Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Customer Service Mindset

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Membangun Customer Service Mindset

Cara Membangun Customer Service Mindset - Membangun suatu budaya service dalam sebuah bisnis atau perusahaan tidaklah mudah karena sering kali karyawan beranggapan bahwa service hanyalah tugas karyawan yang berada di garis depan seperti Customer Service, Security, Marketing dan Receptionist. Selain itu budaya mayoritas masyarakat cenderung individualistis yang hanya memikirkan diri sendiri, sehingga kesadaran untuk melayani sangat kecil.  

Service mindset adalah pola pikir yang berfokus pada penciptaan nilai, loyalitas, dan kepercayaan pelanggan. Seseorang dengan mindset ini tidak hanya sekadar menyediakan produk atau layanan, namun juga menciptakan jejak positif di benak pelanggan dan memberikan pelayanan yang melampaui ekspektasi. Service mindset adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap orang dan bukan hanya menjadi bagian dari pekerjaan seorang sales atau marketing yang menjadi garda terdepan menangani langsung pembeli.

Karena itu perlu sekali mengembangkan service mindset atau pola pikir melayani dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Mindset terbentuk karena adanya kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang.  Mindset karyawan yang berpikir bahwa service hanyalah tugas mereka yang ada di garis depan dan pemikiran bahwa selama pekerjaan saya selesai masa bodoh dengan orang lain, inilah yang perlu dirubah dengan cara membentuk sebuah kebiasaan baru yaitu kebiasaan melayani. 

 

Apakah Karyawan Anda Memiliki Service Mindset?

Bagaimana mengetahui apakah seseorang atau karyawan anda memiliki service mindset.  Berikut caranya:

1.      Karyawan yang memandang bahwa customer adalah raja

2.      Karyawan anda sering membicarakan hal-hal positif mengenai pelanggan dari pada hal-hal negatif

3.      Memandang sikap negatif customer (complain atau kritik) sebagai kesempatan untuk belajar memberikan layanan yang lebih baik

4.      Selalu memandang pekerjaan dalam perspektif konsumen

5.      Selalu berusaha menolong customer

Bila seorang karyawan atau petugas customer service tidak memiliki hal-hal di atas, maka bisa dipastikan bahwa karyawan tersebut belum memiliki mindset service.  Karena itu perlu membangun service mindset pada setiap karyawan yang ada sehingga karyawan menjadi sadar bahwa memberikan layanan yang baik merupakan tugas setiap karyawan. 

 

Bagaimana Cara Membangun Service Mindset?

Beberapa cara dapat digunakan untuk membangun service mindset, diantaranya adalah :

1.         Melakukan survey atau observasi untuk mengetahui tingkat layanan kepada konsumen

2.         Melakukan survey terhadap service internal (hubungan antara karyawan di masing-masing departemen)

3.         Membuat service standard dan mensosialisasikan kepada setiap karyawan supaya karyawan menyadari bahwa perusahaan sudah menerapkan standard service

4.         Memberikan training baik kepada karyawan yang berada di garis depan maupun yang tidak untuk membangun kesadaran akan service dalam diri masing-masing karyawan

5.         Membuat slogan atau semboyan service dan menaruhnya pada posisi strategis di kantor sehingga setiap karyawan selalu membacanya dan menyadarinya.  Beberapa perusahaan menggunakan pin yang ditempel di kemeja atau blouse dari karyawan.

6.         Melakukan evaluasi secara periodic mengenai standard service yang sudah ditetapkan apakah masih tetap menjadi acuan tiap-tiap karyawan

7.         Memberikan peringatan bagi karyawan yang melakukan pelanggaran

 

Nah, demikianlah cara membangun customer service mindset yang bisa kami sampaikan. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Customer Service Mindset"