Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Usaha Jangka Panjang di Desa dengan Hasil Fantastis

Daftar Isi [Tampil]

Meski mencari pekerjaan di kota semakin sulit, masih banyak masyarakat yang menolak jika harus pindah ke desa. Padahal, walaupun kehidupannya tidak seramai di kota, mungkin ada banyak peluang usaha jangka panjang di desa yang siap diraih. Desa bisa menjadi langkah awal untuk memulai aneka usaha yang berbeda.

Memulai sebuah usaha baik di desa maupun di kota pada prinsipnya adalah sama. Seseorang harus mengamati untuk menciptakan peluang usaha di desa yang bisa dikembangkan. Jika ingin memulai namun bingung menentukan bisnis yang hendak dijalani, berikut adalah ide usaha di desa yang bisa menjadi pilihan.

7 Ide Usaha Jangka Panjang di Desa

7 Ide Usaha Jangka Panjang di Desa


Meski hidup di desa, seseorang bisa menjadi sukses dalam berbisnis dan menghasilkan pendapatan yang fantastis. Asalkan jeli, sesungguhnya banyak peluang usaha di desa 2022 yang bisa menjadi sumber penghasilan yang stabil. Apabila sulit menentukan bisnis yang hendak dijalani, berikut adalah deretan ide usaha yang bisa dilakukan di desa. 

Usaha Jangka Panjang di Desa, Membuka Toko Kelontong 

Membuka sebuah toko kelontong memang bukan pilihan bisnis yang hits, namun ini adalah usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Banyak yang mengabaikan bisnis ini, namun toko kelontong adalah sebuah ide usaha jangka panjang yang paling praktis dan pasti dibutuhkan. 

Perikanan 

Apabila tinggal di wilayah yang memiliki air melimpah, maka usaha jangka panjang di desa berupa peternakan ikan bisa dijalankan. Permintaan ikan dan jenis hewan air lainnya masih tinggi, sehingga bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan jika dilakukan dengan serius. 

Asal tekun, bukan tidak mungkin hasil perikanan ini dapat diekspor sehingga menjadi salah satu industri kecil andalan di pedesaan. Peternak juga bisa membuka usaha di tempat yang sama selain budidaya ikan, misalnya membuka kolam pemancingan umum dan rumah makan. 

Budidaya Sayuran dan Buah Organik 

Seiring dengan kesadaran akan gaya hidup sehat, pasar sayur dan buah organik semakin berkembang karena adanya peningkatan permintaan yang kontinyu. Jika mencari ide bisnis di desa, maka budidaya tanaman organik adalah peluang yang ideal selama memiliki lahan pertanian yang cukup.

Lahan di desa masih sangat luas sehingga tentunya tidak akan sulit untuk mengembangkan pertanian organik. Meskipun tidak memiliki lahan sendiri, seorang pebisnis bisa menyewa tanah dan membayar pekerja untuk menggarapnya. 

Beternak Ayam Kampung 

Peternakan ayam kampung adalah usaha jangka panjang di desa yang memiliki prospek baik. Modal yang dibutuhkan untuk budidaya ayam kampung tidak sebesar beternak sapi atau kambing. Untungnya lagi, pengusaha bisa mendapatkan hasil berupa daging dan telur yang bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding ayam potong. 

Toko Pertanian 

Perekonomian di desa sebagian besar bergantung pada pertanian, maka membuka toko pertanian bisa menjadi ide usaha jangka panjang di desa selanjutnya. Tingginya aktivitas pertanian bisa menjadikan penjualan benih, bibit, pupuk, hingga pestisida menjadi bisnis yang besar di pedesaan.

Namun, perlu diingat bahwa pebisnis harus mematuhi peraturan pemerintah dan mendapatkan izin dari pihak berwenang sebelum memulai usaha ini. Tidak hanya itu, pemilik toko pertanian juga bisa menjual alat-alat yang dibutuhkan untuk kegiatan pertanian, seperti cangkul, bajak, hingga mesin panen.

Beberapa toko bahkan juga menjual hasil pertanian yang diperoleh dari petani setempat. Atas besarnya peluang bisnis di sini, maka masuk akal jika toko pertanian termasuk sebagai salah satu usaha terbaik untuk pedesaan. 

Salon atau Barbershop 

Salon atau barbershop adalah jenis layanan yang dibutuhkan oleh seluruh kalangan usia. Kebanyakan orang pergi untuk memotong rambut paling tidak 4-5 kali dalam setahun. Berpikirlah lebih besar agar mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Tidak hanya khusus memotong rambut, namun bukalah salon yang memberikan layanan tambahan.

Pikirkan untuk memberikan layanan perawatan bagi rambut, wajah, dan badan. Tawarkan juga perawatan bagi kuku tangan dan kaki serta merias wajah untuk acara spesial. Raihlah pelanggan yang setia dengan selalu memperhatikan tipe riasan dan potongan rambut yang sedang digemari kala ini.

Bengkel 

Membuka bengkel sepeda motor adalah salah satu ide terbaik untuk bisnis jangka panjang di pedesaan. Pasalnya, sepeda motor telah menjadi transportasi utama yang pasti dimiliki sebagian besar masyarakat. Selain itu, tidak semua orang bisa membetulkan sepeda motornya sendiri sehingga jasa bengkel masih sangat dibutuhkan. 

Namun, untuk membuka usaha bengkel, seseorang harus memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permesinan dan spare part sepeda motor. Apabila usaha ini telah berkembang, maka pebisnis bisa membayar tenaga kerja yang akan mengerjakan perbaikannya.

Selain usaha bengkel, pebisnis juga bisa membuka usaha tambahan yang berkaitan. Usaha yang bisa dijalankan contohnya adalah menjual aksesoris kendaraan, aneka spare part sepeda motor, hingga POM bensin mini. Berikan layanan gratis seperti mencuci sepeda motor yang telah selesai diperbaiki agar menarik hati pelanggan.

Dari ketujuh ide usaha jangka panjang di desa yang telah disebutkan di atas, manakah yang telah menjadi pilihan? Apa pun pilihan yang telah ditetapkan, pastikan semuanya telah melalui perencanaan yang matang dengan memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. Jangan mengambil keputusan terburu-buru agar tidak menyesal di kemudian hari. (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "7 Ide Usaha Jangka Panjang di Desa dengan Hasil Fantastis"