Buatlah Pelanggan Meningkatkan Penjualan Anda
Buatlah Pelanggan Meningkatkan
Penjualan Anda - Pernahkah Anda
menghitung berapa pelanggan Anda? Dan, berapakah pelanggan setia Anda? Maukah
Anda jika para pelanggan Anda bisa membantu meningkatkan penjualan? Salah satu
rahasia sukses para penjual hebat di dunia ini adalah bagaimana mereka bisa
menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya.
Ternyata, jika kita mampu menjaga hubungan
baik dengan para pelanggan dalam waktu yang cukup lama, bisa saja pelanggan
kita dengan senang hati turut membantu penjualan. Sebagai contoh, strategi
tersebut pernah dilakukan salah satu penjual hebat di dunia yaitu Barry Farber.
Meskipun saat itu dia menjual mesin fotokopi
dari merek yang belum terkenal, saat itu merek yang terkenalnya adalah Xerox,
dia tetap bisa menghasilkan penjualan yang dahsyat. Salah satu cara yang
digunakan adalah dengan memberikan suatu penawaran yang luar biasa kepada calon
pelanggannya agar mereka yakin dan sangat yakin dengan apa yang ditawarkan,
sampai akhirnya mereka bisa melakukan pembelian.
Setelah melakukan pembelian, Barry juga
memberikan jaminan servis yang luar biasa yang tidak diberikan oleh pesaing
lainnya. Dia bahkan memberikan pelayanan servis 24 jam. Dia mengatakan kepada
para pelanggannya, dia benar-benar bisa dihubungi selama 24 jam dalam satu hari
jika ada kerusakan atau permasalahan yang dialami oleh pelanggannya berkaitan
dengan mesin fotokopi yang dijualnya.
Layanan yang dijanjikan itu bukan sekadar
perkataan. Barry benar-benar membuktikan bahwa dia memberikan servis dengan
penuh profesionalisme hingga para pelanggannya benar-benar puas. Setelah
pelanggan benar-benar puas, Barry juga meminta testimoni dari para
pelanggannya.
Karena memang servis yang diberikan Barry
benar-benar baik, banyak pelanggan mau dengan senang hati memberikan testimoni
yang positif tentang produk yang dijualnya, layanan purnajual, dan servis yang
memuaskan. Begitu seterusnya Barry selalu meminta testimoni setiap kali ada
pelanggan yang puas.
Hingga akhirnya kekuatan dari testimoni
tersebut membuat banyak calon pelanggan lain yang tertarik dengan produk yang
ditawarkan olehnya. Seperti juga yang saya praktikkan sendiri, ketika saya
mengadakan seminar, selalu saya berikan yang terbaik sehingga banyak peserta
seminar yang puas dan bisa mendapatkan hasil yang dahsyat setelah mengikuti dan
mempraktikkan seminar yang saya gelar.
Akhirnya banyak pula peserta yang memberikan
testimoni dan salah satunya dengan testimoni-testimoni itu bisa menjadi sarana
efektif sehingga banyak orang yang tadinya belum pernah mengikuti seminar
menjadi tertarik untuk mengikuti seminar-seminar saya yang lainnya.
Saya juga sering kali membantu para
peserta seminar yang memberikan testimoni untuk semakin mendapatkan hasil yang
dahsyat antara lain jika produk/jasa mereka memang benar-benar bagus, saya juga
dengan senang hati menginformasikan produk/jasa mereka kepada para peserta
seminar saya yang lainnya. Dengan sinergi saling mendukung, terjalin kerja sama
yang lebih baik.
Di mana para peserta seminar semakin untung,
dan saya juga semakin untung karena peserta seminar semakin banyak. Dengan cara
seperti ini, banyak peserta seminar saya yang dengan senang hati dan penuh
semangat senantiasa mengikuti seminar-seminar yang lainnya bahkan lebih dari
sepuluh kali berturut-turut.
Karena itu, yang harus benar-benar
diperhatikan adalah menjaga dan membina para pelanggan dengan baik. Karena
dengan demikian para pelanggan Anda bisa dengan sendirinya dengan senang hati
membantu penjualan Anda atau setidaknya ikut membantu proses penjualan Anda
hingga bisa menjadi lebih dahsyat lagi.
Ternyata,
dengan membangun relasi dengan pelanggan maka mereka mampu berkontribusi dalam
meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Buatlah Pelanggan Meningkatkan Penjualan Anda"