Berikut Ini Yang Merupakan Solusi Untuk Pelanggan Marah
Berikut Ini Yang Merupakan Solusi Untuk
Pelanggan Marah - Pelanggan biasanya
menjadi marah ketika mereka merasa diperlakukan dengan tidak adil. Menawarkan
permintaan maaf yang tulus serta meyakinkan pelanggan bahwa Anda
menindaklanjuti pengaduan serius adalah langkah penting untuk membuat seseorang
pelanggan yang marah menjadi tenang.
Selain langkah itu, Anda dapat mendengarkan
secara simpatik sementara pelanggan mengungkapkan perasaan marah dan
frustrasinya. Setelah itu, aturlah pemecahan masalah pelanggan.
Untuk memudahkan Anda, berikut kami paparkan
beberapa intruksi yang harus Anda lakukan untuk meredakan kemarahan pelanggan. Semoga beberapa solusi saat pelanggan marah ini berguna untuk Anda.
1. Dengarkan apa yang pelanggan katakan. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada masalah dan
memberikan dia kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya. Jangan menyela
ketika ia berbicara dan tidak mengambil kemarahannya sebagai serangan pribadi.
Jika berurusan dengan pelanggan secara tatap
muka, lakukan kontak mata dan mencatatlah untuk menunjukkan bahwa Anda
menangani keluhannya dengan serius.
2. Mengungkapkan empati. Sangat
penting untuk menjadi tulus karena jika tidak, pelanggan mungkin akan menangkap
hal itu dan merasa Anda sedang menggurui atau meremehkan. Katakan padanya bahwa
Anda mengerti mengapa dia marah. Bayangkan bagaimana perasaan Anda jika Anda
ditempatkan dalam situasi yang sama.
3. Fakta-fakta. Dengan tenang
Anda harus memahami
fakta-fakta (bukan kata-kata) dan kemudian menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi kepada
pelanggan Anda. Anda membutuhkan informasi sebanyak
mungkin untuk memecahkan masalah, jadi Anda bisa meminta bantuan pada karyawan Anda untuk
mengumpulkannya. Juga ajak pelanggan untuk membantu Anda juga, sehingga
tercipta keterlibatan pelanggan yang lebih dalam.
4. Janji untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan
masalah. Jika, misalnya, seseorang menerima produk
yang rusak, aturlah agar diganti secepat mungkin. Tawarkan untuk mengkompensasi
pelanggan dengan hadiah atau pengantaran gratis.
5. Menginformasikan pelanggan tentang langkah-langkah
tambahan yang Anda ambil untuk memperbaiki masalah itu.
Jika perlu berkonsultasi dengan supervisor atau mencari informasi tambahan dan
berjanji untuk menelepon kembali pada waktu yang telah ditentukan.
Nah, itulah
tadi beberapa hal yang merupakan solusi untuk pelanggan marah. Semoga bermanfaat
dan sampai jumpa lagi di lain bahasan. Salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Berikut Ini Yang Merupakan Solusi Untuk Pelanggan Marah"