Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan-alasan Kenapa Harga Crypto Turun Menurut Para Ahli

Daftar Isi [Tampil]

 Alasan-alasan Kenapa Harga Crypto Turun Menurut Para Ahli




Sebagai instrumen investasi yang memiliki karakter fluktuatif, Cryptocurrency bisa mengalami penurunan harga. Untuk para investor tentunya perlu tahu faktor-faktor yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Sebenarnya menurut beberapa pakar crypto, secara historis asset seperti BTC mengalami penurunan karena berbagai alasan.


Dan untuk mengetahui alasan tersebut mari kita simak ulasan berikut ini:


Pembatasan transaksi bitcoin oleh Elon Musk


Dilansir dari CNN Bisnis salah satu penyebab yang menyebabkan Bitcoin ambruk harganya pada awal tahun 2021 adalah akibat kebijakan Elon Musk. Ia tak mengijinkan transaksi menggunakan Bitcoin dalam bisnis Mobil Listrik Tesla. Buntut dari aturan direspon pasar menjadi sentimen negatif, mengakibatkan pasar crypto secara keseluruhan Menjadi bearish.


Menurut elon, penambangan bitcoin membutuhkan sumber daya energi yang tinggi dan tidak sejalan dengan bisnis mobil listriknya yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan.


Tekanan Pemerintah


Menurunnya harga crypto bukan hanya terjadi karena faktor internal pasar, namun juga faktor tekanan pemerintah. Hal ini pernah terjadi pada tahun lalu. Dimana pemerintah China melarang penambangan bitcoin, melarang transaksi pembayaran menggunakan Cryptocurrency ke seluruh aspek industri negeri tirai bambu tersebut.


Bank-bank China menindaklanjuti aturan tersebut dengan melakukan langkah pemblokiran saluran transaksi crypto baik lokal hingga internasional. Mereka beralasan menerapkan langkah tersebut  karena menganggap bitcoin cs hanya sebagai uang virtual yang tidak memiliki kegunaan seperti uang fisik.


Kenaikan Suku Bunga


Kebijakan The Fed selaku bank sentral Amerika yang menaikan Suku bunga di tahun 2022 ini, membuat ramai-ramai Investor menarik assetnya di Cryptocurrency, hal ini membuat bitcoin dan keseluruhan crypto harganya turun drastis. Kenaikan bunga membuat Investor mencari instrumen yang lebih aman dari resiko votalitas harga.


Hal ini juga diperparah dengan kebijakan Bank Rusia yang membatasi penambangan bitcoin dengan alasan untuk penghematan sumber daya listrik.


Sentimen Negatif dari Pihak-pihak Anti Crypto


Beberapa orang yang berpengaruh dalam dunia investasi tidak semuanya memiliki pandangan positif dengan crypto. Ada yang menganggap crypto adalah sistem ponzi, Crypto tidak memiliki underlying seperti saham dan emas dan anggapan negatif lainnya.


Menurut Jason Deane selaku Analisis Crypto mengatakan dalam jangka pendek berita negatif yang dihembuskan orang-orang berpengaruh berdampak penurunan instan pada aset. Namun dalam jangka panjang, crypto cepat mengalami bounce back dan kembali pada laju harga yang naik.


Permainan Leverage


Leverage adalah pinjaman yang diberikan broker pada trader. Menggunakan Leverage untuk kegiatan trading diharapkan mampu meningkatkan keuntungan yang dimiliki trader. Namun strategi ini juga berdampak pada tingginya angy penjualan dan akhirnya membuat harga crypto menjadi turun.


Posting Komentar untuk "Alasan-alasan Kenapa Harga Crypto Turun Menurut Para Ahli"