Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Efektif Meningkatkan Penjualan Melalui Live Streaming

Daftar Isi [Tampil]

 5 Tips Efektif Meningkatkan Penjualan Melalui Live Streaming




Live streaming kini menjadi trend dalam mempromosikan sebuah bisnis. Live streaming diklaim memberikan pengalaman yang lebih luas, interaktif, menghibur dan informatif kepada calon konsumen. Metode promosi ini mampu mengkomunikasikan kegiatan belanja dengan sesuatu yang berbau entertainment atau yang lebih simpel disebut dengan shoppertainment.


Platform-platform untuk melakukan live streaming pun bermacam-macam ada Tiktok Live, Shopee Live, Lazada Live dan sebagainya. Banyak pelaku usaha yang juga terjun menggunakan layanan tersebut, karena mampu mendongkrak penjualan sampai 50 % .


Lalu seperti apa tips menaikkan penjualan melalui live streaming ? Simak ulasan berikut ini:


Pengetahuan tentang target pasar


Live streaming harus dikemas secara menarik dengan cara menyesuaikan konten dengan kegelisahan/trend yang ada dalam sebuah Segmentasi pasar. Pengiklan harus tahu seluk-beluk Mengenai pasar yang ingin ia sadar.


Baca juga: Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan


Untuk mempermudah mengetahui target pasar kita bisa menggunakan tool analytic yang biasanya disediakan oleh platform tempat live streaming. Contohnya di lazada, kita bisa menggunakan menu seller center untuk mendapatkan data-data mengenai pembeli.


Cari waktu terbaik untuk live streaming


Agar insight live streaming yang dilakukan bisa ditonton oleh banyak orang, kita harus tahu tentang waktu-waktu Terbaik untuk melakukannya. Ada beberapa waktu dimana banyak orang memiliki waktu untuk mengecek marketplace dan melakukan belanja online. Seperti pada saat weekend banyak orang libur dari pekerjaannya, tanggal-tanggal gajian juga merupakan waktu yang bagus untuk live streaming karena uang yang dimiliki orang masih banyak. Waktu-waktu spesial seperti harbolnas juga bagus untuk melakukan promosi produk.


Manfaat Live streaming untuk Branding


Maksimal media live streaming bukan hanya untuk berjualan namun juga untuk keperluan branding. Sematkan logo, slogan dan identitas lain yang membedakan antara produk kita dengan kompetitor. Branding tidak hanya untuk bisnis-bisnis besar namun juga penting untuk bisnis kecil.


Banyak yang kurang memperhatikan branding saat live streaming dan lebih banyak memberikan diskon-diskon heboh yang dampaknya berlaku secara instan. Agar bisnis bertahan dalam jangka panjang, branding harus digencarkan apalagi saat live streaming.


Pakai Strategi Fomo


Strategi Fomo / feat of missing out rupanya juga bisa diimplementasikan dalam bisnis online. Strategi ini akan bagus dilakukan saat melakukan strenay dengan menciptakan narasi seolah-olah produk yang anda jual segera habis/ketersediaan terbatas, biasanya brand juga memberikan Potongan harga dalam jangka waktu terbatas. 


Tentunya ini akan menimbulkan dorongan kepada pembeli untuk segera melakukan pembelian, karena takut tidak bisa mendapatkan barangnya kalau terlalu lama berpikir.


Sarana menginformasikan produk


Live streaming adalah media yang bagus untuk mempromosikan sebuah produk. Manfaatkan sebaik-baiknya platform ini untuk menambah pengetahuan tentang produk tersebut. Tentunya konsumen ingin tahu latar belakang terciptanya produk, manfaatnya, bahan bakunya dan harganya. Kita harus bisa menjelaskan ini secara utuh dalam live streaming.



Posting Komentar untuk " 5 Tips Efektif Meningkatkan Penjualan Melalui Live Streaming"