Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Prinsip Prinsip Pelayanan Pelanggan yang Paling Utama

Daftar Isi [Tampil]

 

9 Prinsip Prinsip Pelayanan Pelanggan yang Paling Utama

9 Prinsip Prinsip Pelayanan Pelanggan – Beberapa pendapat  mengatakan  bahwa  hal terbaik  yang dapat diberikan untuk pelayanan kepada  pelanggan  adalah  senyuman. Meskipun  hal ini baik  namun  tidak  sesuai  untuk  semua  kasus.  Misalkan  ada  seseorang Ibu yang  membawa anaknya  jalan-jalan  ke Mall kemudian  kaki  anaknya  cedera  karena  terpeleset  saat menaiki  tangga eskalator,  kemudian  orang  tuanya  menjelaskan  bagaimana  kejadiannya lalu  Anda  menanggapi  dengan  tersenyum.

Pelayanan  kepada  pelanggan  bukanlah  sesuatu  yang  dilakukan  atau  dipraktekkan  saja  namun  mengenai  hal-hal  yang prinsip.   Hal-hal  yang  dilakukan  dapat saja  berubah dan berbeda  tetapi  prinsipnya  tetap sama. Staf tersebut  tidak dapat hanya tersenyum seharian untuk memberikan apa yang diingini oleh para pelanggan.

 

Apa saja Prinsip Prinsip Pelayanan Pelanggan

Untuk  dapat meningkatkan  dampak  pelayanan kepada  pelanggan  ada  seperangkat  prinsip prinsip pelayanan pelanggan yang dapat Anda  gunakan  untuk mempertahankan  pelanggan Anda  puas, yaitu :

1.  Komitmen -  diperlukan komitmen yang sungguh-sungguh untuk melayani  pelanggan di semua tingkat baik mulai dari Top Management, Middle, dan  Supervisor sebagai individu yang aktual berhubungan dengan  pelanggan.

2.  Kredibilitas -  Kredibilitas harus dibangun dengan membangun kepercayaan terhadap  pelanggan.  Jika seorang pria memberikan janji dan dengan  konsisten memenuhi janji tersebut maka  reputasi dan kredibilitas dirinya meningkat demikian halnya juga dengan sebuah perusahaan.

3.  Budaya -  etos atau budaya  layanan  pelanggan  harus menjadi bagian yang terbentuk dalam budaya  perusahaan.  Tanpa  pelanggan maka perusahaan dan cara kerja  mereka tidak berarti apa-apa.

4.  Tanggung jawab -  ini merupakan  kunci utama dalam prinsip prinsip pelayanan pelanggan.   Di dalam  sebuah perusahaan harus ada satu otoritas yang konsisten  bertanggung-jawab  untuk semua masalah  layanan pelanggan.  Perlu  ada pemimpin  yang  jelas yang bisa melakukan pendekatan ke dalam perusahaan juga  berhak  untuk  mengambil keputusan langsung dalam menangani isu-isu  pelanggan yang muncul.

5.  Kompetensi -  di sini kehadiran Staf  sangat penting  dalam  menjaga etos  layanan pelanggan yang  baik.  Staf  yang direkrut  harus  paham dan sesuai dengan visi  perusahaan.  Kemudian  mereka  harus dilatih  dalam hal cara perusahaan menjalankan  bisnis  dan dinilai  dalam  menyelesaikan  pekerjaannya   pada suatu waktu tertentu.  Dengan cara demikian  maka  staf  perusahaan Anda tetap  kompeten.

6.  Sumber Daya – sangat  penting juga.  Tidak  ada  seorang pun  yang dapat  bekerja  tanpa tools  yang tepat.  Bayangkan  menjahit  kancing pada kemeja tanpa jarum,  ini  tidak bisa  dilakukan.  Jadi  apa  yang diperlukan perusahaan adalah  memastikan bahwa  selalu ada  sumber daya  cukup  tersedia  untuk  kebijakan-kebijakan yang  akan diikuti secara efektif.

7.  Kualitas  -   sepanjang  produk  dan  layanan  yang  berkualitas  secara konsisten  diberikan  untuk  pelanggan  maka kemungkinan rasa kecewa kecil.   Namun demikian  suatu  usaha  yang terus-menerus harus  dilakukan  untuk  memberikan pelanggan  masukan yang  relevan dan review  reaksi  mereka terhadap  sistem  perusahaan Anda.

8.  Umpan  Balik  -  kebanyakan  perusahaan mengabaikan  umpan  balik dari  pelanggan.  Ini seperti  sebuah  koleksi  yang  bisa  Anda  peroleh dari karyawan Anda yang sering berurusan  dengan  pelanggan.  Ada  begitu banyak karyawan atau Staf Anda  yang dapat  memberitahu feedback dari pelanggan,  Anda  hanya  perlu  mendengarkan sejenak.

9.  Perbaikan yang  terus-menerus  -   diperlukan  untuk memenuhi dan  melampaui  apa  yang dibutuhkan /diharapkan  pelanggan.  Identifikasi  dan  pengelolaan semua  masalah layanan  pelanggan merupakan hal  yang dibutuhkan   bukan saja untuk perusahaan berkembang tetapi  juga hal  reputasi  dan profit.

 

Demikianlah 9 prinsip prinsip pelayanan pelanggan yang paling utama. Semoga informasi ringkas ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat berkarya dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "9 Prinsip Prinsip Pelayanan Pelanggan yang Paling Utama"