Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Nama Brand Agar Mudah Diingat

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Menentukan Nama Brand Agar Mudah Diingat

Cara Menentukan Nama Brand Agar Mudah Diingat - Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu produk adalah nama brand atau merek. Di samping memiliki produk yang baik dan berkualitas, sebuah produk juga harus memiliki nama brand yang bagus agar Brand atau Merek produk anda selalu diingat oleh konsumen.

Sebenarnya banyak restaurant yang mampu membuat pizza yang mungkin lebih lezat dari pizza hut. Namun, jika menyebut pizza maka yang terlintas di benak banyak orang adalah Pizza Hut. Tanya kenapa? Ya, karena merek dan brand mereka memang sudah sangat terkenal sehingga hampir semua orang tahu merek atau brand ini.

 

Cara Menentukan Nama Brand

Bagaimana dengan produk anda, apakah sudah memiliki brand yang bagus? Anda harus menemukan strtegi dan cara dalam menentukan nama brand agar mudah diingat. Berikut ini adalah beberapa cara agar brand atau merek anda selalu diingat:

1. Sesuaikan nama brand atau merek dengan target pasar

Sesuaikan nama brand dengan target pasar yang anda bidik. Misalnya saja anda ingin memuat salon dengan target perempuan, anak muda, trendy maka kira-kira nama apa yang cocok untuk salon tersebut? Salon Cinta, Salon Joko, Salon Nimas, Salon dewi, atau Salon Jolie?

2. Hindari Penggunaan singkatan konsonan dan angka

Singkatan konsonan dapat membuat nama brand atau merek anda lebih sukar diingat. Selain itu singkatan konsonan juga lebih sukar terasosiasi oleh produknya. Misalnya saja “yuk, kita ke toko HJK”.  Ternyata setelah sampai berjejer toko KJH, KHJ, JKH, dan sebagainya yang membuat konsumen bingung mana nih yang bener.

3. Buat nama brand atau merek dengan nama yang nyeleneh

Ya, buat saja nama brand atau merek yang nyeleneh agar mudah diingat. Kita bisa lihat kesuksesan dari produk yang menggunakan metode ini, misalnya Rawon Setan maupun Soto Gebrak. Kalau menyebut rawon pasti rawon setanlah yang ada dibenak anda. Nama atau merek nyeleneh ini tidak harus selalu berkonotasi negative, bisa saja anda membuat rawon malaikat.

4. Mudah diucapkan dan diingat

Recengkokitananitu, cobalah anda baca kata tersebut. Saya jamin lidah anda akan keriting membacanya. Nama yang mudah untuk diingat adalah nama dengan yang terdiri dari dua sampai empat suku kata namun tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan. Misalnya “Kaos Gaul” akan lebih baik daripada “KaoSSport” karena lebih mudah diucapkan dan tidak bertabrakan dengan konsonan.

5. Buat diferensiasi produk

Buatlah orang langsung ngeh dengan produk anda. Orang langsung akan mengetahui perbedaan yang dari produk anda. Misalnya saja “Oseng Mercon” dimana orang akan langsung ngeh jika makanan ini merupakan makanan yang sangat pedas.


Demikianlah sedikit bahasan kami mengenai cara menentukan nama brand atau merek yang mudah diingat. Baik untuk produk makanan, baju, maupun fashion tidaklah jauh berbeda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (bisnisan.id).

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Nama Brand Agar Mudah Diingat"