atas produk kita.

Demikian pedoman-pedoman cara menjadi penjual yang sukses dan profesional. Semoga bermanfaat dan happy selling….. (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Penjual Yang Sukses dan Profesional"