Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Karyawan Loyal Kepada Perusahaan

Daftar Isi [Tampil]

Agar Karyawan Loyal Kepada Perusahaan – Sering kali perusahaan menuntut karyawan untuk loyal kepada perusahaan tetapi sebenarnya membangun loyalitas karyawan pada perusahaan tidak lahir begitu saja, itu adalah sebuah proses sehingga membuat karyawan menjadi begitu mencintai perusahaan. Dan harus ada “sesuatu” yang diberikan perusahaan kepada karyawan untuk menumbuhkan hal tersebut.

Apakah pandangan perusahaan terhadap karyawan, jika perusahaan berpandangan bahwa karyawan adalah “mesin” yang harus mengerjakan pekerjaan sesuai aturan yang ada atau perusahaan memandang karyawan adalah partner menuju kemajuan perusahaan maka berdasarkan pandangan yang diambil maka akan berbeda juga cara memperlakukan karyawan.

Jika perusahaan memandang karyawan sebagai partner dalam kemajuan perusahaan maka karyawan akan merasa dihargai bahkan ditambah lagi dengan support yang diberikan perusahaan maka akan timbul rasa saling ketergantungan dan membuat karyawan menjadi loyal kepada perusahaan. Ada saling menghormati dan saling menghargai antara pihak perusahaan dan karyawan sebagai “mitra” kerja.

Hal lain yang dapat menumbuhkan loyalitas karyawan kepada perusahaan adalah para manajer yang tahu memperhatikan anak buahnya atau memberikan coaching kepada para anak buahnya, memberikan motivasi. Sangat diperlukan kepedulian atasan terhadap anak buahnya agar karyawan tetap loyal pada perusahaan.

Para manajer memberi kesempatan kepada anak buahnya memberi masukan atau kritik demi kemajuan bagiannya. Dan kalaupun anak buah mengalami kegagalan jangan terus menerus dipersalahkan tetapi berikan kembali motivasi untuk bangkit kembali, sehingga anak buah tidak selalu merasa takut gagal dan tidak berani mengambil inisiatif. Kegagalan anak buah bukan “kiamat”.

Kompensasi juga menaruh peran penting terhadap loyalitas karyawan terhadap perusahaan, jika kompensasi yang diperoleh cukup kompetitif belum lagi ditambah dengan reward yang diberikan maka karyawan pun dapat loyal kepada perusahaan. Reward yang diberikan perusahaan kepada karyawan tidak selalu uang, reward adalah bentuk penghargaan yang diberikan perusahaan kepada karyawan, sehingga karyawan merasa dihargai, bisa saja bentuknya voucher belanja atau hadiah yang tidak terlalu mahal tetapi menunjukkan penghargaan perusahaan kepada karyawan.

Sangat diperlukan review yang dilakukan oleh pihak perusahaan secara berkala terhadap kompensasi, benefit dan peraturan atau kebijakan yang diberikan perusahaan kepada karyawan dengan mengingat bahwa karyawan adalah partner bagi kemajuan perusahaan.

Libatkan para manajer dalam menetapkan target tahunan perusahaan dan para manajer melibatkan anak buahnya pada tiap-tiap bagian untuk menentukan target di unitnya masing-masing.
Sehingga setiap karyawan menjadi terlibat di
dalam membuat planning kemajuan perusahaan. Dan setiap karyawan memiliki “mimpi” apa yang harus dilakukan yang berguna bagi perusahaan. Jadikanlah karyawan sebagai aset penting perusahaan.

 

Demikianlah berbagi wacana kami seputar cara agar karyawan loyal kepada perusahaan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Agar Karyawan Loyal Kepada Perusahaan"