Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Yang Dihadapi Bila Cicilan Tak Segera Dilunasi

Daftar Isi [Tampil]

 Bahaya Yang Dihadapi Bila Cicilan Tak Segera Dilunasi





Salah satu penyebab kenapa keuangan semakin tak sehat adalah memiliki cicilan yang terlalu banyak. Jika anda memiliki beban cicilan diharapkan untuk segera melunasi saat memiliki uang yang cukup. Tentunya akan berbahaya bila hal ini tidak diprioritaskan, menunda-nunda kewajiban membayar cicilan adalah sesuatu hal yang salah namun masih sering dilakukan. 


Keinginan membayar hanya ada saat uangnya belum ada, namun setelah memilikinya uang tersebut malah dialokasikan untuk hal yang kurang penting.


Lalu apa saja bahaya bahaya seseorang tak segera melunasi cicilan ? Simak ulasan berikut ini:


Tidak bisa mengurangi pengeluaran


Banyak skema cicilan yang mengunakan sistem bunga kepada peminjamnya, semakin banyak jumlah uang dan jangka waktu yang diminta, jumlah bunga yang harus dibayar juga semakin membengkak. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah langsung membayarnya, ketika anda memiliki uang. Memang awalnya, seperti kehilangan uang dalam waktu cepat, tapi hal ini akan membebaskan Anda dari bunga cicilan yang besar.


Uang akan terpakai untuk keperluan lain


Anda boleh percaya ataupun tidak, Ketika anda memutuskan menunda membayar cicilan uang tabungan tidak akan bertambah. Cicilan yang tidak dibayar ibarat seperti air yang meluber kemana saja. Bunganya akan semakin tinggi, dan kebanyakan orang akan lupa untuk membayar kewajibannya dan malah Memakai uang untuk keperluan lain.


Buang Mindset " Kalau Bisa dicicip kenapa harus dibayar lunas"


Seseorang yang memiliki mindset seperti ini biasanya adalah orang yang menyepelekan kewajiban. Mereka begitu hobi berhutang bahkan untuk keperluan yang sebelumnya belum urgen. Ketika punya uang tidak segera melunasi hutang, malah sibuk memelihara sikap konsumerisme. Hal-hal seperti ini harus dihindari agar anda tidak semakin terjerat dengan yang namanya beban cicilan. Lebih baik menyingkirkan ego demi masa depan keuangan yang lebih sehat.


Tidak bisa menentukan skala prioritas, mudah melalaikan hutang


Masih banyak orang yang tidak sadar, membeli barang dengan cara kredit juga termasuk bentuk hutang. Mereka sibuk membeli barang-barang branded semata-mata agar terlihat kaya ketika dilihat orang lain. Mereka tidak memikirkan yang namanya melunasi cicilan.


Hal ini diperparah dengan tidak adanya penentuan skala prioritas untuk mengatur arus masuk dan keluarnya uang. Alhasil seberapapun gaji yang mereka dapat, tidak membuatnya berkecukupan.

Posting Komentar untuk "Bahaya Yang Dihadapi Bila Cicilan Tak Segera Dilunasi"