Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Kerja Sambilan di Rumah Membuat Kotak

Daftar Isi [Tampil]

Mencari pekerjaan sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak harus pendidikan tinggi. Asal ada niat dan usaha, pasti bisa menemukannya. Misalnya kerja sambilan di rumah membuat kotak. 

Pekerjaan ini cocok bagi ibu rumah tangga atau lainnya yang ingin mengisi waktu luang. Apalagi tekniknya sangat mudah, pembuatannya tinggal menyesuaikan dengan ketentuan atau cara dari perusahaan. 

Kerja Sambilan di Rumah Membuat Kotak

4 Jenis Kerja Sambilan di Rumah Membuat Kotak
Sebagian perusahaan mungkin sudah memakai mesin untuk membuat kemasan produknya. Jadi, tidak membutuhkan jasa freelancer untuk mengerjakannya. Namun, di Indonesia sendiri ternyata masih cukup banyak perusahaan yang tidak menggunakan mesin. 

Jadi, kesempatan bagi seseorang yang tinggal di dekat pabrik atau perusahaan tersebut. Hitung-hitung untuk menambah biaya pemasukan. Mengenai gajinya cukup relatif tergantung dari jenis kotaknya dan kebijakan dari perusahaan. 

Biasanya, pada pengumuman lowongan kerja sambilan di rumah membuat kota ini akan dicantumkan. Jadi, setiap orang yang melihatnya akan tahu dengan jelas. Berikut beberapa jenis pekerjaannya yang biasa menggunakan jasa freelancer

Kerja Sambilan di Rumah Membuat Kotak Kemasan

Kotak kemasan produk cukup bervariasi, ada yang besar dan kecil. Mengingat jenis produk juga banyak, seperti sabun dan lain sebagainya. Jika kotak yang harus seseorang lipat kemungkinan gajinya lebih besar. 

Cara kerjanya cukup mudah, yaitu pekerja mengambil bahan-bahannya di perusahaan. Kemudian, membawanya pulang untuk dikerjakan di rumah. Keesokannya harus diantar hasil kotak kemasan yang sudah jadi ke perusahaan. 

Sebagian perusahaan ada yang menargetkan sehari harus selesai berapa kotak. Namun, ada juga yang membebaskannya sesuai keinginan pekerjaan. Hanya saja jika ingin penghasilan yang besar harus rajin dan tekun membuatnya. 

Kotak Sarung

Berdasarkan pengalaman dari Bapak Saroji yang tinggal di Kabupaten Batang. Bapak tersebut tidak memiliki pekerjaan tetap sehingga menjadikan kerja sambilan di rumah membuat kotak sebagai celah. 

Menurut pengalamannya, per kotak sarung hanya diberikan upah 100 rupiah. Gaji tersebut pada tahun 2016, kemungkinan di tahun sekarang sudah naik. Apalagi harga kebutuhan semakin melonjak.

Upah tersebut tergolong sangat kecil, jika 100 kotak maka hanya mendapatkan 10 ribu rupiah. Padahal setiap harinya, bapak tersebut dengan istrinya paling tidak bisa membuat 100 sampai 200 kotak. 

Memang tidak sebanding dengan perusahaannya yang berhasil menjual sarung pernah bijinya hingga ratusan. Tuntutan kebutuhan membuatnya tidak patah semangat meskipun mendapatkan gaji yang kecil. 

Sebenarnya, tidak semua kerja pabrik dibawa ke rumah ini, gajinya seperti itu. Sebab, kembali lagi pada kebijakan perusahaan. Ada perusahaan royal, terdapat pula yang hanya ingin menekan biaya produksi. 

Jadi, dengan menggunakan freelancer, biaya untuk pengemasannya tidak akan terlalu banyak. Sesuai keberuntungan pekerja juga, karena pastinya belum tahu seperti apa perusahaan sebelum masuk ke dalamnya. 

Melipat Kotak Rokok

Ternyata ada juga kerja sambilan di rumah membuat kotak rokok. Kemasan rokok yang kecil membuat upahnya juga sedikit. Jika melihat dari sebuah brosur yang tersebar di sosial media tahun 2021 lalu, upahnya 15 ribu rupiah. Angka tersebut untuk pelipatan kotak rokok sebanyak 1000 biji. 

Gajinya cukup kecil memang, tetapi jika cara melipatnya mudah maka sesuai dengan kebijakan yang tertera. Biasanya, lowongan kerja buat di rumah ini khusus untuk ibu rumah tangga yang rajin dan tekun. 

Syarat lamarannya pun tidak berat. Kemungkinan hanya KTP dan profil, tidak perlu mencantumkan ijazah tertentu. Selain itu, sebelum kuota habis, kemungkinan diterima cukup besar.

Kotak Teh

Lowongan pekerjaan melipat kertas atau kotak teh ini cukup banyak dan berasal dari berbagai perusahaan. Terbukti dari info-info yang ada di sosial media. Pada umumnya, yang menggunakan jasa freelancer seperti ini adalah produksi teh herbal. 

Selain itu, produksi teh tersebut biasanya masih menggunakan jasa sumber daya manusia. Tujuannya beragam, bisa karena hasil tehnya lebih enak jika produksi secara manual. Ada pula yang memang ingin membuka lowongan bagi masyarakat sekitar. 

Pelipatan kotaknya bisa pekerja bawa ke rumah agar hasilnya dapat lebih banyak. Jika pengerjaannya di lokasi produksi tentu akan ada jam-jam tertentu. Selain itu, pekerjaan kotak teh ini sudah sepaket dengan lipatan isinya. 

Biasanya 1 kotak berisi 100 kantong teh di dalamnya. Gaji yang ditetapkan antara 60 sampai 70 ribu rupiah per kotaknya tergantung dari masing-masing perusahaan. Gaji tersebut lumayan tinggi daripada jenis kerja lipat kotak lainnya. 

Semua bahannya dari perusahaan dan jika memang belum tahu cara pelipatan atau pengelamannya, maka akan diajarkan. Jadi, seseorang tidak perlu khawatir dan tidak berani untuk mendaftar karena belum ada pengalaman. 

Dengan banyaknya peminat pekerjaan seperti ini, tidak jarang ada orang yang memanfaatkannya untuk menipu. Maka dari itu, harus hati-hati dan pastikan info pekerjaan tersebut jelas dan ada nama perusahaannya. 

Jangan mudah percaya dengan selebaran dari orang yang tidak dikenal. Dengan begitu, akan terhindar dari adanya penipuan. Jadi, memang harus bijak dalam memilih kerja sambilan di rumah membuat kotak ini. (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "4 Jenis Kerja Sambilan di Rumah Membuat Kotak"